Cara Manajemen Waktu Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Cara Manajemen Waktu Untuk Pelajar dan MahasiswaKehidupan yang kompleks memaksa kita untuk mahir dalam memanajemen waktu supaya semua hal bisa kita laksanakan dengan maksimal. Apalagi kamu adalah seorang pelajar atau mahasiswa yang pasti dalam kehidupan memiliki segudang kegiatan, baik di sekolah atau di rumah. Supaya kegiatan sekolah atau kuliah bisa terlaksana berbarengan dengan kegiatan di rumah, ada baiknya kamu mengatur waktu sebaik mungkin. Berikut ini adalah cara memanejemen waktu untuk seorang pelajar dan mahasiswa.

Manajemen Waktu Bagi Pelajar

1. Menentukan Kegiatan yang Paling Penting

Dalam situasi tertentu, pasti akan ada kegiatan yang berbarengan dengan kegiatan lainnya. Hal ini lah yang membuat mahasiswa atau pelajar menjadi kacau dalam mengikuti suatu kegiatan. Kebanyakan dari mereka adalah ingin mengikuti semua kegiatan itu meski waktunya berbarengan atau berdekatan.

Manajemen waktu yang baik disini adalah memilih kegiatan yang memang benar benar penting untuk kamu, korbankan salah satu kegiatan jika memang kedua kegiatan tersebut bersinggungan. Jangan ceroboh dalam mengambil keputusan, jika kegiatan yang bersinggungan adalah kegiatan tahunan dengan kegiatan rutinan bulanan atau mingguan lebih baik kamu memilih kegiatan tahunan. Bisa dipikirkan alasannya kan ? Tetapi, jika kegiatan rutinan bulanan memang sangat penting kamu bisa mempertimbangkannya.

2. Membuat Catatan Jadwal Kegiatan

Sebagai seorang pelajar dan mahasiswa sudah pasti memiliki jadwal kuliah atau jadwal pelajaran. Untuk mahasiswa biasanya jam kuliah bisa dimulai tidak menentu kadang masuk pagi, masuk siang bahkan bisa saja masuk sore hingga malam. Nah, hal ini perlu dicermati dengan waktu lain yang biasanya berjalan berbarengan. Jika kamu kuliah sambil bekerja, perhatikan jam kuliah dengan jam kerja. Jangan sampai bersinggungan atau bahkan bertabrakan.

Buatlah catatan mengenai kegiatan kamu saat sekolah atau kuliah dengan kegiatan lain misalnya bekerja. Jika tempat kerja kamu memiliki jam kerja fleksible maka kamu bisa mengatur jam kerja yang disesuaikan dengan jam sekolah atau jam kuliah. Buatlah catatan sejelas mungkin, lalu tempelkan di tempat biasa kamu menghabiskan waktu (misalnya kamar).

Kesimpulan :

Manajemen waktu untuk pelajar dan mahasiswa :

  1. Menentukan kegiatan yang paling penting dengan melihat berbagai aspek.
  2. Membuat catatan jadwal kegiatan



Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.