Obat Flu Alami Tradisional Cepat Ampuh dan Aman

Saat musim hujan atau musim dingin tiba, biasanya orang akan mudah terkena penyakit misalnya flu atau batuk. Kedua gejala tersebut disebabkan oleh virus, yang dapat mengganggu kesehatan anda. Salah satunya saat musim hujan tiba, banyak orang dewasa atau pun anak-anak yang terkena flu. Hal itu dikarenakan oleh daya tahan tubuh yang menurun.

Daftar Isi Obat Batuk Alami Lengkap :

Jika ada salah satu anggota keluarga anda yang terkena flu, maka sebaiknya anda tidak meminum obat-obatan terburu-buru. Sebaiknya anda mengobatinya dengan bahan-bahan atau cara-cara alami, yang jauh lebih efektif dalam menyembuhkan flu anda. Selain itu bahan alami ini tidak akan menimbulkan efek samping apapun, sehingga akan aman digunakan.

Obat Flu Alami Dewasa

Bawang Putih

Bawang putih sering kali digunakan sebagai salah satu bahan yang digunakan untuk memasak. Anda bisa menambahkan bawang putih ke dalam masakan anda, karena kandungan di dalamnya dipercaya dapat meningkatkan sistem imun. Yang kemudian akan berdampak pada flu anda, menjadi lebih berkurang.

Lada

Sejak zaman dahulu lada dipercaya sebagai bahan yang tepat dalam mengatasi demam dan juga flu. Sifatnya yang sedikit pahit, pedas, hangat dan antipiretik dapat memberi manfaat untuk kesehatan anda. Cara penggunaannya adalah dengan memasukan lada ke dalam masakan, misalnya semangkuk sup untuk makan siang. Lada hitam juga dipercaya dapat melegakan hidung tersumbat dan tenggorokan gatal.

Eldeberry

Salah satu jenis buah berry yang satu ini, memang belum seterkenal buah strawberry, bluberry atau raspberry. Buah yang berasal dari pohon elder ini, dipercaya ampuh dalam mengatasi flu dan pilek anda. Buah mungil ini kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C, flavonoid, dan asam amino. Manfaat lainnya dari buah eldeberry ini adalah dapat menguatkan sistem imun tubuh anda, sehingga dapat menyembuhkan flu dan demam anda.

Daun pappermint

Selain dapat digunakan sebagai obat batuk, daun peppermint juga dapat digunakan untuk obat flu alami. Manfaat lainnya dari daun peppermint ini diantaranya batuk dan radang flu biasa, seputar mulut dan tenggorokkan, infeksi sinus, dan infeksi pernapasan. Tak jarang orang menggunakan daun ini untuk mengobati flu dan batuk.

Jahe

Bukan hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur, jahe juga memiliki sejumlah khasiat yang bagus untuk kesehatan. Salah satunya untuk menyembuhkan flu secara alami, karena jahe dapat menghangatkan tubuh sekaligus juga dapat melancarkan pernafasan. Bukan hanya menyembuhkan, tetapi jahe juga dapat mencegah flu pada anak-anak.

Obat Flu Alami Anak

Makan sup ayam atau kari

Sup yang anda buat sendiri dengan menggunakan daging ayam, bisa menjadi obat yang ampuh dalam menyembuhkan flu atau pilek anak. Dengan memakan sup ayam hangat, hidung pun akan menghirup uap aromatik dengan alami. Sehingga hidung anda menjadi lebih lega, dan tidak tersumbat. Sup ayam juga akan membuat tubuh menjadi lebih terhidrasi dan memberi kenyamanan.

Minum air putih

Banyak minum air putih sangat dianjurkan ketika flu sedang melanda, apalagi saat tubuh terkena infeksi virus seperti flu maka tubuh akan kekurangan cairan atau dehidrasi. Oleh karena itu jika anak anda terserang pilek, sebaiknya diberi minum air putih yang cukup. Beri tahu anak jika dengan banyak minum air putih, maka pilek yang ia derita akan cepat sembuh.

