Home artikel Pengertian Hardware : Macam Jenis, Fungsi, dan Contoh

Pengertian Hardware : Macam Jenis, Fungsi, dan Contoh

Gambar Gaming PC

Hardware merupakan salah satu perangkat keras yang terdapat di komputer, di dalam komputer terdapat 2 perangkat yang penting yaitu hardware (perangkat keras) serta software (perangkat lunak). Bagi anda yang sudah biasa bekerja menggunakan komputer atau laptop pasti sudah tidak asing lagi dengan pengertian hardware serta perbedaannya dengan software.

Pengertian hardware secara umum yaitu sekumpulan komponen fisik yang ada di dalam komputer yang tugasnya menyusun perangkat komputer agar komputer bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Atau dengan kata lain hardware bisa juga berarti perangkat fisik komputer yang dapat disentuh, isinya berkaitan dengan sistem kerja komputer.

Hardware ini tentu sangat penting bagi komputer, karena jika tidak ada hardware maka tidak akan ada komputer yang bisa digunakan. Jika komputer anda ingin bisa digunakan secara normal maka harus ada 3 komponennya yaitu hardware, software, dan brainware. Namun jika salah satu dari komponen tersebut tidak ada, maka komputer anda tidak dapat digunakan.

Macam Jenis Hardware Pada Komputer

Hardware dibagi menjadi 3 jenis, diantaranya yaitu :

1. Hardware input

Hardware input ini merupakan perangkat yang dapat digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer, data yang telah masuk itu diolah dalam suatu proses. Ada banyak jenis perangkat yang gunanya untuk mengontrol dan menginput data ke dalam komputer contohnya mouse, keyboard, mouse pen, disk drive, scanner, trackball, dan joystick.

2. Process Device

Process device yaitu perangkat yang memproses dan mengolah data pada komputer. Process device sering disebut sebagai otaknya komputer karena menjadi perangkat yang sangat penting pada proses pemasukkan dan penginputan data. Contoh process device adalah CPU, RAM, VGA, dan sebagainya.

3. Hardware Output

Yaitu perangkat keras pada komputer yang gunanya untuk mencetak dan menampilkan informasi dari hasil input data yang berasal dari hardware input yang telah melewati proses dari hardware process. Contohnya yaitu speaker, monitor, dan printer.

Selain 3 jenis hardware yang telah disebutkan di atas, masih ada lagi perangkat lain yang penting pada komputer, yaitu perangkat tambahan yang fungsinya untuk membantu komputer dalam menjalankan perintah dari penggunanya. Contoh dari perangkat tambahan ini adalah modem yang sering digunakan untuk menyambungkan jaringan internet.

Perangkat tambahan lain yang sering digunakan pada komputer adalah storage atau perangkat penyimpanan. Perangkat penyimpanan ini disebut juga hardisk, fungsi dari hardisk ini adalah menyimpan segala jenis data, berkas dan file di dalam sebuah komputer.

Contoh Hardware Pada Komputer Beserta Fungsinya

1. Power supply

Gambar PSU Power SupplyPower supply yaitu perangkat yang berupa kotak bertegangan listrik yang letaknya menempel pada bagian belakang setiap casing (pelindung) yang memiliki kabel power yang akan disambungkan ke komponen hardware. Fungsinya yaitu mengubah tegangan dari AC ke DC kemudian menyuplai tegangan tersebut ke komponen yang membutuhkan arus dan juga tegangan.

2. Processor atau CPU (Central Processing Unit)

Processor atau CPU (Central Processing Unit)CPU (Central Processing Unit) adalah komponen yang berupa chip yang memiliki bentuk segiempat, sebagai pengendali proses kerja komputer yang dibantu oleh komponen lainnya. Fungsinya yaitu mengatur semua instruksi program yang ada pada komputer dan juga sebagai tempat untuk mengelola segala aktivitas yang terjadi di dalam komputer.

3. Motherboard

Gambar Mobo MotherBoardMotherboard memiliki fungsi untuk menghubungkan dan mengendalikan semua elemen utama pada komputer atau perangkat digital. Keyboard, CPU, kartu video, memori dan hard disk drive berhubungan serta berkomunikasi satu sama lain melalui motherboard. Firmware pada motherboard mengendalikan dan mengkoordinasikan semua fungsi dasar untuk menjalankan PC.

