Home Kehidupan Pengertian Bijak : Arti, Ciri, Tips, Dan Perbedaan

Pengertian Bijak : Arti, Ciri, Tips, Dan Perbedaan

Pengertian Bijak Arti, Ciri, Tips, Dan Perbedaan

Secara umum definisi atau pengertian bijak adalah sifat memiliki kemampuan untuk membedakan dan menilai suatu kebenaran dengan tepat. Kata bijak juga merupakan suatu cerminan sikap dan perilaku dari seseorang terhadap sesuatu yang dilihatnya berdasarkan apa yang ada dipikirannya, bersifat objektif serta mampu mengambil pelajaran dari apa yang dilakukannya. Bijak juga dapat diartikan sebagai orang yang mampu mengambil keputusan seacar tepat, baik secara langsung maupun tidak langsung secara adil dan objektif.

A. Ciri Ciri Orang bijak

1. Berfikir sebelum berbicara

Orang yang bijak akan selalu menahan diri untuk berbicara karena mereka terlebih dahulu akan membaca situasi dan kondisi lalu kemudian berbicara pada waktu yang benar-benar tepat. Mereka membutuhkan waktu untuk memikirkan tentang apa yang akan dikatakan dan mempersiapkan respon yang memadai.

2. Selalu bertanya dengan pertanyaan yang tepat

Ketikan berbicara dengan orang bijak dan cerdas, mungkin mereka akan terlihat canggung. Hal tersebut terjadi karena mereka terkadang tidak suka berbasa-basi. Mereka akan duduk dengan tenang untuk mendengarkan dengan seksama. Dan pada saatnya mereka akan bertanya dengan pertanyaan yang cukup tepat.

3. Tidak pernah menganggap dirinya cerdas

Orang-orang yang sulit berkembang adalah mereka yang merasa dirinya memiliki kemampuan yang sangat baik. Berbedah dengan orang cerdas dan bijak selalu meresa dirinya belum cerdas, sehingga mereka akan terus belajar untuk mendapatakan cara yang efektif dengan hasil yang lebih maksimal.

4. Haus informasi

Orang yang bijak adalah orang yang haus akan informasi dan selalu ingin memperbaharui informasinya. Mereka senang mengumpulkan informasi, mempelejari hal-hal baru serta mengembangakan keterampilan yang berguna untuk masa depan.

5. Mampu mengatasi masalah dan selalu berfikir jernih

Orang yang bijak lebih mementingkan perilaku dan cara mereka dalam menghadapi setiap masalah. Orang yang bijak mengerti bagaimana memprioritaskan dan menangani masalah yang muncul. sebelum masalah tersebut menjadi besar dan sulit dikendalikan.

6. Biasanya bergaul dengan orang yang pintar dan kreatif

Pergaulan memang memiliki pengaruh yang cukup besar bagi setiap orang. Bagi mereka yang sering bergaul dengan orang yang cerdas, otomatis persentase kecerdasan merekapun akan terus meningkat.

7. Berusaha sempurna

Terkadang orang bijak dan cerdas tidak nampak dalam melakukan berbagai kegiatan, tetapi apabila diperhatikan dengan teliti, orang cerdas dan bijak akan terus berusaha untuk mendapatkan hal yang sempurna dalam berbagai hal dan mereka akan lebih sering melakukan perbaikan-perbaikan kecil.

8. Cenderung kritis namun tidak egois

Bersikap kritis dalam menemukan suatu memang terbilang mudah, akan tetapi orang bijak mampu kritis pada kesalahan mereka sendiri dan berusaha untuk mengoreksi kesalahannya.

9. Tidak mengikuti kebanyakan orang

Orang bijak tidak selalu mengikuti kebanyakan orang atau yang sering disebut trend kecuali itu bermanfaat untuk dirinya dan orang banyak.

10. Tidak terpengaruh dengan perilaku negatif orang lain

Orang bijak akan selalu mengendalikan pikiran, perasaan dan tindakannya. Juga menganggap perilaku negatif orang lain itu sudah biasa sehingga tidak mudah terpengaruh.

11. Menerima orang lain apa adanya

Orang yang bijak biasanya memiliki jiwa toleransi yang tinggi sehingga sangat menghargai dan menghormati selama itu tidak ada pihak yang dirugikan.

12. Selalu mencoba untuk memahami orang lain

Orang yang bijak tidak menghakimi, mereka selalu menempatkan diri untuk mencoba melihat situasi berdasarkan sudut pandang mereka.

B. Tips menjadi orang bijak

  1. Menggunakan interaksi yang baik dan ramah dapat mempengaruhi respon orang lain.
  2. Selalu mengawasi apa yang ada dalam pikiran, sehingga dapat melihat dan mengontrol sikap serta tingkah laku yang dilakukan.
  3. Menggunakan cara berfikir yang sifatnya universal, ini merupakan hal yang terpenting, dengan menerapkan metode ini dalam pikiran, mata dan perasaan. Kita bisa menimbulkan sifat adil dalam diri agar dapat dengan mudah mencari suatu kebenaran yang sejati dengan sangat nyata.
  4. Selalu mempelajari apa yang telah kita lakukan, Menggunakan pengalaman pribadi sebagai pedoman dalam bersikap, bertindak dan berfikir untuk memperbaiki kesalahan dan membuat hal yang lebih baik dari sebelumnya.
  5. Memengaruhi banyak orang dengan tindakan, sikap/perilaku dan cara berinteraksi akan membuat orang lain melihat dan mengambil pelajaran yang terkandung, terhadap apa yang kita sampaikan.
  6. Upayakan menggunakan prinsip efektif, efisien juga objektif dalam mengambil dan menentukan keputusan.

C. Perbedaan Orang Pintar dan Bijak

  1. Orang yang pintar akan langsung cepat tanggap terhada apapun sedangkan orang yang bijak akan berfikir telebih dahulu sebelum melakukan.
  2. Orang yang senang berbicara menunjukkan kalau dirinya pintar sedangkan kalau orang yang bijak lebih senang mendengarkan.
  3. Orang pintar adalah orang yang sangat percaya diri dan orang bijak merupakan orang yang lebih memilih stay humble, dan selalu siap bersedia atas segala kemungkinan yang ada.
  4. Saat menyelesaikan masalah orang pintar akan merasa puas dan orang bijak yang lebih penting yaitu menginspirasi dan bermanfaat untuk banyak orang.
  5. Orang pintar terkadang ada yang memaksakan namun orang bijak lebih memilih menerima perbedaan.



Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.