9 Cara Mendidik Anak Islami Yang Benar

Jagad.idCara Mendidik Anak Islami – Jika anak Anda tumbuh dan Anda khawatir tentang pendidikan Islami mereka dan tantangan yang terlibat, kami sangat memahami betapa pentingnya menanamkan nilai-nilai islami kepada mereka.

Anak-anak di usia yang sedang tumbuh berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai budaya dan agama, dan cukup sulit untuk membuat mereka tetap dekat dengan budaya dan agama Anda. Namun, dengan menggunakan metode yang sesuai dan mempelajari cara mengajar anak-anak tentang Islam untuk melibatkan anak-anak Anda dalam kegiatan keagamaan, Anda dapat membuat mereka dekat dengan Allah dan belajar tentang agama tersebut.

Berikut adalah beberapa tip untuk Anda tentang cara mengajar anak-anak tentang Islam tanpa terlihat seperti tugas.

Cara Mendidik Anak Islami Yang Benar

Mari kita buat pengajaran Islam kepada balita menjadi sederhana dan menyenangkan dengan membuang cara mendidik untuk anak yang islami yang formal dan memilih metode non-konvensional. Ingatlah ini saat Anda mencari cara untuk mengajarkan pelajaran Islam di rumah kepada anak-anak.

Dekatkan dengan Allah

Langkah terpenting untuk mengajarkan Al-Qur’an kepada anak-anak Anda adalah membangun hubungan yang kuat dengan Allah. Beri tahu anak-anak Anda sesering mungkin tentang betapa penyayang dan pengasih Allah itu dan betapa Dia mencintai anak-anak.

Beri tahu mereka tentang semua nikmat Allah dan bagaimana Dia telah menciptakan alam semesta untuk umat manusia. Dengan cara mendidik anak Islami ini, Anda dapat membuat ikatan anak-anak Anda dengan Allah lebih baik dan menarik mereka untuk belajar lebih banyak tentang Islam.

Ceritakan Tentang Sahabat Nabi

Anak-anak biasanya belajar paling banyak melalui motivasi. Seperti, ketika Anda memberi tahu mereka bahwa beberapa sepupu mereka mendapat nilai tertinggi di kelasnya, mereka juga cenderung mencoba yang terbaik untuk mencapai yang baik di lain waktu. Demikian pula, Anda dapat memberi tahu anak-anak Anda tentang sahabat muda yang bergabung dengan Nabi ﷺ dalam perjalanan Islamnya.

Beberapa sahabat Nabi ﷺ antara lain Ali bin Abi Thalib yang baru berusia 10 tahun ketika memeluk Islam, Uqba bin Amir yang berusia 14 tahun, serta Jabir bin Abdullah dan Zayd bin Harise yang berusia 15 tahun. Hal ini akan memotivasi mereka termasuk orang-orang yang memulai perjalanannya di jalan Islam pada usia muda.

Jadikan Itu Menyenangkan

Semakin Anda melibatkan anak-anak Anda dalam kegiatan dan membuatnya menyenangkan, semakin mereka bersemangat mempelajari agama Allah. Ini bukan hanya untuk pelajaran Islam, tetapi juga sangat dianjurkan untuk mengajarkan hafalan Quran untuk anak-anak dengan cara yang menyenangkan dan menggunakan metode pengajaran yang berbeda sepanjang perjalanan.

Lakukan Apa yang Anda Doakan

Yang sering kita lupakan adalah bahwa anak-anak lebih banyak mengikuti apa yang mereka lihat daripada apa yang diperintahkan. Jika Anda menyuruh anak Anda untuk sholat 5 waktu, tetapi Anda sendiri tidak melakukannya, tidak mengherankan jika dia melakukan hal yang sama. Juga, jika Anda mengajari anak perempuan Anda untuk mengamati Hijab, Anda juga harus melakukannya sendiri. Jadilah contoh ajaran Al-Qur’an sendiri karena itu adalah cara mendidik anak Islami terbaik untuk mengajari anak-anak.

Ajari Mereka Doa

Berdoa adalah bagian penting dari Islam dan senjata ampuh bagi orang beriman sejati, dan banyak anak tidak menyadari pentingnya Doa sampai di kemudian hari. Apa yang bisa lebih baik daripada menanamkan kebiasaan berdoa pada mereka sejak usia dini?

Ajari anak-anak Anda untuk terus-menerus meminta kepada Allah dan berdoa dan membantu mereka menghafal doa dalam kehidupan sehari-hari, seperti doa untuk bepergian, doa sebelum makan, dan doa sebelum tidur.

