penyebab anak malas belajar menurut para ahli

Penyebab Anak Malas Belajar Menurut Para Ahli, Peringkat satu adalah prestasi yang membanggakan bagi orang tua. Prestasi itu pastinya tidak luput dari yang namanya belajar dengan giat.

Sebagai orang tua, tentunya menginginkan anak yang rajin belajar tanpa perlu di perintah. Peringkat satu adalah bonus saja, jadi jika anak sudah rajin belajar tapi belum peringkat teratas ya jangan sampai memarahinya. Ingat ! setiap kapasitas ingatan anak itu berbeda – beda.

Nah, sekarang yang menjadi masalah adalah anak yang malas belajar. Anak malas belajar itu terjadi akibat dari beberapa alasan. Berikut ada penyebab anak malas belajar menurut para ahli.

Penyebab Anak Malas Belajar Menurut Para Ahli :

  • Lingkungan Yang Tidak Mendukung

Lingkungan yang mendukung pastinya akan membuat anak semangat belajar. Lingkungan mendukung artinya hal – hal disekitar anak yang bisa membangkitkan gairah belajar. Contohnya teman bermain juga memiliki semangat belajar dan mampu mengajak anak untuk belajar.

Lingkungan yang biasa menjadi penghambat anak belajar adalah banyaknya permainan yang selalu menggoda anak. Contoh adalah game – game di gadget atau acara tv yang suka tayang di jam – jam anak belajar. Disini peran orang tua sangat diperlukan. Menjadi orang tua jangan hanya berpikiran mencari nafkah saja, tapi harus juga bisa mendidik anak menjadi anak yang pintar dan memiliki semangat belajar.

  • Orientasi Anak Tidak Lagi Dibidang Akademis

Dalam hal ini, yang biasa malas dibidang akademis adalah anak sekolah menengah (SMA) atas atau kejuruan (SMK). Sebagai orang tua, tentunya memiliki harapan besar menjadikan anak memiliki pekerjaan yang layak dan mapan. Tapi jangan juga memaksakan anak untuk selalu mengikuti kehendak Anda.

Anak yang malas belajar karena tidak memiliki tujuan dibidang akademis, biasanya sudah memiliki hobi atau pandangan lain yang lebih disukai. Misalnya anak suka belajar tentang otomotif dan cenderung malas belajar mapel seperti kimia, biologi atau fisika.

Jika anak menunjukkan sikap seperti itu, orang tua ada baiknya memberikan dukungan dengan kesukaannya jika memang itu yang terbaik. Tapi juga arahkan anak untuk belajar pengetahuan umum. Dua hal diatas adalah penyebab anak malas belajar.