LinkedIn

Bagi anda yang baru saja lulus sekolah maupun kuliah, pastinya sudah ada bayangan ingin mencari pekerjaan sesuai dengan studi yang baru saja mereka tempuh. Dalam fase ini, maka semua orang bakalan di tuntut untuk mencari pekerjaan sesuai dengan pendidikan maupun kemampuan mereka agar nantinya lebih mudah dalam beradaptasi

Linkedin menjadi salah satu platform yang mungkin anda butuhkan untuk β€˜menjembatani’ karir dan juga skill yang sudah anda miliki. Mungkin nama dari Linkedin ini sudah banyak orang yang tahu, namun belum paham betul mengenai layanan dari platform tersebut. Nah agar anda semakin paham, berikut silahkan anda simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

A. Pengertian Linkedin

Linkedin adalah sebuah jejaring sosial yang mana mereka lebih berorientasi pada bisnis dan jaringan professional. Berbeda dengan Instagram dkk, Linkedin ini lebih banyak digunakan untuk menunjukkan kemampuan serta pengalaman dari seseorang pemilik akun, baik mereka yang pengusaha, karyawan, dosen, bahkan para mahasiswa.

Dengan adanya Linkedin ini, maka akan memudahkan pengguna dalam membuat sebuah profil professional dengan menambahkan (Curiculum Vitae) foto, pendidikan, bahkan sampai pengalaman maupun keahlian lain yang sekiranya penting untuk ditampilkan.

B. Sejarah Linkedin

Pertama kalinya Linkedin ini muncul dilakukan oleh Reid Hoffman di tahun 2002 lalu melalui ruang tamunya, dan ditahun 2003 tepatnya pada bulan Mei layanan ini meluncur secara resmi ke public.

Jeff Weiner yang menjadi CEO Linkedin saat ini dan memiliki manajamen yang terdiri dari para eksekutif berpengalaman dari berbagai perusahaan besar seperti Microsoft, Yahoo. Google, hingga Paypal, kini telah terdiversifikasi dengan mendapatkan sumber pendapatan mereka berasal dari iklan, solusi perekrutan, maupun langganan keanggotaan.

Lalu pada tahun 2016 lalu, perusahaan Microsoft secara resmi telah mengakuisis Linkedin sepenuhnya dan menggabungkan layanan Cloud Profesional yang mereka miliki. Dan sampai pada akhir tahun 2020 kemarin, tercatat jika Linkedin telah mendapatkan lebih dari 722 pengguna di lebih dari 200 negara di seluruh dunia.

Dengan semakin meningkatnya pertumbuhan dari pengguna, maka peluang untuk mendapatkan kesempatan berkarir menggunakan akun Linkedin ini pun semakin terbuka lebar. Hal ini dikarenakan tak jarang banyak perusahaan besar yang mencari atau melihat kandidat calon karyawan mereka dari akun Linkedin tersebut

Namun untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, maka seseorang tidak hanya sekedar memiliki akun Linkedin saja, namun tetap harus memiliki kemampuan dan pengalaman yang dibutuhkan agar bisa menarik para rekrutmen perusahaan.

C. Fitur Utama Linkedin

Bagi anda yang masih belum kenal betul dengan Linkedin ini, ada 5 fitur utama yang perlu anda ketahui untuk memudahkan dalam penggunaanya. Berikut ke-lima fitur yang dimaksud tersebut :

1. Berbagi Postingan

Dengan Linkedin ini, maka anda bisa saling berbagi postingan seperti yang biasa dilakukan dalam sosial media pada umumnya. Didalam Linkedin ini memiliki untuk melakukan posting yang bisa anda gunakan untuk membuat postingan sendiri atau membagikan postingan dari pengguna lain.

Tidak hanya sekedar tulisan saja, tapi anda juga berbagi postingan berupa foto, video, maupun sebuah acara komplit beserta waktunya. Jika anda ingin menulis sebuah artikel pun juga bisa, nanti akan disediakan form untuk meletakkan judul artikel, foto, video, kutipan, dan masih banyak lagi.

2. Temukan Pekerjaan

Didalam Linkedin ini terdapat fitur bernama Pekerjaan, dengan menggunakan layanan ini maka anda bisa mencari pekerjaan yang mungkin anda dambakan. Anda cukup menulis posisi sesuai dengan keinginan dan keahlian anda, komplit beserta dengan kota atau daerah yang anda inginkan.

Linkedin ini memiliki sebuah algoritma yang mana akan memberikan rekomendasi pekerjaan dari perusahaan yang cocok sesuai dengan data yang anda tuliskan para profil. Jika dibutuhkan, anda bisa menggunakan akun Premium sehingga akan menonjolkan profil anda kepada para pencari kerja dari berbagai perusahaan nanti.

3. Akun Premium

Seperti akun premium yang ada didalam Linkedin ini? dengan akun premium biasanya digunakan untuk berbagai kebutuhan pengguna, seperti bisnis, karir, penjualan, maupun perekrutan. Dan bagi anda yang mau mendapat jaringan yang lebih luas, maka anda bisa memilih akun berlangganan untuk karir.

