Pengertian Shared Hosting Adalah Definisi Arti Contoh Website Harga, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

Supaya bisa tersambung dengan internet dan bisa diakses oleh banyak orang, maka server web hosting akan dikelola pada ruang penyimpanan data yakni data center. Meski bisa menggunakan PC untuk server menyimpan data, akan tetapi akan sulit untuk dikelola sehingga jarang dilakukan. Biasanya, pemilik website akan memakai layanan penyedia hosting unlimited murah yang sekarang ini sudah disediakan di internet.

Shared hosting merupakan set layanan atau aktivitas menyimpan informasi pada sebuah website sampai nantinya akan ditampilkan saat akan diakses. Shared hosting merupakan layanan hosting yakni server yang dipakai oleh banyak pengguna dalam waktu bersamaan. Pengguna layanan shaed hosting nantinya akan saling berbagi resource dan juga kapasitas server secara bersamaan. User sendiri juga hanya mempunyai hak akses yang terbatas ke server serta setting server yang sudah ditentukan pengelola server.

A. Pengertian Shared Hosting

Shared hosting merupakan server yang terhubung dengan internet dan dipakai oleh user hosting secara bersama sama. Pada sebuah web hosting nantinya akan dihuni oleh banyak member dari domain. Dengan memilih shared hosring yang tepat, maka nantinya bisa lebih menghemat biaya dan juga tidak memerlukan sumber daya yang besar. Akan tetapi jika sudah berkembang semakin besar, maka sebaiknya layanan corporate hosting atau layanan VPS hosting dipakai agar bisa memperoleh sumber daya yang semakin besar.

Shared hosting banyak digunakan user domain sehingga juga akan berpengaruh pada sumber daya. Penggunaan dari user lain nantinya bisa menyebabkan down akan sering terjadi. Shared hosting sendiri umumnya terdiri dari 2 pilihan, yakni:

  • Shared limited: Merupakan paket hosting yang punya batasan ruang hardisk serta sumber daya bandwidth.
  • Shared unlimited: Paket hosting yang punya batasan ruang hardisk namun tidak punya batasan bandwidth.

B. Harga, Skala dan Fitur Shared Hosting

Dari segi harga, umumnya akan ada banyak diskon sehingga dari segi harga lebih terjangkau dibandingkan web hosting lainnya. Anda juga bisa memakai shared hosting ini sepanjang tahun yang tentunya akan memberi banyak keuntungan.

Sedangkan dari segi skala, ada banyak paket domain hosting yang nantinya bisa anda temukan. Berbagai paket tersebut nantinya bisa memberi banyak kebutuhan seperti ada banyak fitur. Namun jika ingin memakai fitur yang lebih lengkap, maka anda harus membayar lebih tinggi supaya fitur yang anda peroleh lengkap.

Namun sebenarnya, hanya dengan menggunakan paket minimum saja sudah memungkinkan anda untuk mengupgrade situs dan memperoleh banyak manfaat dari shared hosting ini. Akan ada banyak fitur fungsional yang nantinya bisa anda pakai seperti blog, forum, calendar, obrolan dan masih banyak lagi.

C. Keuntungan dan Kerugian Memakai Shared Web Hosting

Sama seperti layanan hosting lainnya, shared hosting juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus dipertimbangkan, seperti:

1. Keuntungan Memakai Shared Hosting

a). Biayanya Lebih Murah

Jika dibandingkan dengan jenis hosting lain, shared hosting menjadi pilihan termurah yang bisa anda pakai karena semua server pengguna akan saling berbagi ruang dan juga sumber daya dengan pengguna server lainnya. Biasanya, pengelolaan shared hosting akan sepenuhnya dipegang penyedia layanan hosting.

Untuk itu, anda tidak perlu khawatir tentang semua yang berhubungan dengan layanan hosting dan hanya perlu mengelola situs saja. Karena anda akan lebih fokus dalam mengelola situs, maka anda sebagai pengguna bisa menghemat waktu sebab tidak perlu disibukkan untuk mengurus kinerja server sekaligus menghemat biaya.

b). Pengunaan yang Lebih Mudah

Pada layanan shared hosting, anda sebagai pengguna nantinya akan dimudakan sebab operasional server akan dilakukan sepenuhnya oleh penyedia layanan. Untuk itu jika anda masih pemula dan belum paham tentang pemrograman tetap bisa mengelola situs atau blog dengan baik.

Akan tetapi jika blog atau web anda sudah memiliki jangkauan yang semakin luas serta pengunjung yang bertambah banyak, maka anda harus mengganti layanan hosting ke dedicated web server atau VPS. Ini penting dilakukan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan web yang semakin besar dan pengunjung yang lebih banyak lebih sesuai dengan layanan hosting yang lain. Apabila anda masih memakai shared hosting, maka situs yang anda miliki bisa error atau down time karena dampak dari situs lainyya.

c). Administrasi Serta Pemeliharaan Server yang Mudah

Shared hosting memang sangat sesuatu digunakan untuk pemula. Dengan memakai shared hosting, maka anda bisa lebih fokus untuk belajar tentang website atau blog yang sedang anda bangun. Meski begitu, shared hosting hanya bersifat sementara dan anda harus segera mengganti layanan ketika traffic pengunjung bertambah. Untuk administrasi serta epmeliharaan server tidak perlu dipikirkan karena seluruhnya sudah diurus pihak penyedia layaanan hosting.

d). Sesuai Untuk Website dan Blog Berskala Kecil

Shared hosting sangat sesuai digunakan untuk website dan blog berskala kecil karena memang sangat terjangkau untuk menghemat anggaran. Selain itu, shared hosting juga akan memudahkan para pengguna karena sudah punya akses control panel dan anda bisa menggunakan berbagai fitur yang sudah disediakan.

2. Kerugian Memakai Shared Hosting

a). Area Kontrol Server yang Terbatas

Anda sebagai pengguna shared hosting biasanya hanya punya ruang yang sedikit berhubungan akses ke server sehingga kontrol juga semakin terbatas. Ini terjadi sebab kepemilikan akses penuh hanya milik administrator penyedia layanan hosting.

b). Dari Segi Keamanan Kurang Baik

Karena shared hosting memiliki ruang luas di dalam 1 server, maka akan lebih rentan dalam penyalahgunaan akses dan fitur lain yang sensitif. Dengan begitu, akan ada banyak masalah di server dan bahkan semakin rentan dalam urusan keamanan.

c). Penggunaan Software Lain yang Terbatas

Menggunakan shared hosting juga membuat anda tidak bisa mengakses ketika mengakses atau menjalankan software lain selain yang sudah ditawarkan penyedia layanan hosting.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.