4. Hardisk

Gambar HDD Hard DiskHardisk yaitu komponen yang bentuknya segiempat yang isinya platter atau piringan (yang bentuknya hampir sama dengan piringan hitam, head, motor penggerak, papan elektronik, dan komponen lainnya yang dibungkus oleh casing yang kuat. Fungsinya yaitu sebagai booting pada komputer, media penyimpanan operation system yang digunakan komputer, serta sebagai media penyimpanan data yang ukurannya sangat besar sehingga pengguna bisa menyimpan banyak data di sana.

5. Video adaptor atau GPU dan VGA Card

Gambar Video adaptor atau GPU dan VGA CardVideo adaptor atau GPU atau VGA Card adalah komponen pada hardware komputer yang menghubungkan proses grafis dengan peralatan output yang berupa monitor. Pada komputer model lama proses grafis ini dilakukan oleh prosesor utama, namun seiring dengan berkembangnya teknologi desainnya telah diubah. Fungsinya yaitu penghubung dalam peralatan data dengan peralatan output yang berupa layar monitor untuk memaksimalkan fungsi layar agar dapat menampilkan grafis dengan resolusi dan kualitas warna terbaik. GPU juga dapat mempercepat cara kerja software operation window.

6. Sound card

Gambar Sound cardSound card yaitu komponen pada hardware komputer yang bentuknya chipset pada motherboard yang dipasangkan pada slot PCI di motherboard. Sound card memiliki 4 komponen utama yang dapat menerjemahkan analog dan juga digital. Fungsinya yaitu untuk mengolah segala jenis data yang berupa audio atau suara, sebagai penghubung dari output audio ke speaker dan sebagai penghubung input suara dari komouter melalui mikrofon.

7. Casing

Gambar Casing PC KomputerCasing (pelindung) sering disebut sebagai otak pembungkus yang digunakan untuk meletakkan komponen hardware pemprosesan yang fungsinya untuk melindungi komponen hardware dari segala macam gangguan dari luar. Casing ini juga sering disebut dengan CPU. Fungsinya adalah sebagai tempat untuk meletakkan komponen hardware contohnya power supply, floppy disk, motherboard, CD-Rom, dan DVD Rom.

8. Monitor Tabung (CRT), LCD dan LED

Gambar Monitor LCD LEDMonitor komputer adalah adaptor layar yang menampilkan informasi yang diolah oleh komputer kartu video. Ketika kartu video atau kartu grafis mengkonversi biner informasi dari 1s dan 0s ke gambar (Video Informasi), gambar-gambar yang ditampilkan ke monitor terhubung langsung. Ada berbagai jenis monitor, termasuk Tabung sinar katoda (CRT) dan Liquid Crystal Display (LCD). Monitor memiliki fungsi layar yang termasuk menyalakan dan mematikan tampilan, mengontrol kecerahan, kontras dan posisi Video Informasi yang dihasilkan.

9. Speaker dan Head Set

Gambar SpeakerSpeaker dan Head Set pada komputer berfungsi untuk mengeluarkan pemrosesan sinyal elektrik berupa suara yang sangat penting dalam menjalankan komputer. Biasanya Speaker dan Headset sangat berperan penting untuk memunculkan suara Nontifikasi pada Komputer dan juga sering digunakan untuk memutar musik dan data audio.

10. Keyboard

Gambar Keyboard GamingKeyboard komputer adalah perangkat input yang digunakan untuk memasukkan karakter dan fungsi ke dalam sistem komputer dengan menekan tombol. Keyboard merupakan perangkat utama yang digunakan untuk memasukkan teks. Keyboard biasanya berisi kunci untuk setiap huruf, angka dan karakter khusus, serta tombol untuk fungsi tertentu. Keyboard terhubung ke sistem komputer menggunakan kabel atau sambungan nirkabel.

11. Mouse dan Touchpad

Gambar Mouse TouchpadMouse komputer adalah perangkat input genggam hardware yang mengontrol kursor di GUI dan dapat bergerak serta digunakan untuk memilih teks, ikon, file dan folder. Untuk desktop komputer, mouse ditempatkan di permukaan datar atau sebuah meja dan ditempatkan di dekat komputer. Sedangkan Touchpad memiliki fungsi sama seperti Mouse pada Komputer, tetapi Touchpad biasanya hanya digunakan pada perangkat Laptop. 5/5 (2)

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.