mail

Saat ini penggunaan Email memang sangatlah penting, banyak sekali keperluan yang membutuhkan akun Email untuk bisa digunakan secara maksimal. Namun untuk menggunakan Email ini membutuhkan jaringan internet agar bisa diakses .

Nah berbicara tentang  Email, rupanya banyak orang yang masih belum paham betul soal salah satu layanan perpesanan ini. Maka dari itu pada kesempatan kali ini akan dibahas segala hal tentang Email tersebut beserta jenis-jenisnya.

A. Pengertian Email

Email (Electronic Mail) merupakan sebuah alat elektronik yang berfungsi sebagai media dalam pengiriman surat secara digital. Dimana untuk menggunakan layanan ini mengharuskan anda harus memiliki sambungan internet karena memang sifatnya online.

Anda bisa menggunakan computer, laptop, maupun smartphone untuk mengirimkan email tersebut. Tidak hanya dalam bentuk teks saja, namun anda juga bisa mengirimkan lampiran berupa file digital dengan ukuran yang cukup besar.

Dengan metode digital ini, tentu akan sangat memudahkan anda dalam mengirim surat dibandingkan cara konvensional dahulu. Bagi anda yang termasuk generasi dulu, pastinya sudah paham bagaimana repotnya jika ingin mengirimkan surat zaman dulu, belum lagi lamanya waktu tersampainya surat tersebut membuat seseorang gelisah.

Selain itu, untuk mengirim surat pada zaman dahulu anda membutuhkan sebuah amplop beserta prangkonya, anda juga harus datang ke kantor pos atau memasukkan surat di kotak pos. Belum lagi jika kebetulan surat yang anda tuliskan tadi alamatnya salah atau penerima sudah pindah tempat, maka surat pun akan dikembalikan.

Namun semuanya itu saat ini sudah tidak akan terjadi lagi, dimana manusia di era modern saat ini sudah dipermudahkan dengan dunia tekologi yang makin canggih, sehingga mereka bisa mengirim surat dengan gampang dan waktu pengiriman yang sangat singkat.

B. Fungsi Email

Secara garis besar, fungsi dari email ini adalah media untuk menerima dan mengirim pesan secara digital. Namun dengan adanya fitur attachment yang disematkan kedalam layanan ini, memungkinkan anda juga bisa melampirkan sejumlah file digital lain seperti lagu, foto, video, dan lain sebagainya.

Namun selain dari fungsi dasarnya itu, ada fungsi lain dari Email yang mungkin tidak dirasakan oleh para pengguna selama ini. Berikut beberapa fungsi Email yang perlu anda ketahui :

1. Dijadikan Identitas Diri Secara Personal

Di era perkembangan teknologi digital saat ini, Email tersebut seringkali dijadikan sebagai identitas diri dari setiap orang. Bagaimana tidak, sejumlah layanan digital seperti pembelian buku daring, jasa keuangan digital, hingga penggunaan smartphone memang membutuhkan Email untuk memverifikasi tentang identitas anda.

2. Sebagai Alat Untuk Mendaftarkan Data Diri di Sosial Media

Saat ini media sosial, layanan digital, hingga game online meminta alamat email anda sebagai salah satu syarat pendaftaran yang wajib anda cantumkan. Pastinya semua orang saat ini membutuhkan sosial media seperti Instagram, Twitter, maupun Facebook, entah sekedar untuk hiburan semata atau untuk menjalankan usahanya.

Hampir semua dalam proses pendaftaran akun sosial media ini membutuhkan Email. Biasanya beberapa sosial media ini setelah anda mendaftarkan email, maka akan diberikan balasan atau alat verifikasi kedalam Email tersebut untuk memastikan jika itu memang benar-benar anda.

3. Sebagai Media Promosi

Bagi para pelaku usaha toko online, pastinya sering menggunakan alamat email dari para pelanggan untuk mempromosikan produk yang mereka miliki. Meskipun saat ini email dianggap sebagai media lawas untuk melakukan promosi, namun masih saja banyak yang menggunakan layanan ini untuk promosi.

