Pengertian Flashdisk Adalah Definisi Kegunaan Cara Kerja, Fungsi, Kelebihan dan KekuranganPengertian Flashdisk Adalah Definisi Kegunaan Cara Kerja, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan

Di era yang semakin berkembang dan modern sekarang ini, hardware dan software juga terus mengalami perkembangan. Selain beberapa komponen hardware seperti RAM, processor serta VGA card, masih ada komponen hardware yang juga ikut berkembang yakni flashdisk. Flashdisk sendiri adalah alat untuk menyimpan file atau data berbentuk NAND yang sekaligus juga untuk mengontrol serta area penyimpnan data yang tidak mudah menguap.

A. Pengertian Flashdisk

Flashdisk atau USB flash disk merupakan media untuk menyimpan data portabel yang bisa terhubung lewat port USB komputer dan juga laptop. Sebagai komponen dari penyimpanan, awalnya flashdisk tidak terlalu penting seperti sekarang ini yang hanya ½ GB atau hanya 512 MB dimana lebih kecil dari DVD atau CD ROM yang saat itu sebesar 700 MB.

Namun untuk sekarang, flashdisk menjadi sangat penting dan bahkan wajib. Orang yang tidak punya komputer atau laptop pun terkadang juga memiliki flashdisk untuk aktivitas mereka seperti sekolah atau bekerja. Untuk ukuran flashdisk yang bisa ditemui sekarang ini juga sangat besar yakni antara 8 GB hingga 32 GB.

Flashdisk memiliki ukuran yang kecil sehingga semakin mudah dipakai. Flashdisk juga masuk dalam komponen bersifat non volatile yang artinya tidak akan menyebabkan data hilang meski tidak dialiri dengan listrik.

B. Cara Kerja Flashdisk

Penggunaan flashdisk bisa dikatakan sangat mudah yakni hanya ditancapkan ke port USB komputer atau laptop. Nantinya, anda tinggal menunggu hingga muncul pemberitahuan pada My Computer jika flashdisk sudah bisa terbaca. Jika sudah berhasil terbaca, maka anda sudah bisa memakai flashdisk atau membuka file yang disimpan didalamnya.

C. Fungsi Flashdisk

Dengan adanya flashdisk, maka proses penyimpanan file bisa semakin mudah dilakukan. Selain itu pada flashdisk juga tersedia ruang untuk bermacam ekstensi file sehingga anda bisa merubah dokumen kapan pun dibutuhkan. Inilah yang menyebabkan pemakaian flashdisk semakin banyak sekarang ini dan mulai dijadikan pengganti CD.

Pengguna juga dapat memutar banyak file audio serta video pada laptop atau PC. Ditambah lagi ukurannya yang kecil membuat flashdisk bisa semakin mudah dibawa bepergian baik untuk pekerja, pelajar, mahasiswa hingga masyarakat umum. Berikut adalah beberapa manfaat dari flashdisk selengkapnya:

1. Untuk Menginstall Distribusi Linux

Untuk sebagian besar distribusi Linux bisa melakukan boot dari CD secara langsung ketika ingin mencoba segala program aplikasi Linux serta lingkungan desktop sebelum nantinya memutuskan untuk diinstal. Sedangkan untuk sekarang ini, laptop yang beredar di pasaran hampir tidak lagi menyediakan ruang untuk CD sehingga flashdisk menjadi alat penting untuk digunakan.

Untuk cara menggunakannya juga cukup sederhana. Selain program distribusi yang dipakai default, anda juga bisa membuat trik memakai aplikasi ISO CD burning distribusi Linux pada flashdisk dengan sistem operasi Windows. Sebagai contoh program Lili atau Linux Live yang bisa diunduh gratis.

2. Untuk Menjalankan Aplikasi Portabel

Flashdisk juga bisa digunakan untuk menyimpan fila serta program tanpa harus memulai sistem operasi yang baru. Anda hanya perlu menghubungkan USB kemudian buka menu Start portabel. Namun meski begitu, tidak semua aplikasi didukung dan kemungkinan anda harus memakai aplikasi open source supaya aplikasi portabel bisa semakin maksimal.

3. Sebagai RAM

Apabila komputer anda lambat, maka flashdisk bisa dipakai untuk meningkatkan kecepatan dari komputer anda. Memori pada flashdisk nantinya bisa memberi ruang penyimpanan tambahan di komputer. Dengan begitu, anda bisa mengelola aplikasi lebih baik lagi sekaligus bisa bekerja lebih cepat.

4. Sebagai Partisi Hardisk

Melakukan partisi pada hard drive juga bisa dilakukan dengan menggunakan flasdisk yakni dengan terlebih dulu menginstall program Parted Magic di flashdisk. Partisi nantinya bisa sulit sekaligus berbahaya ketika sistem operasi berjalan di hard disk yang dituju. Akan tetapi boot yang berasal dari flashdisk nantinya bisa menghilangkan beberapa risiko dan untuk menyederhanakan prosesnya.

5. Untuk Main

Meski memang tidak bisa seutuhnya disebut game portabel, namun anda tetap bisa menginstall game tertentu di flashdisk sehingga anda bisa main dengan database di flashdisk. Namun ini harus dilakukan dengan sistem operasi PC yang sama seperti contohnya permainan bernama Minecraft.

D. Kelebihan dan Kekurangan Flashdisk

Seperti media penyimpanan data lainnya, flashdisk juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri yang akan dijelaskan secara lengkap berikut ini:

1. Kelebihan Flashdisk

  • Ukurannya kecil namun menyediakan kapasitas penyimpanan yang besar. Semakin besar kapasitas penyimpanan, namun ukuran flashdisk juga masih tetap sama.
  • Bisa dipakai untuk media instalasi windows namun harus dijadikan bootable lebih dulu.
  • Cara pemakaiannya mudah dan tidak butuh instalasi sekaligus bisa dilakukan dalam waktu singkat.

2. Kekurangan Flashdisk

  • Meski ukuran dari flashdisk kecil untuk memudahkan penggunaan dan bisa dibawa bepergian, namun risiko hilang atau jatuh juga semakin besar ketika membawa flashdisk ini.
  • Flashdisk juga mudah rusak ketika secara tidak sengaja terkena air sebab flashdisk tidak tertutup untuk pelindung bagian dalamnya.
  • Ukuran flashdisk yang terbatas membuat banyak orang lebih mempertimbangkan memakai memory eksternal dibandingkan flashdisk untuk bakcup data jika skalanya besar.



Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.