Pengertian data Menurut Ahli beserta Jenis dan Contohnya – Pengertian data menurut ahli adalah sesuatu yang dapat di ketahui dan di anggap atau dalam bahasa inggrisnya adalah things known or assumed. Dapat diketahui bermakna bahwa hal tersebut sudah terjadi dan menjadi fakta atau bukti. Data juga bisa didefinisikan sebagai sebuah kumpulan informasi atau nilai yang diperoleh dari observasi suatu objek. Data memiliki beberapa jenis dan contohnya, berikut informasinya.

Jenis Jenis data menurut sifatnya

  1. Kualitatif adalah sebuah data yang tidak berbentuk angka semisal data kualitas layanan, suasana kerja, dll.
  2. Data Kuantitatif adalah data yang bisa dilihat berbentuk angka. Untuk jenis ini pasti para pembaca sudah memahaminya. Contohnya data harga saham, besarnya pendapatan, data jumlah penduduk.

Jenis jenis data menurut sumbernya

  1. Data Internal adalah data yang diperoleh dari dalam organisasi yang dapat mendeskripsikan keadaan organisasi tersebut. Contohnya adalah kondisi suatu perusahaan, jumlah pegawai, jumlah investasi atau bahkan jumlah produksinya.
  2. Data Eksternal adalah data yang diperoleh dari luar organisasi itu sendiri, yang menggambarkan faktor faktor yang bisa saja mempengaruhi hasil kerja organisasi. Contohnya daya beli masyarakat, kondisi perekonomian nasional dan lain sebagainya.

Jenis jenis data menurut cara perolehannya

  1. Data Primer adalah data yang dikumpulkan secara mandiri oleh seorang individu atau organisasi dengan cara langsung terjun ke lapangan untuk meneliti objek. Dapat dilakukan dengan cara wawancara atau observasi.
  2. Data Sekunder adalah data yang diperoleh dari sumber sumber study sebelumnya dan disatukan kembali. Kemudian di terbitkan oleh instansi resmi yang lain.

Jenis jenis data menurut waktu pengumpulannya

  1. Data Cross Section adalah data yang dikumpulkan dalam waktu tertentu saja. Contohnya data yang menggunakan metode kuesioner.
  2. Data berkala (time series data) adalah data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu dalam renggang waktu yang telah ditentukan guna melihat perkembangan kegiatan selama periode tersebut. Contohnya perkembangan uang yang beredar, harga sembako, dan lain – lain.

Kesimpulan :

Data dibagi menjadi 4 jenis yang sudah disebutkan diatas. Semua jenis data sudah dikupas dengan ringkas dan mudah dipahami.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.