Para pelaku usaha biasanya mendapatkan email dari para pelangganya ini dengan layanan newsletter yang mereka sediakan di situs website-nya. Dengan begini, maka memudahkan para pelaku usaha mendapatkan email konsumen dan menyebarkan promosi yang mereka adakan.

C. Cara Kerja Email

Jika dilihat konsepnya, dimana untuk mengirim email ini sama halnya dengan anda mengirim surat secara konvensional. Anda diharuskan menulis terlebih dahulu apa yang ingin disampaikan, mengetahui alamat email yang di tuju, serta pastinya perangkat seperti laptop, computer, smartphone serta jaringan internet untuk bisa melakukannya.

Berikut ini adalah beberapa langkah kerja Email secara singkat yang perlu anda pahami:

  1. Langkah pertama pastinya anda harus mengetik email, setelah itu mengirimkannya ke alamat email yang dituju, nantinya server bakal mengidentifikasi alamat yang dituju tersebut
  2. Setelah alamat email tujuan di temukan, maka server secara otomatis bakal menyampaika pesan yang anda kirim dan akan tersimpan di dalam sever penerima hingga mereka membukanya
  3. Setelah penerima email menyadari ada pesan masuk dan membukanya, maka aplikasi email tersebut akan mengunduh pesan yang telah tersimpan kedalam server computer
  4. Setelah proses ini selesai, maka pengguna bakalan bisa membaca atau pun mengunduh isi pesan yang dikirimkan tadi

D. Macam-macam Email

Selama ini yang orang ketahui Email ini hanya ada satu jenis, akan tetapi sebenarnya Email ini ada beberapa jenis tergantung dari fungsinya. Berikut ini macam-macam Email yang paling umum dan perlu anda ketahui:

1. Web Mail

Jenis Email yang pertama ini paling umum digunakan oleh banyak orang. Dimana jenis Email ini seperti layanan yang umum anda temui, seperti Yahoo maupun Google, dimana Email ini hanya bisa anda akses pada saat membuka halaman website-nya.

Ada kelebihan dari jenis layanan Email ini, dimana anda bisa mengirimkan pesan maupun membaca pesan kapanpun dan dimanapun berada selama ada perangkat yang memadai untuk mengaksesnya.

2. POP Mail

POP Mail (Post Office Protocol Mail) merupakan jenis Email khusus yang hanya bisa dibuka maupun dibaca dari ISP (Internet Service Provider) yang digunakan. Untuk jenis email yang satu ini pada umumnya dipakai oleh perusahaan guna melakukan komunikasi secara internal. Kelebihan layanan ini pesan yang dikirim bisa dibaca secara luring melalui smartphone maupun computer.

3. Forward Mail

Dan jenis Email yang terakhir ini merupakan sebuah layanan yang diperuntukkan bagi pengguna yang suka gonta-ganti alamat Email. Dengan anda mendaftar di layanan Email ini, maka anda bakal tetap mendapatkan notifikasi jika ada pesan baru yang masuk kedalam email lama anda.

Bisa diasumsikan jika jenis alamat email ini berfungsi sebagai perantara antar alamat Email. Namun kelemahannya, karena sebagai perantara maka membutuhkan waktu cukup lama untuk mengirimkan pesan dibandingkan layanan Email pada umumnya.

E. Kelebihan Email

1. Tidak Ada Biaya Pengiriman

Sebelumnya jika anda menggunakan surat konvensional, maka akan dikenakan biaya khusus dengan Prangko, sementara dengan adanya Email ini anda tidak akan dikenakan biaya sepeserpun untuk mengirim pesan sebanyak apapun, anda hanya perlu menyediakan koneksi internet yang stabil agar bisa mengirim email dengan lancar.

