Pengertian Simbol : Macam Jenis, Fungsi dan Contoh

Apa sih yang terbesit di benak anda saat anda mendengar kata simbol? Lalu, apa saja sih manfaatnya dan contoh penerapan simbol dalam kehidupan? Berikut akan dibahas lebih jelas mengenai beberapa pengertian simbol menurut para ahli:

1. Munurut kamus webster (1997) menjelaskan bahwa pengertian simbol sebagai sesuatu yang mewakili atau menjelaskan tentang sebuah bentuk.. Selain itu, Beliau juga mengungkapkan bahwa simbol juga dapat digunakan untuk tanda bagi sebuah obyek. Contoh nyatanya adalah bentuk love melambangkan sebuah cinta dan kasih sayang

2. Menurut Herbert Blumer (1962) beliau menungkapkan bahwa simbol adalah sesuatu yang digunakan untuk saling berinteraksi antar sesama manusia.

3. Pengertian simbol menurut Budiono (2005) menyatakan sebuah simbol itu berasal dari kata symbolos (Bahasa Yunani) yang memiliki arti tanda yang menjelaskan suatu hal kepada seseorang.

4. Simbol merupakan sebuah rangkaian antara benda atau peristiwa yang memiliki warna (Talal Asad, 1993).

Macam Jenis Simbol

Simbol merupakan salah satu bentuk komunikasi β€˜diam’ untuk menjelaskan atau menjadi petunjuk. Salah satu jenisnya adalah terlihat jelas pada peta. Simbol pada peta trdiri atas tiga jenis, yaitu simbol titik, simbol wilayah dan simbol aliran. Ketiga jenis simbol tersebut dibedakan atas fugsinya di dalam peta.

1. Simbol titik, berfungsi untuk menunjukkan suatu tempat pada peta. Contohnya adalah simbol ibu kota negara yang dilambangkan dengan sebuah kotak berwarna merah. Bentuk bulat dan ditengahnya berwarna merah merupakan simbol ibu kota provinsi. Simbol gunung berapi ditandai dengan segitiga berwarna merah dan untuk gunung tidak aktif dilambangkan dengan segitiga hitam.

2. Simbol garis, berfungsi untuk menunjukkan penampakan sebuah sungai, jalan, batas daerah maupun batas negara.

3. Simbol wilayah, berfungsi untuk memperlihatkan berbagai jenis penampakan seperti rawa, hutan dan lain – lain.

4. Simbol aliran, berfungsi untuk memperlihatkan gerakan sebuah barang

Fungsi Simbol

1. Simbol dapat membantu manusia dalam benda – benda di alam maupun sosial dengan memberi benda – benda tersebut dengan sebuah nama. Pemberian nama berfungsi dalam membedakan antara satu benda – dengan benda yang lain.

2. Sebuah simbol sangat penting untuk membantu anda dalam memahami lingkungan di sekeliling anda.

3. Simbol dapat dijadikan sarana untuk berfikir.

4. Sebuah simbol juga dapat digunakan untuk membantu dalam memecahkan berbagai permasalahan dan membantu memberikan solusi dalam masalah yang anda hadapi.

5. Kehadiran simbol anda dapat memprediksikan kehidupan di masa lalu dan masa depan. Hal ini juga berlaku untuk menilai diri kita sendiri berdasarkan sudut pandang orang lain.

6. Dengan sebuah simbol anda dapat membayangkan berbagai fakta seperti surga.

7. Sebuah simbol juga dapat bermanfaat bagi anda untuk menghindari dari diperbudak oleh keadaan di sekitar kita.

Sebuah simbol salahsa satunya dapat dilambangkan dengan gambar. Contoh simbol yang dapat kita jumpai di tempat umum antara lain adalah smoking area, no smoking, do not litter, turn off phones. Pada pintu toilet pada umumnya terdapat simbol yang membedakan antara toilet untuk pria dan wanita.

Nah, itulah beberapa contoh dari simbol yang dapat menjelaskan suatu perintah secara simpel. Selain itu, simbol juga dapat melambangkan arti sebuah organisasi, instansi, sekolah dan lain – lain. Sebuah simbol juga dapat membedakan antara satu organisasi dengan organisasi lainnya agar lebih mudah dalam mengenal masing – masing organisasi.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.