Pengertian Database Adalah Definisi Arti Komponen, Konsep, Jenis Tipe dan Contoh

Database merupakan kumpulan informasi yang tersimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga bisa diperiksa memakai program komputer agar bisa mendapatkan informasi dari basis data. Database merupakan representasi dari kumpulan fakta yang saling berkaitan yang tersimpan bersama dan tanpa pengulangan atau redudansi yang tidak perlu untuk memenuhi segala keperluan.

Secara umum definisi atau pengertian Database adalah kumpulan informasi yang saling berhubungan di sebuah subjek tertentu yang memiliki tujuan tertentu juga. Database merupakan susunan record data operasional lengkap pada sebuah perusahaan atau organisasi yang diorganisir serta disimpan dengan memakai metode tertentu pada komputer sehingga bisa memenuhi informasi yang dibutuhkan secara maksimal oleh pengguna.

A. Komponen Database

Database mempunyai beberapa komponen yang terdapat di dalamnya, yakni:

  1. Perangkat keras atau hardware: Umumnya ada di dalam sistem basis data yakni memori sekunder hardisk.
  2. Sistem operasi atau operating system: Program yang mengaktifkan sistem komputer, mengendalikan sumber daya atau resource serta melakukan operasi di dalam komputer. Sedangkan sistem operasi yang banyak dipakai diantaranya adalah MS DOS, MS Windows NT, MS Windows 95 serta Unix.
  3. Basis data: Sebuah database dapat memiliki beberapa basis data yang masing masing mempunyai sejumlah objek basis data seperti tabel atau file.
  4. DBMS atau Database Management System: Pengolahan basis data secara fisik yang tidak dilakukan pengguna secara langsung namun dilakukan perangkat lunak yang dinamakan DBMS untuk menentukan cara data akan disimpan, diubah atau diambil kembali.
  5. Pengguna atau user: Untuk pengguna atau user bisa berinteraksi dengan basis data serta memanipulasi data pada program yang ditulis ke dalam bahasa pemrograman.

B. Konsep Dasar Database

Konsep dasar database merupakan kumpulan catatan atau potongan pengetahuan yang mempunyai penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang sudah tersimpan di dalamnya yang disebut dengan skema. Skema tersebut menggambarkan obyek yang diwakili sebuah database dan juga hubungan di antara obyek tersebut.

Ada cukup banyak cara untuk mengorganisasi skema struktur database yang disebut dengan database model atau model data. Model yang biasa dipakai untuk sekarang ini adalah model relasional yang dilihat dari istilahnya mewakili seluruh informasi dalam bentuk tabel saling berhubungan. Setiap tabel tersebut terdiri dari baris dan juga kolom.

Sedangkan hubungan antar tabel akan diwakili dengan memakai nilai yang sama antar tabel. Untuk model yang lain seperti model hierarkis serta model jaringan bisa memakai cara yang lebih eksplisit untuk mewakili hubungan antara tabel.

C. Jenis Tipe Database

Ada sekitar 12 tipe database seperti Analytical database, Data warehouse, Operational database, External database, End user database, Distributed database dan masih banyak lagi.

1. Operational Database

Database yang menyimpan data secara rinci yang dibutuhkan untuk mendukung operasi pada semua organisasi. Ini dinamakan juga dengan subject area database atau SADB, produksi database serta transaksi database. Contohnya adalah database pelanggan, database inventaris dan database pribadi.

2. Analytical Database

Ini merupakan database yang menyimpan data serta informasi yang diambil dari operasional yang sudah dipilih serta eksternal database. Ini terdiri dari data serta informasi yang terangkum dan paling dibutuhkan organisasi manajemen serta end user lain.

3. Data Warehouse

Digunakan untuk penyimpanan data dari saat ini sampai beberapa tahun sebelumnya. Data ini diambil dari banyak database operasional dari suatu organisasi. Data warehouse ini merupakan sumber utama dari data yang sudah diperiksa, diedit, terintegrasi serta standar sehingga bisa dipakai manager serta pengguna akhir lain di semua organisasi profesional.

Perkembangan terakhir dari data warehouse ini akan dipakai untuk shared nothing architecture agar bisa memfasilitasi ekstrem scaling.

4. Distributed Database

Merupakan database kelompok kerja lokal serta departeman pada kantor regional, kantor cabang, pabrik serta beberapa lokasi kerja lain. Database ini bisa mencakup 2 segmen yakni operasional serta user database. Sedangkan data yang dihasilkan dan dipakai hanya untuk pengguna situs itu sendiri.

5. End User Database

Database ini terdiri dari banyak file data yang dikembangkan end user pada workstation. Contohnya adalah word processing, spreadsheet dan juga download file.

6. External Database

Database ini menyediakan akses menuju eksternal data milik pribadi online yang tersedia untuk pengguna akhir serta organisasi layanan komersial. Akses menuju kekayaan informasi dari database eksternal yang tersedia adalah untuk biaya dari layanan online komersial serta dengan atau tanpa iaya dari banyak sumber yang bisa ditemukan di internet.

7. Hypermedia Database

Ini merupakan kumpulan halaman multimedia yang saling berkaitan di suatu situs web. Ini terdiri dari home page dan juga halaman hyperlink lain dari multimedia atau campuran media seperti contohnya grafik, teks, klip, foto, audio dan sebagainya.

D. Contoh Database

Ada beberapa contoh dari database yang teropuler dan paling banyak dipakai untuk sekarang, seperti yang akan kami jelaskan berikut ini:

1. Database MySQL

Database sumber terbuka yang sangat banyak dipakai untuk aplikasi berbasis web seperti e commerce dan juga website berbasis dinamis. Pemakaian MySQL sebagai basis data utama untuk aplikasi web ini sering dipadukan dengan PHP untuk bahasa skrip berorientasi obyek.

Ini adalah komponen yang penting dari web service solution stack LAMP yakni platform pengembangan web sumber terbuka dimana Linux akan menjadi sistem operasi, Apache untuk web server, MySQL unyuk basis data dan juga PHP untuk bahasa skrip.

2. Database Oracle

Ini adalah database relasional yang banyak dimiliki Oracle Corporation. Ini diangap sebagai salah satu database terbaik untuk versi basis data komersial. Oracle tersedia dalam beberapa konfigurasi dengan cakupan tool yang bisa disesuaikan pada perusahaan berskala kecil, menengah sampai besar yang memang membutuhkan solusi terbaik pada sebuah database untuk kebutuhan bisnis.

3. Database Microsoft SQL Server

Microsoft SQL Server merupakan database relasional bersifat komersial. Tidak sama seperti Mircosoft Office Access yang digunakan untuk komputer desktop, maka pada Microsoft SQL Server ini menyediakan layanan pengelolaan basis data kelas perusahaan serta alat intelijen bisnis yang terpadu.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.