Apakah PWA Berpengaruh Pada SEO

Jika beberapa tahun akses website lewat perangkat komputer, saat ini tentu sudah terbiasa secara mobile. Meskipun berbeda perangkat, yang diinginkan tetaplah sama yakni loading website yang cepat. Demi memenuhi kebutuhan pengunjung, kini pengelola website menggunakan PWA. Memang pengaruh PWA terhadap kecepatan website sangat signifikan, ya?

Untuk bisa menjawab pengaruh PWA, Anda tentu harus paham terlebih dulu apa sih PWA itu.

Secara mudahnya, PWA (Progressive Web Apps) adalah aplikasi yang dibuat melalui optimasi website. Sehingga website yang menggunakan PWA akan loading lebih cepat dan berpenampilan layaknya aplikasi mobile. Beberapa website yang memakai PWA seperti Pinterest, Trivago, Forbes hingga Twitter. Dengan PWA, kunjungan website terutama dari akses mobile makin tinggi.

Manfaat dan Pengaruh PWA

Pada dasarnya kemunculan PWA ini memang didorong oleh meningkatnya penggunaan internet di perangkat mobile yang membuat manfaat dan pengaruh PWA makin besar. Apakah berimbas ke SEO? Intip ulasannya:

1. Biaya Produksi Lebih Hemat

Kalau menurut Anda menggunakan PWA pada website itu mahal, maka salah besar. Mengembangkan PWA justru membutuhkan biaya produksi lebih terjangkau. Anda bahkan tak perlu repot-repot merilis aplikasi website di AppStore atau PlayStore dan membayar biaya pendaftaran. Karena website bisnis sudah dilengkapi PWA.

2. Bisa Diakses di Manapun

Ketika sebuah website sudah terpasang  PWA, maka tampilannya tentu sama di berbagai perangkat dan langsung menyesuaikan dengan ukuran layar. Bahkan website tetap bisa menjalankan fungsinya sekalipun dipakai di iOS, Android hingga Windows. Dengan fakta bahwa 94% pengguna internet Indonesia memakai perangkat mobile, keberadaan PWA jelas penting.

3. Performa Website Meningkat

Dan inilah salah satu manfaat yang jadi bukti pengaruh PWA pada SEO. Seperti yang diketahui, jika ingin website ada di posisi teratas mesin pencarian, haruslah memaksimalkan SEO. Namun mesin pencari seperti Google juga mempertimbangkan kemampuan adaptasi website pada berbagai perangkat. 

Dan PWA di sini muncul membuat website nyaman saat diakses mobile, sehingga membuat performa website meningkat.  Jika kinerja website makin baik, tentu membuat pengelola makin semangat menerapkan SEO.

4. Jalan Tanpa Internet

Tak banyak yang sadar kalau website yang terpasang PWA ternyata bisa tetap berjalan sekaligus jaringan internet terputus. Kenapa begitu? Karena konten terakhir yang terlihat sebelum koneksi internet hilang sudah tersimpan pada cache berkat PWA. Kondisi ini tentu sangat berpengaruh pada website bisnis online.

5. Aman dan Nyaman

Tak seperti aplikasi mobile pada umumnya yang harus update manual, siapapun tak perlu repot saa memakai PWA karena update otomatis. Tak itu saja, PWA juga berfungsi mengelola cache website secara efisien sehingga tak membebani kinerja perangkat dan bandwith ringan. Belum lagi penggunaan protokol jaringan HTTPS, menjadikan website dengan PWA aman diakses.

Tak Cuma PWA, Website Juga Butuh Hosting Berkualitas

Makin nyaman, makin aman dan makin cepat tentu sederet alasan kenapa banyak website memasang PWA. Karena bagaimanapun juga, kualitas website masihlah dilihat dari kecepatan loading. Namun tahukah Anda kalau ternyata hosting juga memberikan pengaruh? Yap, dengan layanan hosting yang memakai kualitas server terbaik, website Anda akan berjalan lancar.

Dari banyaknya list hosting terbaik indonesia, Niagahoster muncul sebagai salah satu penyedia layanan hosting berkualitas. Tak cuma sekadar menawarkan harga hosting terjangkau dan kompetitif, Niagahoster menyadari jika pengaruh PWA bisa berjalan maksimal jika didukung hosting profesional sehingga dapat meningkatkan faktor-faktor SEO website.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.



Previous articlePengertian Ubuntu : Sejarah, Jenis, Download Gratis, Kelebihan dan Kekurangan
Next article11 Macam-Macam Distro Linux Terpopuler