Pengertian HTTPS Adalah Contoh Website Blog Kelebihan, Kekurangan, Cara Instal, Fungsi dan Cara Kerja

Di dalam dunia digital, terdapat istilah protokol internet yang penting untuk menambah keamanan website serta blog. Protokol internet sendiri terbagi menjadi dua yakni HTTP dan juga HTTPS. Untuk HTTP tidak memakai SSL, sementara untuk HTTPS memakai SSL. Agar lebih jelas, berikut kami berikan ulasan mengenai pengertian dari HTTPS protokol lengkap dengan fungsi dan lainnya.

A. Pengertian HTTPS

HTTPS adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure yakni sebuah protokol komunikasi pada jaringan internet. Bisa diartikan, HTTPS merupakan bentuk protokol internet paling valid serta aman untuk melindungi integritas dan juga kerahasiaan situs serta komputer pengguna.

Dengan HTTPS, maka nantinya data yang akan dikirimkan ke website pengunjung bisa dipastikan aman dan tidak disadap. Selain itu, dengan memakai HTTPS protokol, maka orang lain juga akan kesulitan ketika ingin membajak isi dari dokumen atau data yang dikirim ke website pengunjung. Ini mengartikan jika apa yang anda peroleh dari suatu website kemungkinan tidak bisa dibajak atau dicuri orang lain.

B. Pentingnya Blog dan Website Memakai HTTPS

Untuk sebuah blog dan juga website, pemakaian HTTPS ini bisa dikatakan sangat penting. Berikut akan kami jelaskan beberapa diantaranya.

Dalam sebuah blog dan website, HTTPS bisa dikatakan penting namun juga bisa dikatakan tidak:

1. Bisa Memberikan Pengalaman Lebih Baik Untuk Pengguna

Pentingnya HTTPS yang pertama untuk sebuah blog adalah karena bisa memberikan pengalaman yang lebih baik untuk pengguna dalam urusan valid informasi yang dibaca.

2. Menunjukkan Integritas Website

Manfaat lain dari HTTPS untuk blog adalah untuk menunjukkan integritas dari website yang anda miliki. Ini akan menjelaskan seberapa pedulinya anda dalam melindungi lalu lintas internet pengunjung. Akan tetapi, ini tidak lantas mengartikan jika blog atau website yang tidak memakai HTTPS juga tidak mementingkan hal tersebut.

C. Alasan HTTPS Tidak Penting Untuk Blog

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, HTTPS tidak selamanya penting untuk blog dan website karena beberapa faktor, seperti:

1. Berhubungan Dengan Hacker

HTTPS bisa dikatakan tidak penting untuk sebuah blog atau website sebab cukup jarang ada hacker yang mengubah data atau informasi di dalam sebuah blog atau website kecuali jika informasi tersebut memang sangat penting. Untuk web personal yang di isi dengan konten tidak begitu penting maka https tidak wajib untuk digunakan.

2. Tidak Mengubah atau Merusak Data

Alasan lain mengapa HTTPS tidak terlalu penting untuk blog dan website adalah karena umumnya hacker tidak mengubah atau merusak data yang terdapat di dalam sebuah blog. Ini disebabkan karena tidak akan ada keuntungan yang bisa mereka dapatkan.

D. Jenis Website yang Memakai HTTPS Protokol

Apabila blog sebetulnya tidak diharuskan untuk memakai HTTPS protokol, namun disisi yang berbeda HTTPS juga menjadi hal yang wajib untuk beberapa jenis website, seperti:

1. Toko Online

Supaya bisa masuk ke toko online, maka anda diharuskan untuk melakukan login serta informasi mengenai kartu kredit supaya bisa membeli berbagai produk yang terdapat di dalam toko online tersebut. Untuk itu, supaya tidak terjadi pencurian data, maka toko online diwajibkan untuk memakai protokol HTTPS.

2. Situs atau Website Perusahaan

Di dalam sebuah situs perusahaan, umumnya ada banyak informasi penting yang tersimpan berhubungan dengan perusahaan itu sendiri. Terkadang, perusahaan juga banyak menyimpan data kantor dan yang lainnya sehingga sangat disarankan supaya situs perusahaan bisa memakai protokol HTTPS tersebut.

3. Situs atau Website Milik Pemerintah

Sama seperti situs perusahaan, situs milik pemerintahan juga diwajibkan untuk memakai HTTPS sebab akan ada banyak data serta informasi yang harus dilindungi.

E. Tahapan Cara Kerja HTTPS

Jika dilihat secara menyeluruh, cara kerja dari HTTPS ini akan melewati sebanyak 3 tahapan, yakni:

1. Enkripsi

Enkripsi dilakukan untuk menjaga keamanan ketika proses pertukaran data terjadi. Nantinya, hacker tidak akan bisa melihat isi dari data, melakukan pelacakan aktivitas pengguna dan sebagainya. Pada tahap ini, data akan diubah menjadi kode acak yang tidak terbaca.

2. Integritas Informasi Data

Integritas informasi data berguna untuk memberikan kedekatan atau keintiman informasi atau data. Selama perjalanan yang terjadi dari server ke komputer atau mobile pengguna, maka informasi tersebut akan dilindungi secara aman.

Untuk itu ketika anda memasukkan data penting ke dalam sebuah website, maka aktivitas tersebut tidak akan dideteksi, diubah atau dirusak para hacker. Contohnya, anda akan memasukkan password untuk akun sosial media, maka hacker tidak akan mengetahui kapan anda memasukkan password. Meski hacker mengetahuinya, namun data tidak bisa dirusak dan diubah.

3. Autentikasi

Di tahap autentikasi, server akan memeriksa jika anda memang merupakan penerima yang tepat. Sebelum nantinya data sampai ke tangan pengguna, maka server secara otomatis akan menyelidiki serta membuktikan apakah anda memang pemilik informasi tersebut. Jika memang anda pemiliknya, maka informasi nantinya akan disampaikan. Namun ketika server mendeteksi data bukan milik anda atau tidak valid, maka informasi tidak akan disampaikan atau error.

Fungsi HTTPS ini nantinya akan memberikan perlindungan dari serangan MITM [Man In the Middle] atau orang yang ada di tengah ketika perjalanan data untuk menyerang data.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.