Cara Mencari Jurnal Internasional

Jurnal merupakan artikel akademis yang disusun penulis jurnal dalam jurnal ketika akan membahas ilmu tertentu. Jurnal adalah sebuah referensi kuat yang dibutuhkan untuk membuat tesis atau skripsi. Ini disebabkan karena jurnal berbeda dengan menyatakan pendapat sebab dalam jurnal terdapat beberapa bab yang menjelaskan masalah serta bukti dari pernyataan tersebut. Namun sayangnya, masih banyak orang yang bingung ketika harus mencari jurnal internasional. Jika hal ini juga anda alami, berikut kami akan jelaskan beberapa cara mencari jurnal internasional yang bisa anda lakukan.

1. Cari di Layanan Jurnal Partner Universitas

Cara mencari jurnal internasional pertama yang bisa anda lakukan adalah mencari pada layanan partner universitas. Umumnya, semua universitas punya partner pada sebuah website jurnal yang berbayar. Fasilitas ini bisa dimanfaatkan secara gratis. Jika masih bingung cara untuk mengaksesnya, maka bisa ditanyakan pada pihak kampus yang mengatasi masalah ini seperti contohnya pada bagian akademik.

2. Cari Pada IEEE

Jika memang kampus tidak menyediakan fasilitas website jurnal namun anda memiliki budget yang cukup, maka bisa mencoba berlangganan pada website IEEE. IEEE merupakan singkatan dari The Institute of Electrical and Electronics Engineers yakni salah satu website yang menyediakan jurnal terbesar sekarang ini.

Jurnal yang sudah masuk ke IEEE ini berkualitas sehingga cukup populer untuk para penulis jurnal. Namun untuk bisa masuk ke website ini, maka anda harus berlangganan lebih dulu dengan harga yang lumayan akan tetap isinya amat bermanfaat.

3. Cari Memakai Mesin Pencari Citeseerx

Citeseerx merupakan mesin pencari khusus jurnal online. Dengan menggunakan Citesserx ini, anda bisa mencari jurnal internasional yang sesuai dengan kata kunci yang anda ketik. Selain itu, pemakaiannya juga sangat mudah namun tidak up to date seperti pada IEEE. Anda bisa menggunakan mesin pencari Citeseerx ini secara gratis serta bisa langsung mengunduh file yang diinginkan.

4. Cari Pada Science Direct

Science Direct merupakan website yang menyediakan jurnal internasional seperti IEEE. Koleksi jurnal pada Science Direct ini lumayan banyak meski memang tidak sebanyak IEEE. Disini, anda bisa menemukan banyak jurnal secara gratis namun ada juga yang berbayar.

Jika jurnal internasional yang anda pilih berbayar, maka anda bisa membayarnya secara online. Jika dilihat dari data jurnal, Science Direct ini memiliki koleksi jurnal internasional yang up to date.

5. Gunakan Google Scholar

Google adalah mesin pencari terbesar di dunia dan punya salah satu produk yakni Google Scholar yakni mesin pencari khusus literatur, tulisan akademis termasuk jurnal serta artikel. Sementara untuk pemakaiannya sama seperti Google yang biasanya. Google Scholar ini juga bisa anda akses secara gratis sehingga sudah menjadi terkenal diantara kalangan pencari jurnal secara online.

6. DOAJ

DOAJ merupakan singkatan dari Directory of Open Access Journals yakni situs yang berisi direktori jurnal serta artikel ilmiah dengan akses terbuka atau open source dari seluruh dunia. DOAJ ini secara resmi diluncurkan pada tahun 2003 dan sampai sekarang sudah ada lebih dari 11 ribu jurnal di 127 negara serta ada lebih dari 3 juta artikel yang tersimpan dalam situs ini dan bisa anda akses.

7. Microsoft Academic

Ini adalah sebuah situs yang memberikan akses jurnal ilmiah dan menyediakan data jurnal berbahasa Indonesia serta berbahasa Inggris. Nantinya anda bisa mengetikkan kata kunci di kotak yang sudah disediakan.

Sistem pencarian pada situs ini juga bisa memperkecil pencarian seperti Date Range untuk tahun terbitnya, Author untuk subyek program studi yang anda jalani, Journal untuk sumber jurnal seperti pada menu Affiliation.

8. Academia.edu

Academia.edu merupakan situs yang sudah sangat terkenal untuk akademisi seperti dosen, mahasiswa serta peneliti. Situs ini lebih dikenal dengan jejaring sosialnya para akademisi untuk saling berbagi hasil penelitian yang sudah dilakukan, follow atau mengikuti yang punya bidang penelitian sama seperti anda serta media publikasi karya ilmiah yang sudah selesai. Jika anda ingin memperoleh jurnal internasional dalam situs ini, maka anda juga harus punya akun dengan cara mendaftar serta sikronisasi memakai akun Google yang anda miliki atau juga bisa Facebook.

9. Research Gate

Research Gate hampir serupa dengan Academia yakni platform media sosial tempat berkumpulnya para peneliti sebab dalam situs ini ada forum diskusi dan diisi dengan banyak peneliti seluruh dunia. Anda bisa memakai situs ini untuk mencari referensi jurnal internasional jenjang pendidikan S1 serta S2. Website ini juga memiliki tampilan yang ringan bahkan lebih ringan dari Academia. Namun pada website ini, jurnal publikasinya tidak terlalu terbuka karena beberapa publikasi butuh izin pemilik ketika ingin digunakan.

10. Jurnal Sains dan Teknolgi

Ini juga menjadi solusi terbaik jika anda sedang mencari jurnal internasional bidang sains serta teknologi. Disini, anda bisa menemukan banyak situs jurnal berbasis Open Journal System seperti Bioteknologi & Biosains, Teknologi Lingkungan, Pengkajian Industri, Modifikasi Cuaca, Sains & Teknologi, Teknologi Maritim dan masih banyak lagi.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.