Alasan Pentingnya Mengatur Keamanan Website dari Serangan Malware
Sumber gambar: https://www.freepik.com/free-vector/illustration-virus-detection_3139841.htm

Keamanan menjadi hal yang utama dalam menjaga kinerja website berjalan dengan optimal. Kita dapat menganalogikan bahwa tidak hanya website, dalam dunia nyata juga kita dapat mengetahui bagaimana keamanan menjadi hal yang penting.

Kita analogikan begini. Sebuah kantor atau gedung-gedung rela untuk mengeluarkan sejumlah biaya untuk mendatangkan perangkat keamana agar dapat mengantisipasi ancaman pencuri atau hal buruk lainnya yang dapat menimbulkan kerugian berarti bagi si pemiliknya.

Karena itu beberapa gedung, apalagi yang dianggap menyimpan aset yang besar, akan menyediaka perangkat kemanan, baik itu dengan menggunakan penjagaan dari satpam atau dengan melengkapi Closed-cirkuit Television (CCTV) di setiap sudut yang dianggap rentan dari ancaman pencuri.

Kasus yang sama juga terjadi dalam dunia digital, yakni website. Dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana pentingnya keamanan terhadap sebuah website

A. Pentingnya Keamanan Webisite

Pentingnya mengatur keamanan website itu ialah dapat menghindarkan dari ancaman malware yang dapat menggangu bahkan menghambat kinerja website itu. Kinerja website yang terhambat akan menghadirkan kesan negatif bagi visitor website anda.

Bila kesan negatif itu muncul maka akan mengancam pada berkurangnya minat untuk mengunjungi website anda tersebut. Artinya, dengan menjaga keoptimalan kinerja website itu akan menjadi cara untuk meningkatkan kunjungan website anda.

Bila website anda mengalami peningkatan jumlah visitor itu dapat mendorong website anda menembus halaman pertama dalam mesin pencarian (search engine). Hal ini tentu saja dapat memberikan pengaruh yang besar bagi kelangsungan website tersebut.

Terutama bagi anda yang menjadikan website itu sebagai kanal bisnis yang anda miliki. Ketika sebuah website binis sering dikunjungi oleh visitor, potensi penjualan itu pun akan meningkat.

B. Bahaya Malware Jika Menyerang Data Website

Ancaman lain yang ditimbulkan apabila sebuah website terserang oleh malware ialah erorn atau hilangnya sejumlah data yang tersimpan dalam sebuah website.

Jika data itu error karena serangan malware maka akan berdampak pada website. Contohnya, loading website menjadi lamban atau sejumlah konten tidak dapat diakses oleh para visitor. Artinya, data website itu menjadi hal yang berharga karena menjadi komponen yang menjadi ukuran utama yang menentukan kualitas dari website tersebut.

Karena itu mengatur keamanan webisite itu menjadi suatu hal yang penting.

C. Tips Menjaga Keaman Website

Ada sejumlah cara yang dilakukan untuk menjaga keamana dari sebuah website. Hal yang dapat anda lakukan di antaranya, ialah:

1. Menjaga Keamanan Jaringan

Langkah ini dapat dilakukan apabila website itu dikelola oleh lebih dari satu orang atau menggunakan perangkat komputer yang berbeda-beda. Untuk menjaga serangan malware atau peretas website anda itu, anda dapat melakukan sejumlah cara, yakni dengan menyediakan rute akses yang memudahkan anda untuk masuk ke server website.

Hal itu dilakukan dengan: 1) sering mengubah sandi website; 2) mengatur sandi yang kuat dan tidak mudah terdeteksi oleh pihak lain; 3) rutin untuk melakukan scaning malware terhadap jaringan yang terpasang dalam perangakat komputer.

2. Memasang Firewall di Website

Aplikasi firewall dapat berfungsi untuk menjadikan menyelaraskan server website dengan koneksi data dan dapat mengidentifikasi lalulintas bit yang melewati server tersebut. Dengan kata lain, firewall itu sendiri berperan layaknya tembok penjaga yang digunakan sebagai tameng dan dapat memblokir setiap malware atau upaya peretasan yang mengancam sebuah website.

3. Memastikan Server Hosting Aman

Aman atau tidaknya sebuah website juga dapat diukur dari server hosting yang digunakan. Apabila sebuah server hosting rentan dari ancaman, maka potensi website itu diretas atau diserang oleh malware akan sangat besar. Karena itu anda perlu memastikan bahwa hosting yang digunakan memilik tingkat keamanan yang tinggi.

Anda dapat menjadikan web hosting Niagahoster sebagai pilihan karena hosting Niagahoster  telah didukung fitur keamanan terupdate, yaitu Imunify360. Fitur ini dapat menjadi sahabat para pemilik website untuk melakukan identifikasi dan mengantisipasi ancaman yang dapat mengganggu kinerja dari website Anda.

D. Penutup

Dari artikel ini kita dapat mengerti bahwa penyediaan fitur keamanan bagi sebuah website memiliki peran yang cukup besar. Selain untuk mengoptimalkan kinerja website, peran keamanan itu juga dapat mengantisipasi dari ancaman peretasan, malware, atau virus yang dapat merubah bahkan menghilangkan data-data penting yang ada dalam sebuah website.

Untuk dapat mewujudkan penyediaan keamanan bagi sebuah website, anda dapat menerapkan sejumlah tips yang telah disebutkan dalam artikel di atas. Di samping itu, guna memudahkan upaya untuk menghadirkan keamanan itu Anda dapat menggunakan hosting yang didukung fitur keamanan seperti Imunify360.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.



Previous articleFluida Statis dan Dinamis
Next articleGerak Brown serta Fenomena Keteracakan