Madu

Minum madu juga menjadi hal yang sangat efektif dalam menyembuhkan pilek, karena madu akan menambah daya tahan tubuh anak. Sebaiknya anak meminum madu dengan rutin saat sedang terserang flu. Apalagi efeknya juga baik untuk kesehatan anak, misalnya mencegah munculnya panas dalam.

Obat Flu Alami Bayi

Berikan ASI lebih sering dari biasanya

Ketika bayi kecil anda terserang flu tentu hal itu akan sangat membuatnya tersiksa. Untuk mengurangi penderitaannya, sebaiknya anda memberinya ASI lebih sering dari biasanya. Karena ASI mengandung zat antibodi yang sangat baik untuk bayi. Serta dapat meningkatkan sistem imun si kecil. Termasuk dalam hal menyangkal pilek dan flu yang menyerang mereka.

Berikan air hangat

Jika bayi anda sudah masuk usia 6 bulan ke atas, maka anda bisa memberinya air hangat sesering mungkin. Hal ini juga ampuh dalam melegakan tenggorokannya dan melegakan hidung yang tersumbat. Berikan air hangat beberapa sendok teh saja.

Memberinya makanan hangat

Khusus untuk bayi yang berusia 6 bulan ke atas, anda bisa memberinya makanan yang hangat. Seperti misalnya bubur sereal atau jenis makanan lainnya yang bisa dikonsumsi oleh bayi. Karena suhu yang hangat dapat melegakan tenggorokan, mengurangi batuk dan mengurangi iritasi akibat dari hidung yang meler.

Buah dan sayuran

Beri anak anda makanan yang bergizi dan sehat seperti buah dan sayuran, pilih buah dan sayuran yang mengandung vitamin A dan C. yang ampuh dalam menangkal berbagai macam penyakit. Misalnya buah mangga dan jeruk yang kaya akan vitamin C, sehingga ampuh dalam menyembuhkan penyakit. Termasuk flu dan pilek tersebut.

Madu (Usia Atas 1 Tahun)

Bayi di bawah usia 1 tahun tidak diperbolehkan mengkonsumsi madu karena dapat berbahaya bagi kesehatanya. Salah satu bahan alami lainnya yang ampuh dalam menyembuhkan pilek dengan cara alami, adalah madu. Obat pilek yang satu ini dapat meredakan batuk dan juga pilek pada bayi, tetapi madu ini sebaiknya diberikan pada bayi di atas umur 1 tahun. Anda bisa memberikan ½ sendok teh, setiap kali ia pilek untuk mempercepat proses penyembuhannya.

Obat Flu Alami Ibu Hamil

Kunyit

Ada banyak manfaat yang terdapat pada kunyit, selain mampu meningkatkan nafsu makan secara alami kunyit juga dapat dijadikan obat flu alami misalnya untuk ibu hamil. Karena kunyit memiliki sifat anti radang, atau anti inflamasi. Sehingga kunyit cocok dijadikan bahan obat flu alami. Cara menggunakannya pun sangat mudah.

Anda bisa mengambil 2 ruas kunyit, cuci bersih lalu parut dan peras airnya. Anda bisa meminum air perasannya secara langsung dengan air hangat. Atau bisa juga mencampurnya dengan madu dan susu hangat.

Sup

Bagi ibu hamil yang terkena flu, maka anda membutuhkan banyak asupan cairan. Salah satunya dengan mengkonsumsi sup hangat saat flu. Karena sup akan membantu anda menghangatkan tubuh, mengurangi flu, dan juga batuk yang sangat mengganggu.

Kencur

Bukan hanya ampuh digunakan dalam menyembuhkan batuk, tetapi bahan rempah alami yang satu ini juga ampuh digunakan untuk menyembuhkan flu dengan cara alami. Cara menggunakannya pun sama, yaitu dengan meminum air perasan kencur yang sudah diparut terlebih dahulu. Atau mencampurnya dengan garam dan madu, lalu minum secara teratur.

Berkumur dengan air garam

Larutkan garam dengan segelas air hangat, lalu anda bisa berkumur dengan menggunakan air tersebut. kegunaan air garam ini dapat mengurangi batuk, mengencerkan lendir di tenggorokan, dan membuat tidur anda lebih nyaman di malam hari.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.