Pengertian XAMPP - Fungsi dan Bagian

Pernahkah anda mendengar tentang XAMPP? Jika belum, maka kali ini kita akan membahas tentang pengertian XAMPP tersebut. XAMPP ini sendiri merupakan istilah yang akan berhubungan dengan komputer atau pengembangan dari teknologi. XAMPP ini merupakan sebuah perangkat lunak atau sebuah software.

Apa Itu XAMPP?

XAMPP adalah aplikasi yang membantu pengguna dengan mudah menginstal distribusi Apache yang berisi MySQL, PHP dan Perl. XAMPP dapat di install pada beberapa sistem operasi baik windows, linux dan juga MacOS. Download XAMPP gratis secara langsung dengan mengunjungi website resminya di : https://www.apachefriends.org/download.html . Setelah mendownload program tersebut kemudian bisa langsung menginstallnya dan aplikasi siap untuk digunakan.

Seperti yang dijelaskan di atas, XAMPP ini berupa perangkat lunak atau sebuah software. Dimana XAMPP ini sering digunakan untuk:

  • Berfungsi sebagai pengembang bagi website yang menggunakan PHP.
  • Digunakan untuk pembuatan database yang menggunakan MySql.

XAMPP ini sendiri adalah software gratis dan sangat mudah untuk digunakan. Bahkan, XAMPP ini sendiri sudah mendukung untuk penginstalan yang akan dilakukan pada sistem windows dan Linux. Sedangkan, XAMPP ini sendiri mewakili dari beberapa poin penting yakni:

  • X yang menunjukkan bahwasanya aplikasi ini adalah sebuah sistem operasi unggulan yang bisa digunakan di 4 jenis OS paling populer. 4 OS yang sering digunakan dan populer tersebut adalah Windows, Solaris, Linux dan Mac OS.
  • A atau Apache yang mendefinisikan sebuah web server. Perangkat ini adalah perangkat yang bersifat open source jadi, semua orang secara bebas bisa mengedit atau mengubah apacahe ini.
  • M sendiri merupakan perwakilan dari istilah MySQL. Kegunaan dari MySQL ini adalah untuk pengelolahan atau pembuatan sebuah database yang lengkap dengan isinya.
  • P adalah perwakilan dari XAMPP atau PHP. Struktur utama yang digunakan dalam XAMPP adalah sebuah bahasa pemrograman yang dikenal dengan nama PHP. PHP ini nantinya akan memberikan kemudahan bagi pengguna untuk menciptakan sebuah halaman web yang memiliki sifat dinamis atau server side scripting.
  • P selanjutnya adalah perwakilan dari Perl. Perl sendiri merujuk kepada bahasa pemograman yang bisa digunakan untuk segala jenis keperluan oleh user.

Jadi, XAMPP dapat digunakan untuk membuat web dan memungkinkan user untuk mengetahui perkembangan dari web yang mereka kembangkan. Bahkan, bisa langsung mempresentasikan pengembangan atau pengujian web ini kepada pihak lain secara offline.

Fungsi Dari XAMPP

XAMPP ini memiliki fungsi sebagai salah satu server lokal yang terdiri dari program MySQL database, Perl, PHP dan Apache yang berdiri sendiri atau dikenal dengan istilah localhost. XAMPP ini sendiri bisa anda gunakan secara gratis dan bebas untuk semua orang.

Bagian-Bagian XAMPP

Bagian dari XAMPP ini juga sama dengan jenis yang dimiliki oleh hosting yang merupakan jenis web server online. Berikut 3 bagian dari XAMPP, yaitu:

1. Htdocs

Hitdocs adalah folder yang ada di dalam halaman web yang berisikan berkas HTML, PHP ataupu script penting lainnya yang disimpan di Hitdocs tersebut. Ukuran kapasitas ini akan bervariasi tergantung terhadap ukuran kapasitas yang dimiliki oleh hardisk anda.

2. phpMyadmin

PhpMyadmin merupakan tempat yang digunakan untuk pengelolaan dari database MySQL yang terletak di dalam perangkat anda seperti laptop maupun komputer.

3. Control Panel

Seperti fungsi dari setiap control panel, ini adalah bagian dimana anda bisa mengoperasikan layanan XAMPP tersebut. Misalnya saja mengakses XAMPP, menghentikan akses maupun mengelola layanan service lainnya terkait penggunaan dari XAMPP.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian XAMPP beserta fungsi dan bagian-bagian dari XAMPP tersebut. XAMPP ini merupakan sebuah layanan atau aplikasi gratis yang dapat diakses oleh siapapun untuk pembuatan stimulasi atau demo dari website. XAMPP ini juga menjadi salah satu alternatif yang direkomendasikan untuk mempelajari dan mengembangkan sebuah karya sebelum nantinya membeli layanan hosting yang pastinya harus dibayar dan dipublikasikan secara online.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.