Keuntungan memakai akun premium Linkedin ini, anda bisa mendapatkan layanan pesan langsung kepada perekrut, penjelajahan rahasia, informasi pelamar, pelamar unggulan, siapa yang melihat profil anda, dan juga kursus video online.

4. Terintegrasi dengan Jaringan

Pada saat anda menggunakan Linkedin, nantinya anda bisa menghubungkan akun dengan para pengguna lain yang mungkin memiliki pengalaman, pekerjaan, atau bahkan minat yang sama. Sepintas, fitur yang dimiliki oleh Linkedin ini mirip dengan fitur pertemanan di sosial media pada umumnya, yang membedakan jaringan pada Linkedin ini  sesuai dengan minat atau passion anda.

Selain itu, anda juga bisa mengikuti para tokoh sukses, CEO, maupun para Founder dari Startup maupun Unicorn yang terdaftar di Linkedin, sehingga bisa menjadikan mereka motivasi atau bahkan jika anda memiliki kemampuan menarik, siapa tahu bisa di rekrut oleh mereka menjadi karyawannya.

5. Pesan Instan

Linkedin menghadirkan sebuah fitur baru didalam layanannya, yakni berupa fitur pesan instant yang bisa digunakan oleh para pemilik akun untuk saling mengirim pesan. Dengan adanya fitur ini, maka memungkinkan pengguna bisa saling terhubung dengan orang lain.

Dalam layanan pesan instant ini, Linkedin menawarkan fitur seperti menambahkan gambar, animasi Gif, emoji, maupun file untuk menambah keseruan nanti. Selain itu, anda juga bisa melakukan video call dengan pesan instant ini atau melakukan meeting online dengan layanan Microsoft teams, Zoom, maupun Bluejeans.

D. Kelebihan Linkedin

1. Bisa Membuat Profil Profesional

Tak bisa dipungkiri, dengan adanya Linkedin ini memungkinkan anda bisa memiliki profil professional yang mudah. Segala informasi yang ada kaitanya dengan skill maupun pengalaman anda bisa di tampilkan secara lengkapi di Linkedin layaknya sebuah Curiculum Vitae, pastinya tampilan profil anda bakalan sangat menarik untuk dilihat sehingga bisa menjadi nilai plus tersendiri nantinya.

2. Bisa Mamerkan Keahlian Maupun Pengalaman

Layaknya sosial media pada umumnya, dengan Linkedin ini anda bisa menunjukkan tentang pengalaman, skill, maupun gelar yang anda miliki. Dengan menunjukkannya di Linkedin, maka secara tidak langsung anda menunjukkan jika anda seorang professional di bidangnya. Selain itu anda juga bisa berbagi informasi kepada para pengguna lain bertanya tentang skill yang anda kuasai.

3. Memperluas Jaringan

Dengan menggunakan Linkedin ini, maka bisa membuat jaringan maupun lingkup pertemanan anda pun semakin luas, pastinya dengan minat pekerjaan yang sama. Seperti yang disebutkan di atas tadi, Linkedin ini memiliki algoritma yang memungkinkannya untuk memberikan rekomendasi jaringan hingga perusahaan yang sesuai dengan keahlian anda.

4. Membuka Kesempatan Bekerja

Dengan semakin banyak skill maupun pengalaman yang anda miliki, tentu bakal semakin memperluas kesempatan anda untuk bisa di sebuah perusahaan impian. Tak sedikit para perekrut maupun eksekutif perusahaan memakai Linkedin ini untuk mencari portofolio calon pegawai secara online. Dengan memiliki portofolio menarik, maka kesempatan profil anda di buka oleh perusahaan itu pun makin besar.

E. Kekurangan Linkedin

1. Punya Banyak SPAM

Saat anda memutuskan untuk memakai Linkedin, maka anda juga harus siap mendapatkan berbagai email spam yang mungkin tidak begitu berguna. Untuk itu, anda juga harus meluangkan waktu untuk menghapusnya agar pesan penting yng anda miliki di email tidak tertindih.

2. Dibutuhkan Waktu Awal yang Besar

Perlu anda ketahui, jika tidak semua professional bisnis ini aktif di Linkedin. Pada saat anda memutuskan awal kali bergabung, maka membutuhkan waktu untuk membuat koneksi dan hal ini bakal menghabiskan banyak waktu. Maka dari itu, selain membuat portofolio menarik di Linkedin, anda juga perlu mencari lowongan pekerjaan dengan cara lain, tidak sekedar menunggu di Linkedin.

3. Interaksi yang Agak Terbatas Dibandingkan Sosial Media Lain

Jika anda sudah terbiasa menggunakan sosial media seperti Twitter, Instagram, maupun Facebook, maka akan sedikit terkejut ketika menggunakan Linkedin. Laynan mereka berikan cukup terbatas, dimana anda akan lebih banyak waktu untuk memperbaiki profil dibandingkan membuat komentar, membuat postingan, maupun metode interaksi lain.

Cukup sekian dulu pembahasan yang bisa dibagikan kepada anda semuanya mengenai pengertian, fitur utama hingga kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh layanan Linkedin, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.