Home Informasi Cara Meningkatkan Semangat Belajar Mahasiswa

Cara Meningkatkan Semangat Belajar Mahasiswa

Cara Meningkatkan Semangat Belajar

Cara Meningkatkan Semangat Belajar – Suatu hal yang bagus biasanya terdapat banyak ujian saat melakukannya. Belajar adalah salah satu perbuatan yang bagus. Dengan belajar kamu bisa meningkatkan ilmu sebagai bekal kamu hidup baik didunia atapun di akhirat. Saat melakukan aktifitas belajar tidak dapat dipungkiri bila terkadang kamu akan merasa bosan, malas ataupun perasaan yang lainnya yang bisa menyebabkan semangat untuk belajar kamu menjadi hilang serta penyebab beberapa anak sekolah merasa malas untuk belajar. Masalah tersebut adalah hal yang wajar, serta sudah banyak orang mengalaminya. Saat kamu merasa malas untuk belajar, maka kamu bisa melakukan beberapa hal yang bisa memotivasi kamu untuk menambah semangat belajar.

Motivasi supaya bisa meningkatkan semangat belajar di bagi menjadi dua, yakni motivasi internal serta motivasi eksternal. Motivasi internal adalah sebuah motivasi yang berasal dari dalam diri sendiri. Motivasi internal ini memang terasa lebih susah ditingkatkan jika dibanding dengan motivasi eksternal, akan tetapi bila seseorang sudah berhasil meningkatkan motivasi internal di dalam dirinya, maka sebuah kepercayaan diri akan terbentuk hingga akan menyebabkan sikap positif serta sadar akan kebutuhan diri ketika belajar.

Dan untuk motivasi eksternal adalah sebuah motivasi yang berasal dari luar diri yang biasanya dapat mempengaruhi diri sendiri. Motivasi eksternal juga dapat berasal dari sosial, penghargaan ataupun hukuman, lingkungan, teman, orang tua ketika mendidik anak dan masih banyak yang lainnya yang bisa mempengaruhi motivasi belajar seseorang. Semua orang pasti akan lebih mengerti tentang dirinya masing-masing dengan apa yang dapat memotivasinya dalam meningkatkan semangat untuk belajar. Coba kenali diri kamu lebih dulu bila kamu belum menemukan cara mengatasi rasa malas kamu saat belajar atau kamu bisa mencoba beberapa cara meningkatkan semangat belajar

Cara Meningkatkan Semangat Belajar

1. Berteman Dengan Orang Yang Memiliki Belajar

Teman memanga bisa sangat mempengaruhi diri kita, apalagi bila kita selalu bersamanya maka apa sifatnya ataupun kebiasaannya gampang sekali kita tertular oleh sifat dan kebiasaannya. Memiliki teman yang malas belajar bisa membuat kamu terpengaruh dan ikut-ikutan malas belajar, biasanya kita akan merasa malas belajar di sebabkan karena teman kita pun malas untuk belajar. Sebaliknya memiliki seorang teman yang mempunyai semangat ketika belajar bisa sangat mempengaruhi kita, sehingga menjadikan kita ingin menirunya. Aura positif yang dikeluarkan bisa menular tanpa kita sadari. Maka pintar-pintarlah kedika kamu memilih seorang teman, sebab teman bisa mempengaruhi kehidupan kita. Bahkan bila kamu mau mengenal orang lain yang belum kamu kenal, kamu dapat melihat siapa saja teman orang yang akan kamu ajak berkenalan tersebut, supaya kamu tahu sifat orangnya

2. Buatlah sebuah target yang akan dicapai

Target sangatlah penting untuk direncanakan, jangan cuma diingat sebab kekuatan otak kita tidak akan bisa untuk selalu mengingatnya. Tulislah sebuah target yang akan kita capai di sebuah kertas setelah itu tempelkan di tempat-tempat yang selalu bisa kita lihat, seperti contohnya dinding kamar, lemari, ataupun dapat juga ditulis di sebuah buku diari. Dengan kamu menulis sebuah target yang akan kamu capai ini akan memiliki kekuatan yang besar untuk mendapatkan sebuah keberhasilan. Menurut Motivator indonesia yaitu Mario Teguh. Buatlah kamu seolah – olah seperti di kejar seekor anjing, Karena seseorang yang sedang dikejar oleh seekor anjing akan berlari dengan sangat cepat tanpa memperhatikan bahaya serta rintangan yang ada. Dia akan sangat fokus supaya bisa selamat dari kejaran seekor anjing tersebut. Bila kamu dalam belajar pun seperti menerapkan hal seperti itu maka target akan dengan mudah cepat tercapai.

3. Menunda kesenangan untuk kebahagiaan jangka panjang

Simpanlah di pikiran kamu jika sesuatu yang diawali dengan perjuangan jelas nanti akan diakhiri dengan sebuah kesenangan serta kebahagiaan. Tunda lebih dulu kesenangan kamu, dan ganti dengan melakukan sebuah perjuangan belajar, walau kadang rasanya sudah, akan tetapi bila kamu sudah melakukannya maka kamu akan menikmati keberhasilan dan kebahagiannya. Sebenernya belajar adalah kegiatan yang menyenangkan sebab kamu akan dapat mengerti sesuatu atau hal baru yang belum kamu ketahui sebelumnya. Menunda sebuah kesenangan lebih dulu untuk sebuah kebahagiaan yang panjang selanjutnya gak ada ruginya, daripada saat ini kamu bersenang-senang akan tetapi kamu tidak tahu bagaimana nasib kamu dimassa depan, jadi berusahalah terlebih dahulu dengan cara semangat ketika sedang belajar sesuatu hal yang baru.

4. Buktikan bahwa anda orang yang pintar

Setiap orang sudah diberikan kekuatan otak yang berguna berpikir yang sama dengan yang lainnya. Yang akan memutuskan kita pintar atau tidak, bukan sepenuhnya 100% otak tapi sebuah keinginan atau kemauan. Seseorang yang mempunyai keinginan tinggi akan memiliki motivasi tinggi lupa ketika mencapai target. Buktikan pada orang-orang disekitar kamu bahwa kamu pun termasuk orang yang memiliki keinginan yang tinggi, dengan modal tersebut maka kamu akan memiliki motivasi untuk semangat belajar. Semangat belajar yang tinggi akan membuat kamu lebih pintar. Orang pintar selalu kalah dengan orang yang disiplin serta memiliki keinginan yang tinggi.

5. Mengatur waktu belajar

Dengan mengatur waktu kamu dalam segala acara ataupun kegiatan yang akan lakukan. Mengatur waktu membuat kamu belajar disiplin dan tidak melakukan hal semaunya atau sesuai kehendak hati. Mungkin ketika kamu sedang mengalami patah hati padahal kamu besok pagi akan mengikuti sebuah ujian maka kamu tidak bisa fokus untuk belajar. Ini merupakan sebuah masakah yang harus dihindari sebab belajar tetap harus kamu lakukan. Maka buatlah sebuah jadwal supaya kamu tidak terbawa emosi karena perasaan hati. Bila kamu melihat jadwal untuk belajar maka segara lakukanlah. Namun bila kamu sedang sakit kamu dapat beristirahat terlebih dahulu. Bila ada jadwal untuk bermain ya silahkan gunakan waktunya untuk bermain. Dengan begitu waktu untuk belajar bisa lebih fokus karena waktu kamu sudah di bagi-bagi antara jadwal untuk belajar dan jadwal untuk bermain No ratings yet.

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.