Pengertian Bahasa Pemrograman : Jenis, Fungsi Dan Contoh

Bahasa pemograman merupakan sebuah instruksi standar yang bertugas untuk memerintah komputer. Sering disebut juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemograman komputer. Bahasa pemrograman juga bisa di katakan sebagai alat untuk menampug suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang khususnya dipakai untuk mendefinisikan sebuah program yang ada di komputer.

Pengertian Bahasa Pemrograman

Lalu, apa itu Bahasa Pemrograman?

Bahasa Pemrograman merupakan sebuah instruksi untuk memerintah komputer agar bisa menjalankan fungsi tertentu, namun hanya instruksi standar saja. Seperti yang sudah Saya singgung di atas, bahasa pemrograman merupakan sebuah perhimpunan dari aturan sintaks dan semantik yang tugasnya untuk mendefinisikan program komputer. Seseorang yang bisa memahami bahasa pemrograman dapat menentukan mana data yang akan di simpan / diteruskan, data mana yang akan di olah, dan langkah apa saja yang harus di ambil dalam berbagai situasi.

1. Fungsi Bahasa Pemrograman

Fungsi dari bahasa pemrograman adalah untuk memerintahkan sebuah komputer agar bisa mengolah data sesuai dengan yang kita inginkan. Jadi, kendali sepenuhnya ada di tangan kita. Keluaran dari bahasa pemrograman tersebut bisa berupa aplikasi ataupun program khusus, contonya seperti lampu lalu lintas. Antara lampu merah, kuning, dan hijau memiliki urutan dan jeda waktu yang berbeda, sehingga para pengendara tahu kapan harus berhenti dan kapan harus jalan.

2. Pengelompokan Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman di bagi menjadi beberapa kelompok, yaitu :

Object Oriented Language : contohnya adalah Visual C, Delphi, Visual dBase, Visual FoxPro.

Low Level Language : contohnya adalah bahasa Assembly.

Middle Level Language : contohnya adalah Bahasa C.

High Level Language : contohnya Basic dan Pascal.

3. Generasi Bahasa Pemrograman

Generasi pemrograman dapat Kita golongkan menjadi beberapa generasi, yaitu :

Generasi Pertama : merupakan bahasa pemrograman yang pertama kali dibuat yaitu Machine Language.

Generasi kedua : merupakan penerus dari generasi pertama yaitu Assembly Language : Asembler.

Kenerasi ketiga : merupakan bahasa pemrograman yang memiliki Level tinggi ( High Level Programing language). Contohnya adalah C dan Pascal.

Generasi kelima : bisa di sebut dengan 4 atau kepanjangan dai fourth Generation Language. Contohnya adalah SQL.

Generasi kelima : merupakan generasi kelima dari bahasa pemrograman yaitu Programing Language Based Object Oriented dan Web Devolopment.

4. Tingkatan bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman memiliki beberapa tingkatan yang harus anda tahu sebelum mengenal lebih jauh tentang bahasa pemrograman, yaitu :

Bahasa Tingkat Rendah : bahasa tingkat rendah merupakan bahasa yang masih jauh sekali dari bahasa manusia, susah untuk di mengerti. Bahasa yang masuk ke dalam tingkatan ini adalah Bahasa Assembly.

Bahasa Tingkat tinggi : bahasa tingkat tinggi merupakan bahasa yang mendekati bahasa manusia, mudah untuk di mengerti. Bahasa yang masuk ke dalam tingkatan ini adalah bahasa pascal, Basic, PHP< dan Java.

Bahasa Tingkat Menengah : bahasa tingkat menengah merupakan perpaduan antara bahasa tingkat tinggi dan rendah, bahasa nya tidak sulit maupun tidak mudah untuk di mengerti manusia.

5. Contoh Bahasa Pemrograman

Berikut ini ada beberapa contoh bahasa pemrograman yang paling umum digunakan, yaitu :

• Java script

Java Script merupakan bahasa pemrogrman yang paling mudah untuk di kuasai. Fungsi java script dalam situs web maupun aplikasi adalah untuk menambahkan fitur interaktif, juga berguna untuk mevalidasi data ataupun formulir untuk di terapkan pada pengembangan sebuah permainan. Belajar java script merupakan pilihan yang sangat cocok Bagi seorang pemula.

• PHP

PHP merupakan Bahasa Pemrograman yang harus di pelajari jika Halam Web anda tampil secara dinamis. Mempelajari PHP akan sangat berguna untuk pemilik situs web karena PHP bisa mempersingka kode yang ada di halam sius sehingga bisa di tampung kedalam seperangkat aturan. Jadi kita tidak akan dibuat ribet jika kita memahami tentang PHP, ketika di butuhkan bisa memanggil mereka kapan pun Anda mau.

• HTML

Walaupun banyak orang yang mengangap bahwa HTML / CSS bukan bagian dari bahasa pemrograman, namun sangat diperlukan bagi Anda yang masih awam dengan cara membuat situs web. Belajar HTML merupakan pintu utama bagi Kalian yang bingung untuk memulai belajar bahasa pemrograman.

• C + +

Bagi Kalian yang ingin mengenal lebih jauh tentang bahasa pemrograman, mugkin bisa di coba untuk mempelajari bahasa C + +. Bahasa C + + bisa di bilang sebagai bahasa tingkat menengah, jadi tidak akan terlalu mudah maupun terlalu susah. Keuntungan belajar C + + adalah untuk mempermudah bahasa C yang lainnya seperti bahasa C dan C#.

Sekian artikel dari saya. Terima kasih telah berkunjung.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.