Home artikel Pengertian Multimedia : Jurusan, Jenis, Manfaat, dan Contoh

Pengertian Multimedia : Jurusan, Jenis, Manfaat, dan Contoh

Pengertian Multimedia : Jurusan, Jenis, Manfaat, dan Contoh

Pengertian Definisi multimedia adalah suatu sarana atau media melalui penggunaan komputer dalam menggabungkan dan menyajikan suara, teks, , animasi, audio dan video dengan alat bantu dan koneksi sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sangat umum digunakan dalam dibidang informatika. Banyak orang yang bertanya, Jurusan Multimedia Kerja Apa ? Banyak sekali pekerjaan yang bisa didapat dari jurusan Multimedia, contoh pekerjaan yang akan didapat jikan anda sekolah atau kuliah pada jurusan Multimedia yaitu :

  • Animator – Membuat dan Mengedit Animasi biasanya lebih cenderung pada Objek Karakter seperti Kartun atau Tokoh pada Game.
  • Multimedia Design & Desainer – Membuat dan Merancang sekema Tempat dan Latar Ruangan yang bisa banyak digunakan baik untuk Entertaiment ataupun kehidupan.
  • Video Editor, Pic Editor dan Audio Editing – Video editor yaitu mengedit dan membuat berbagaimacam jenis Video, Pic Editor seperti mengedit menggunakan photoshop, Mengedit Audio baik musik ataupun efek suara.
  • Video Shooting dan Fotografer – Membuat dan mendokumentasikan Foto / video serta juga bisa digunakan dalam pembuatan Film.
  • Webmaster – Pengelolaan Website dan Server Online yang akan membutuhkan kemampuan dari materi Pemorograman
  • Kerja Kantoran – Dengan kemampuan dasar Office Komputer.

Namun selain digunakan dalam dunia informatika, multimedia seringkali dikaitkan dengan aplikasi yang digunakan dalam dunia hiburan seperti game serta berfungsi untuk membuat website. Pada awal mula terbentuk, multimedia hanya mencakup gambar diam, teks, animasi, mp3 dan mp4. Seiring perkembangan jaman, multimedia telah merambah dunia kinetik (gerak) dan bau.

Aplikasi media ini mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikannya film 3 dimensi yang dihubungkan ke gerakan pada kursi penonton sehingga penonton dapat merasakan sensasi gerak. Energi kinetik, dan koneksi dalam film 3 dimensi tersebut dapat membangkitkan perasaan nyata pengguna. Indra penciuman baru mulai dimasukkan setelah ditemukannya teknologi reproduksi melalui telekomunikasi.

Melalui perangkat indera penciuman ini, operator dapat mengirimkan hasil sinyal bau tersebut melalui internet sehingga dengan kata lain komputer penerima harus memiliki perangkat output berupa mesin reproduksi bau tersebut. Mesin dengan perangkat indera bau ini dapat mencampurkan berbagai jenis bau yang menghasilkan output setelah dicampur dimana output tersebut mirip dengan data dari internet.

Jurusan Multimedia

Jurusan multimedia menjadi salah satu jurusan yang menjanjikan masa masa depan. Multimedia telah masuk dalam daftar perangkat kinerja yang membutuhkan banyak tenaga ahli untuk dapat mengembangkan perangkat tersebut. Di Indonesia terdapat telah banyak SMK hingga perguruan tinggi yang memasukan multimedia sebagai kajian tersendiri meskipun masih masuk dalam ilmu komunikasi.

Perkembangan tekonologi memaksa industri media untuk ikut mengembangkan dan terjun dalam dunia yang kreatif dengan pembaharuan terus menerus. Menurut QS World University Rankings by subject tahun 2013, terdapat lima perguruan tinggi dengan kajian multimedia dalam jurusan komunikasi terbaik di Indonesia UI, Airlangga, Brawijaya, Sanata Dharma dan UGM.

Jenis Jenis Multimedia

• Multimedia interaktif

Merupakan multimedia yang dilengkapi dengan alat bantu berupa komputer, mouse, keyboard dan lain-lain yang dioperasikan oleh pengguna. Multimedia interaktif dapat menggabungkan media-media lain yang terdiri dari teks, desain grafis, audio, dan rancangan lain. Contoh multimedia interaktif adalah aplikasi game, CD interaktif, apilkasi program, virtual reality, dst.

• Multimedia linier

Multimedia ini berjalan secara lurus yang artinya berjalan tanpa kontrol dari pengguna dan merupakan jenis yang paling umum di masyarakat. Contoh multimedia linier adalah TV, film, e-book, musik dan lain-lain.

• Multimedia Hiperaktif

Multimedia hiperaktif ini mempunyai struktur dengan unsur terkait yang nantinya dapat diarahkan oleh pengguna melalui link dengan unsur multimedia yang ada. Multimedia Hiperaktif juga dapat diisitilahkan sebagai Richmedia. Contoh: world wide web, web site, mobile banking, dan Game online.

• Multimedia kits

Multimedia ini digunakan sebagai pembelajaran yang melibatkan lebih dari satu jenis media dan diorganisir oleh topik tunggal. Perangkat yang termasuk dalam multimedia kits yaitu CD-ROM, kaset audio, gambar statis, transparasi overhead, dan lain-lain. Multimedia kits ini banyak digunakan karena multi sendorik dan ideal untuk digunakan dalam proyek-proyek kecil di dalam maupun di luar ruangan.

Manfaat Multimedia Untuk Kehidupan

• Manfaat multimedia untuk pendidikan

Dalam dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pembelajaran modern seiring dengan perkembangan jaman dimana koneksi semakin luas dan sumber yang diperoleh tidak hanya didapat dari benda berwujud dengan pembelajaran monoton. Melalui multimedia sistem belajar mengajar pun dapat dilakukan secara otodidak serta dapat membuka wawasan lebih luas.

• Manfaat multimedia untuk bisnis

Di dalam dunia bisnis, multimedia menjadi sesuatu yang penting untuk mempromosikan, mengelola termasuk dijadikan  multimedia digunakan sebagai profil perusahaan, promosi produk, hingga media informasi serta bermanfaat untuk sistem e-learning. Penggunaan multimedia dapat meningkatkan kinerja perusahaan lebih baik dan cepat.

Contoh atau Kategori Multimedia

• Multimedia Communication

Multimedia Communication merupakan penggunaan media yang memiliki fungsi mempublikasikan informasi. Media yang digunakan dalam kategori ini adalah TV, Radio, Film, Game, Musik, Entertaiment, Tutorial, Internet, dan Media Cetak.

• Multimedia Content Production

Selanjutnya Multimedia Content Production adalah penggunaan beberapa media yang berbeda seperti Teks, Animasi, Audio, Video, gambar (grafik) yang dipadukan untuk mengasilkan produk multimedia seperti musik, game, film, entertainment, dll.  Media dalam multimedia content production berupa  teks, audio, video, grafik, animasi, spesial efek, dan interactivity.

Multimedia telah menjadi bagian dari kehidupan manusia yang tidak dapat dilepaskan semenjak munculnya gelombang globalisasi pasca Perang Dingin berakhir. Melalui perangkat buatan ini, manusia dapat saling terhubung dan terkoneksi dengan dunia luar serta dapat mengakses wawasan dengan mudah, kilat, dan murah tanpa perlu hadir dalam suatu tempat pada suatu waktu.

No ratings yet.

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.