Tips Kuliah Sambil Kerja Agar Lulus Tepat Waktu dan Tetap Menghasilkan Cuan

Fokus belajar selama melaksanakan pendidikan di universitas atau sekolah tinggi memang diperlukan agar bisa lulus tepat waktu. Akan tetapi, kuliah sambil bekerja justru bisa menambah pengalaman non akademik usai Anda lulus nanti. Selain itu, Anda juga bisa mengantongi pundi rupiah lebih banyak, bahkan bisa membayar kuliah sendiri. Namun, kendala yang kerap dialami oleh mahasiswa yang sambil kerja adalah tidak mampu membagi waktu sehingga tidak bisa lulus tepat waktu.

Maka dari itu, kami akan membagi tips kuliah sambil bekerja agar lulus tepat waktu. Namun, sebelumnya, cek juga cara mengoptimalkan foto lamaran kerja supaya bisa diterima di perusahaan impian. Lengkapi CV Anda dengan foto terbaik agar menarik perhatian recruiter melalui link tersebut.

Jika sudah diterima kerja, maka ikuti tips ini agar Anda bisa lulus sesuai dengan waktu yang seharusnya!

1. Mengetahui Skala Prioritas

Kuliah sambil bekerja bukan perkara yang gampang. Manajemen waktu adalah kunci utama agar keduanya bisa berjalan dengan baik. Selain itu, Anda harus paham kegiatan apa yang perlu dilakukan. Silakan buat listicle berdasarkan skala prioritas.

Untuk urusan pekerjaan atau kuliah, kerjakan yang terpenting terlebih dahulu. Kerjakan juga yang sekiranya paling mendesak. Tetap patuhi daftarnya sehingga segala kegiatan dapat terselesaikan dengan baik tanpa halangan apapun.

2. Memperhatikan Jenis Pekerjaan yang Tepat

Tips kerja sambil kuliah yang selanjutnya adalah memperhatikan bidang pekerjaan yang sesuai. Semisal, Anda memilih pekerjaan yang membutuhkan fisik, maka buatlah jadwal untuk beristirahat usai bekerja supaya kondisi tubuh tetap terjaga.

Jika Anda memiliki kemampuan fisik yang tidak terlalu bagus, sebaiknya pilihlah pekerjaan yang mengandalkan otak atau skill tertentu. Anda juga bisa memilih pekerjaan sebagai freelancer sehingga tidak ada keterikatan waktu secara saklek. Misalnya, menulis, menggambar, membuat desain grafis, dan sebagainya. Hindari pekerjaan seperti pelayan toko, pelayan restoran, dan sebagainya.

Baca Juga :  Pengertian Keadilan Sosial : Makna dan Contohnya

3. Mempersiapkan Mental

Kuliah sambil bekerja adalah sebuah tantangan yang berat. Akan ada banyak rintangan, beban yang berat, hingga perubahan mood yang semula menyenangkan jadi membosankan. Namun, semua itu tidak akan menjadi penghalang bagi Anda mencapai semua tujuan jika memiliki mental yang kuat. Pastikan sebelum memutuskan untuk mengambil pilihan ini, Anda sudah siap secara mental dan fisik sehingga tidak ada risiko DO hingga dipecat dari tempat kerja.

4. Selalu Fokus dan Siap Bekerja Keras

Tidak mudah untuk bisa kuliah sambil bekerja. Sebab, Anda akan membagi tubuh dan pikiran kedua aktivitas yang berbeda. Lelah? Sudah pasti, tapi semua tetap bisa diatasi. Caranya, dengan fokus pada salah satu aktivitas yang sedang Anda lakukan. Misalnya, saat kuliah, sebaiknya Anda tidak memikirkan pekerjaan. Sebaliknya, saat bekerja, Anda juga tidak boleh terlalu banyak memikirkan kuliah. Dengan begitu, Anda pun tidak akan mudah merasa lelah.

5. Transparan tentang Status Anda di Tempat Kerja

Agar Anda bisa melakukan pekerjaan dan kuliah dalam satu waktu, maka hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah transparan pada bos Anda. Ceritakan padanya bahwa Anda juga sedang menempuh pendidikan. Bicarakan secara baik-baik mengenai jadwal kuliah Anda agar tidak bertabrakan dengan waktu kerja. Jika Anda berada di tempat kerja yang tepat, tentunya, bos akan memahami kondisi tersebut.

6. Memilih Lokasi Kerja yang Dekat dengan Kampus

Tips kuliah sambil kerja yang selanjutnya adalah memilih lokasi kerja yang dekat dengan kampus. Sebab, dua aktivitas tersebut akan membuat mobilitas meningkat. Apabila lokasi kerja dan kuliah dekat, maka Anda akan lebih hemat waktu dan tenaga.

Jika lokasi kerja jauh dari lokasi kuliah, maka akan ada kemungkinan macet. Fisik Anda pun akan cepat lelah, sehingga bisa mengganggu kuliah ataupun pekerjaan.

Baca Juga :  Cari Tahu Hosting Premium di Hosting24

7. Ambil Kelas Karyawan atau Ekstensi

Agar kuliah bisa selesai tepat waktu, maka Anda bisa mempertimbangkan kelas karyawan. Sebab, kelas karyawan ini memang diperuntukkan bagi orang-orang yang bekerja sekaligus ingin menempuh pendidikan tinggi. Biasanya, waktunya lebih fleksibel atau di luar jam kerja kantor seperti sore atau malam hari. Beberapa kelas juga ada yang hanya melakukan perkuliahan pada waktu Sabtu dan Minggu.

Beberapa universitas bahkan menyediakan kelas online yang membuat karyawan akan lebih mudah mengatur waktu karena jam yang fleksibel. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir adanya tabrakan jam antara waktu kuliah dengan waktu kerja.

8. Selalu Komitmen

Ada masanya Anda akan merasa lelah saat kuliah sambil bekerja. Namun, bukan masalah asalkan Anda memiliki komitmen yang tinggi. Jangan sampai Anda akan mengabaikan salah satunya karena terlalu menikmati pekerjaan atau kuliah saja. Tetaplah berkeinginan kuat untuk berpenghasilan sendiri hingga meraih gelar sarjana.

Setelah menyimak tips kuliah sambil kerja di atas, apakah Anda masih siap untuk berkorban tenaga dan waktu untuk mendapatkan keduanya? Pastinya, kuliah sambil kerja buka hal mudah untuk dilakukan. Namun, tidak mustahil, jika Anda melakukan tips-tips di atas. Selamat mencoba! 

Previous articleContoh Proposal Singkat Terbaru