Struktur Teks Eksposisi beserta Pengertian, Ciri dan Jenisnya

Struktur Teks Eksposisi beserta Pengertian, Ciri dan Jenisnya – Teks Eksposisi merupakan salah satu jenis teks diantara macam teks narasi, deskripsi, eksplanasi dan jenis teks yang lainnya. Pengertian teks eksposisi sendiri adalah salah satu bentuk tulisan atau karangan yang berisi mengenai penjelasan dan menguraikan pokok pikiran yang bisa memperluas pandangan atau pengetahuan pembaca uraian tersebut. Umumnya teks eksposisi memiliki gaya penulisan yang singkat, padat dan jelas. Teks Eksposisi memiliki ciri ciri serta akan saya berikan contoh teks eksposisi.

Struktur Teks Eksposisi

Dalam Teks Eksposisi memuat berbagai struktur didalamnya. Berikut ini merupakan struktur teks eksposisi yang bisa kita lihat informasinya.

1. Tesis atau Pernyataan Pendapat

Struktur yang pertama dari teks eksposisi adalah tesis, yaitu padangan atau prediksi dari si penulis. Secara lengkap, tesis adalah sudut pandang dari penulis terhadap setiap permasalahan yang akan dibahas secara rinci di bagian lainnya.

Pastinya sebuah tesis berdasarkan dari bentuk pernyataan yang nantinya akan di dukung dengan sebuah argumen lainnya. Pada umumnya tesis ditemukan pada awal teks eksposisi, walaupun kemungkinan kita juga bisa menemukan tesis berada di tengah atau akhir suatu teks eksposisi. Perlu diingat bahwa tesis sangatlah penting untuk merangkau contoh teks eksposisi.

2. Argumentasi

Dalam teks eksposisi terdiri dari kalimat kalimat yang memuat argumentasi pendukung tesis yang sudah disampaikan oleh si penulis pada bagian pendahuluan. Ciri – ciri argumentasi yang baik adalah argumentasi yang mengungkapkan satu sisi pendapat dengan penjelasan pendukung yang bisa memperkuat padangan dalam tesis.

Meskipun pada hal lain argumentasi juga bisa digunakan untuk menolak atau menyanggah dari suatu pernyataan dari pihak lainnya.

3. Penegasan Ulang Pendapat

Pada bagian penegasan ulang pendapat bisa berisi pernyataan pandangan yang berupa penguatan kembali pendapat yang memuat fakta fakta dalam argumentasi. Pada bagian penegasan ulang pendapat, akan di simpulkan sesuatu yang berisi penegasan kembali dari tesis yang di diskusikan di pendahuluan teks eksposisi dan pendukung argumentasi yang disertai fakta.

Ciri Ciri Teks Eksposisi

Berikut ini adalah beberapa ciri ciri teks eksposisi yang bisa kita jadikan acuan dalam membedakan jenis teks yang lainnya.

  1. Berbasis pada fakta atau kejadian yang bisa dijelaskan dengan logika, pemikiran dan penalaran.
  2. Bahasa yang digunakan menggunakan bahasa yang bersifat informatif.
  3. Penyampaian isi teks secara gamblang, lugas dan penggunaan bahasa yang selalu baku.
  4. Berisi penjelasan mengenai informasi informasi berbasis pengetauan.
  5. Biasanya bersifat objektif atau netral yang maksudnya adalah tidak memihak kepada siapapun jika memang isi teks mengenai dua hal baik manusia, benda atau hal lainnya.
  6. Penjelasannya disertai sesuai data data yang bisa dipertanggunjawabkan dan juga akurat.
  7. Menunjukkan fakta yang berfungsi sebagai alat konkritasi dan juga kontribusi dalam suatu permasalahan.

Jenis Teks Eksposisi

Teks Eksposisi Memiliki 6 Jenis Teks, berikut ini adalah jenis jenis teks eksposisi.

  1. Teks Eksposisi Definis, adalah jenis paragraf eksposisi yang hanya menjelaskan pengertian pada satu topik tertentu secara mendalam dan detail.
  2. Teks Eksposisi Proses, adalah langkah langkah atau cara dalam melakukan sesuatu secara runtut mulai dari awal hingga akhir atau sampai selesai.
  3. Teks Eksposisi Ilustrasi, yaitu jenis teks yang memaparkan informasi atau pembahasan suatu topik dengan menampilkan gambaran atau penjelasan yang sederhana yang terkait dengan sebuah topik dengan topik yang lain.
  4. Teks Eksposisi Laporan, merupakan salah satu jenis teks eksposisi yang menjelaskan sebuah laporan mengenai sebuah peristiwa dari suatu penilaian yang ditentukan.
  5. Teks Eksposisi Perbandingan, adalah jenis teks eksposisi dimana ide atau gagasan utamanya dikemukakan dengan cara memberikan perbandingan dengan sesuatu hal yang lain yang berbeda ataupun sama.
  6. Teks Eksposisi Pertentangan, merupakan teks eksposisi atau karangan yang memuat hal pertentangan berkaitan dengan suatu hal dengan hal lainnya.

Ciri Kebahasaan Teks Eksposisi

Teks Eksposisi memiliki ciri kebahasaan sebagai berikut ini.

  1. Menggunaan pronomina atau biasanya disebut sebagai kata ganti orang. Misalnya : -nya, -mu, -ku, si-, -ku, Aku, Ia, Dia, kamu.
  2. Kalimatnya terdiri dari tunggal dan kalimat majemuk.
  3. Konjungsi yang digunakan dalam teks eksposisi adalah konjungsi internal dan konjungsi eksternal. Untuk lebih mendalam mengenai apa itu konjungsi silakan simak artikel berikut ini.

Contoh Teks Eksposisi Singkat

Tentang Lingkungan

Tesis

Kebersihan merupakan hal terpenting dalam kehidupan terutama di lingkunan masyarakat perdesaan. Dengan bersihnya lingkungan dari sampah maka wilayah tersebut akan lebih sehat dari berbagai virus yang bisa di sebabkan oleh sampah. Sehingga warga sekitarpun akan terhindar dari penyakit yang bisa ditimbulkan dari sampah yang menumpuk.

Argumentasi

Kebersihan lingkunan di Desa Mekarsari Gunungpati Semarang terbilang baik dari Desa atau kampung kampung lainnya. Pasalnya warga Desa mekarsari memiliki sifat disiplin dalam menjaga kebersihan lingkunan dari sampah. Hal itu disebabkan karena sifat cinta lingkunan warga mekarsari.

Kedisiplinan warga tidak hanya memiliki jiwa yang sangat peduli akan lingkunan tetapi juga menerapkannya secara nyata mulai dari kerjabakti mingguan dalam membersihkan lingkunan, mengadakan pengumpulan Bank Sampah Plastik yang dapat di daur ulang. Selain itu warga desa Mekarsari Gunungpati juga menggunakan data masing masing kepala keluarga untuk jasa pembuangan sampah mingguan ke TPA sehingga kampung terlihat bersih dari sampah yang berserakan.

Pengulangan

Warga Desa Mekar Sari terbilang sehat dan jarang sakit, hal itu didukung karena lingkungan yang bersih dan terhindar dari pencemaran penyakit akibat sampah dan polusi tanah. Selain baik bagi kesehatan warga sekitar, lingkunan yang bersih juga akan membawa alam sekitar tetap terjaga.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.