Selain itu, Email ini juga menawarkan β€˜sesuatu’ yang tidak bisa digantikan oleh jasa pengiriman surat konvensional, yakni jarak penerima tersebut tidak mempengaruhi biaya pengiriman. Tidak peduli anda mengirimkan email ke negara manapun, maka biaya yang anda perlukan tetap sama, yakni cukup dengan jaringan internet saja.

Sementara kita tahu, jika anda menggunakan jasa pengiriman surat konvensional, jarak yang ditempuh berpengaruh pada biaya pengiriman. Semakin jauh maka semakin mahal pula biaya yang harus anda keluarkan.

2. Efisiensi Waktu

Biasanya dengan menggunakan jasa pengiriman konvensional membutuhkan waktu hingga beberapa hari agar sampai ke alamat yang dituju, tergantung dari jarak pengiriman juga. Semakin jauh jaraknya, maka semakin lama pula surat ini tersampaikan.

Lain cerita dengan anda menggunakan layanan Email ini, tidak perlu menunggu waktu selama berhari-hari, hanya kurang dari 5 menit  saja maka pesan anda akan langsung tersampaikan kepada penerima, asalkan mereka juga memiliki jaringan internet untuk bisa menerima pesan yang anda berikan.

Semua proses pengiriman secara digital ini bisa menghemat waktu pengiriman, dan anda pun akan lebih cepat mendapatkan balasan yang di inginkan nantinya.

3. Memberikan Kemudahan

Jika pengiriman surat konvensional ini anda harus menyiapkan amplop, prangko, serta mengirimnya ke kantor pos, maka dengan fasilitas email ini anda tidak perlu melakukan cara seribet begitu. CUkup dengan menyiapkan perangkat computer, laptop, maupun smartphone dan jaringan internet, maka anda bisa langsung mengirim  pesan tersebut tanpa harus keluar rumah berpanas-panasan.

4. Keamanan Data

Dengan adanya Email ini menawarkan keamanan data yang sangat kuat untuk pengirim dan penerima pesan. Dimana tidak sembarang orang bisa membaca pesan email selama orang tersebut tidak tahu password untuk masuk kedalam akun Email anda.

Selain itu, Email ini juga dibekali dengan kata kunci yang begitu kuat untuk melawan ancaman penyadapan. Dengan adanya teknologi canggih seperti ini, maka setiap email yang anda kirim dilindungi dengan enkrips yang tidak akan mudah dibuka pelaku penyadapan.

5. Kerapian Data Terjamin

Dengan Email ini maka data anda akan tersusun secara rapi. Anda diberikan kebebasan untuk mensorti data menyimpan, bahkan menghapus email jika dirasa tidak penting.

F. Kelemahan Email

1. Tergantung Dengan Media

Seperti yang sudah di singgung diatas tadi, dimana untuk bisa mengakses Email ini dibutuhkan perangkat seperti computer, laptop, maupun smartphone. Dimana beberapa perangkat ini harganya tidak semurah buku, pena, amplop, maupun perangko. Sehingga hanya orang tertentu saja yang bisa membelinya.

2. Membutuhkan Internet

Satu lagi masalah yang dialami bagi orang yang ingin menggunakan Email ini, dimana anda membutuhkan koneksi internet agar bisa membuka dan mengirim pesan nantinya. Sinyal susah pun juga menjadi kendala karena akan membutuhkan waktu buffering yang lama. Maka dari itu anda membutuhkan koneksi internet yang sangat stabil untuk bisa mengakses dan mengirim email tersebut.

3. Pengetahuan Tentang Email Terbatas

Meskipun saat ini di jaman modern dengan banyak pengguna smartphone, rupanya tidak semua orang paham dengan Email ini. Mereka tahunya sekedar email untuk mengaktifkan smartphone saja, tidak mengetahui fungsi lain dari email tesebut.

Cukup sekian dulu ulasan mengenai Email kali ini, semoga ulasan diatas tadi bermanfaat dan menambah wawasan anda.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.