Dapatkan Sajadah Khusus

Penting ketika mempelajari cara mengajar anak-anak tentang Islam untuk memahami bahwa anak-anak biasanya mencari penjelasan logis untuk setiap tindakan yang Anda harapkan dari mereka atau dengan menjadikan belajar Islam untuk anak sebagai kegiatan yang menyenangkan.

Bangun minat anak Anda pada Shalat dengan membelikan mereka sajadah khusus yang ingin mereka gunakan. Memiliki sajadah untuk mereka menunjukkan bahwa mereka cukup besar untuk memiliki barang sendiri dan bertanggung jawab untuk berdoa dengan benar. Anda juga dapat mengatur tempat sholat terpisah untuk anak-anak dan juga memiliki Al-Qur’an beserta sajadahnya.

Beli Buku Islam Anak

Selain menawarkan mushola dan sajadah pribadi, buku-buku Islami anak-anak juga sangat membantu dalam mencari cara mendidik anak Islami. Buku-buku ini hadir dengan ilustrasi dan desain lucu untuk menarik minat anak Anda. Biarkan mereka menjelajahi buku dan mengajar sambil menikmati melihat anak-anak bergambar di buku belajar sama.

Kirim Mereka ke Masjid

Sementara banyak tempat tidak menghargai anak-anak di Masjid, Islam menghargainya. Ini memungkinkan anak-anak untuk belajar disiplin dan berdoa seperti orang lain. Berinteraksi dengan anak lain yang seusia dan bertukar pikiran juga menambah khazanah ilmu keislaman bagi anak.

Jurnal

Buat jadwal untuk anak-anak Anda dan beri mereka jurnal yang bagus untuk melacak kemajuan mereka dan melihat apa yang telah mereka pelajari sejauh ini. Mereka dapat memasukkan pelajaran Quran harian mereka dan menandai Sholat untuk hari itu. Dengan cara ini, mereka melacak apa yang telah mereka pelajari sejauh ini dan telah dilakukan sepanjang hari.

Kami menerapkan metode seperti itu karena sangat penting untuk membuat Quran dan pengajaran Islam untuk anak-anak menjadi interaktif dan menyenangkan karena anak-anak cenderung mengingat hal-hal menyenangkan dengan lebih baik.

Mengajarkan Islam kepada Balita dan Anak Kecil

Saat Anda berpikir tentang “Bagaimana cara mengajari anak-anak tentang Islam”, penting juga untuk memikirkan “apa yang harus diajarkan kepada mereka terlebih dahulu”. Ada banyak hal yang harus dipelajari tentang Islam, namun Anda bisa mulai dari salah satu dari ini:

99 Nama dan Sifat Allah

Jika Anda memulai dari informasi lisan, Anda dapat memberi tahu mereka tentang 99 Nama Allah dan menjelaskan artinya jika bahasa pertama mereka bukan bahasa Arab. Memahami Nama-nama Allah akan membantu mereka memahami sifat-sifat-Nya yang tak tertandingi yang disadari oleh semua Muslim.

Rukun Islam

Setiap Muslim harus tahu tentang 5 rukun Islam, yaitu, Syahadat, Shalat, Zakat, puasa, dan Haji. Apa waktu yang lebih baik untuk memberi tahu mereka tentang hal itu daripada usia muda? Beri tahu anak-anak Anda tentang rukun Islam dan signifikansinya yang didukung oleh Surat dan Hadits.

Sunnah Nabi ﷺ

Kiat lain untuk mengajari anak-anak tentang Islam adalah melalui Sirah Sunnah dan hadist, Sunnah dan kejadian luar biasa dalam sejarah Islam. Sunnahh Nabi ﷺ adalah bagian penting dari Islam. Ajari anak-anak Anda tentang kehidupan Nabi ﷺ dan bagaimana dia berperang melawan kekejaman orang-orang kafir untuk menjaga bendera Islam tetap tinggi. Dia memang yang paling dihormati setelah Allah, dan kami percaya dia adalah Nabi terakhir kami.

Cara Mengajar Studi Islam di Rumah

Mencari waktu dan cara yang tepat untuk mengajari anak-anak tentang Islam bisa menjadi tantangan, tetapi metode dan tip ini dapat membantu Anda secara signifikan. Berfokuslah pada minat anak Anda dan libatkan mereka dalam agama yang sesuai.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang cara mendidik anak Islami yang bisa anda ketahui. Semoga dari ulasan diatas dapat membantu anda membantu mendidik anak Islami yang benar. Semoga membantu!

error: This content is protected by DMCA