8 Jenis Kecerdasan Majemuk Pada Anak

Jagad.idJenis Kecerdasan Majemuk pada Anak – Pada intinya, multiple intelligence atau kecerdasan majemuk dalam teori anak berfokus pada berbagai jenis ekspresi intelektual dan kecerdasan pada anak di seluruh dunia. Anak Anda mungkin sangat baik dalam pembelajaran spasial dan pembelajaran logis, tetapi mungkin membutuhkan bantuan dalam kecerdasan kinestetik.

Mereka mungkin menyaksikan pertumbuhan kecerdasan interpersonal tetapi menunjukkan minat yang lebih rendah pada kecerdasan musikal.

Bagaimana cara menumbuhkan kecerdasan majemuk pada anak?

Sebagai orang tua, kita perlu memupuk jenis kecerdasan yang sesuai pada anak sambil mengenali aspirasi dan kedekatan yang melekat. Anda dapat merancang jadwal dan program pendidikan yang berfokus pada memaksimalkan jenis kecerdasan bawaan sekaligus memberikan paparan yang memadai untuk jenis kecerdasan lainnya. Anda juga dapat membuat tanggal bermain, sesi belajar, dan pelajaran pembelajaran online berdasarkan area yang Anda ingin anak Anda jelajahi.

Apa saja Jenis kecerdasan majemuk pada anak?

Delapan jenis kecerdasan majemuk pada anak-anak adalah spasial, kinestetik, logis, linguistik, intrapersonal, interpersonal, musikal, dan naturalis. Anak Anda mungkin menunjukkan kecenderungan atau penguasaan alami dalam satu atau lebih bidang ini, yang seharusnya menjadi dasar untuk menyusun masa depan mereka.

Anda dapat membiarkan anak-anak Anda mengeksplorasi kekuatan mereka secara alami dengan memperkenalkan jenis masukan teknis yang tepat. Mari kita telusuri lebih jauh delapan jenis kecerdasan majemuk pada anak.

Spasial

Kecerdasan spasial pada anak merupakan kemampuan unik untuk mengukur dunia sebagaimana adanya. Mereka secara logis dapat membangun elemen spasial yang berbeda tanpa bantuan yang signifikan. Anak-anak dengan kecerdasan spasial cenderung belajar paling baik dengan visual dan gambar.

Naturalis

Jenis kecerdasan majemuk pada anak selanjutnya adalah naturalis, jenis kecerdasan ini menyukai alam bebas dan semua yang ditawarkan dunia biologis. Mereka lebih menyukai bentuk pembelajaran yang lebih aktif, terutama yang berkaitan dengan bidang minat mereka. Ilmuwan, ahli biologi, dan dokter semuanya adalah naturalis.

Interpersonal

Pembelajar interpersonal unggul dalam kegiatan kelompok, proyek, dan tugas. Mereka mahir dalam memahami emosi dan dapat menanamkan rasa ingin tahu ke dalam subjek yang lebih signifikan dengan mudah. Mereka merespons dengan baik teknik pelatihan tatap muka atau online.

Intrapersonal

Jika anak Anda memiliki keterampilan introspeksi yang sangat baik, mereka dapat memperoleh manfaat yang signifikan dari berbagai materi sumber, waktu refleksi yang tenang, permainan edukatif, dll. Mereka dapat mengeksplorasi topik sendiri di berbagai mata pelajaran.

Musikal

Artis berbakat, pemain, dan individu kreatif dapat dibuat dengan jenis kecerdasan majemuk pada anak ini sebagai landasan kritis masa kanak-kanak. Anda dapat memberdayakan anak Anda untuk mengeksplorasi kecerdasan musik mereka dengan memperkenalkan lagu dan sajak untuk mempelajari mata pelajaran baru.

Kinestetik

Anda dapat membantu anak Anda yang berorientasi kinestetik mengeksplorasi potensinya melalui olahraga, senam, menari, dan media fisik lainnya. Mereka bisa menjadi pembelajar yang sangat baik saat menjelajahi topik melalui alat peraga, alat, dan mainan.

Logis

Tipe kecerdasan logis anak merespons paling baik terhadap instruksi langsung dan sederhana. Ini dapat memungkinkan mereka untuk membentuk fondasi inti dari informasi logis, dengan ruang yang cukup untuk menghitung arah yang kompleks.

Linguistik

Anak-anak yang secara alami lucu, artistik, dan kreatif dapat memiliki jenis kecerdasan linguistik yang lebih kuat. Anak-anak ini dapat belajar paling baik saat membaca teks dalam bentuk naratif atau dengan instruksi online. Mereka juga dapat unggul dalam berbagai domain dan dapat berorientasi pada penelitian.

Manfaat kecerdasan majemuk untuk anak

Ada beberapa manfaat membuat anak Anda fokus pada berbagai jenis kecerdasan. Ini juga ideal bagi mereka untuk tetap eksploratif dan ingin tahu tentang dunia lain saat mereka memperkuat bidang minat mereka dari waktu ke waktu. Bagi anak-anak yang menyukai musik dan berbakat dalam hubungan interpersonal, memahami gerakan tubuh dan kesadaran spasial dapat menjadi aset seumur hidup.

Berkomunikasi dengan anak-anak dari latar belakang dan minat yang berbeda juga lebih mudah bila anak Anda memiliki akses ke berbagai jenis kecerdasan. Mereka dapat membentuk persahabatan baru dan mengeksplorasi jenis materi pelajaran lain ketika mereka yakin dengan kemampuan mereka untuk tumbuh lebih jauh. Anda dapat fokus pada budaya eksplorasi dan diskusi di rumah yang dapat membuat mereka penasaran dan terus mencari jawaban yang benar.

Anak-anak Anda juga dapat tetap fleksibel dan serbaguna dalam lingkungan yang terus berkembang. Dengan pengenalan teknologi dalam skala besar, anak-anak perlu memiliki keterampilan dasar yang tepat di seluruh domain agar tetap berada di depan dalam dinamika yang bergerak. Mereka juga dapat memadukan bidang kecerdasan dan keterampilan yang berbeda untuk menciptakan minat baru yang menambah nilai lebih lanjut untuk kehidupan masa depan mereka.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang jenis kecerdasan majemuk pada anak yang dapat anda pelajari. Dengan mengetahui jenis kecerdasan majemuk anak ini, anda bisa membimbing dan mengarahkan anak anda ke jalan yang benar. Semoga membantu!

error: This content is protected by DMCA