Domain TLD sangatlah penting sebagai branding konten kita di Internet. Sekalipun membuat blog bisa menggunakan sub domain baik blogspot, wordpress, wix ataupun weebly namun tentunya akan lebih baik jika menggunakan domain sendiri yang mana membuat blog kita nampak lebih profesional.

Mungkin banyak dari kita yang belum paham ternyata domain bisa ditransfer dari penyedia layanan pembelian domain ke penyedia lainnya. Biasanya transfer domain dilakukan karena beberapa alasan seperti adanya promo, banyaknya fitur dan juga mungkin layanan lebih bagus di penyedia baru yang dituju. Terdapat beberapa syarat tertentu untuk melakukan transfer domain, biasanya tergantung dari jenis domain yang digunakan. Sebagai contoh domain id dari PANDI memiliki syarat khusus tertentu untuk melakukan transfer domain. Untuk mengenai lebih lanjut, anda bisa mengecek secara langsung melalui situs resmi penyedia domain tersebut.

Syarat Transfer Domain

Adapun syarat umum untuk melakukan transfer domain antara lain yaitu, sebagai berikut ini :

  1. Terlebih dulu pastikan bahwa dari pihak registrar baru menyediakan ekstensi domain TLD yang sama dengan domain yang anda miliki saat ini. Umumnya, kebanyakan registrar support pembelian domain yang termasuk ke dalam gTLD serta domain .id .
  2. Domain masih aktif atau tidak memasuki masa expired.
  3. Domain yang ingin dilakukan transfer harus dalam keadaan Unlock atau tidak boleh dalam kondisi lock.
  4. Masa aktif pada domain minimal setelah 60 hari dari tanggal waktu saat melakukan registrasi sebelumnya.
  5. Email dari pemilik domain yang akan ditransfer harus dalam kondisi aktif. Email yang dimaksud adalah alamat email yang sebelumnya digunakan sebagai akun untuk mendaftar domain. Anda bisa mengecek domain dan juga alamat emailnya melalui pencarian WHOIS yang banyak tersedia di internet.
  6. Pemilik domain tersebut harus memiliki Kode EPP pada domain yang akan ditransfer.

Tutorial Proses Cara Transfer Domain

Berikut ini merupakan langkah tahapan tutorial proses untuk melakukan transfer domain yaitu cara memindahkan domain ke hosting lain :

  1. Masuk pada akun dimana membeli domain sebelumnya
  2. Pada pengaturan domain pilih Registar Lock dan ubah kondisi Lock menjadi Unlock
  3. Masih di pengaturan domain, masuk ke menu kode EEP. Kemudian Copy EPP Code copy dan simpan kode tersebut yang nantinya dibutuhkan saat pembelian domain di hosting baru.
  4. Di penyedia hosting baru biasanya sudah ada menu transfer domain. Pilih menu tersebut dan masukan nama domain yang akan ditransfer.
  5. Setelah itu maka akan diminta untuk memasukan kode EPP, gunakan EPP code yang sudah didapat tadi.
  6. Lanjutkan ke tahap proses pembayaran, kemudian selesaikan transaksi pembayaran.
  7. Jika sudah dibayar maka tunggu beberapa saat sampai pihak hosting selesai melakukan proses transfer domain. Proses migrasi atau transfer domain ini biasanya berbeda beda tergantung layanan registar yang digunakan.
  8. Biasanya akan dikirimkan email berupa verifikasi transfer domain yang dilakukan. Pastikan untuk melakukan verifikasi tersebut, jika tidak maka proses transfer domain akan dibatalkan.

Transfer domain selesai dan sukses setelah anda bisa melihat bahwa domain sudah aktif di registar atau penyedia hosting yang baru. Sekarang domain anda sudah berada di registar baru untuk melakukan setting dan berbagai pengaturan seputar domain yang anda miliki.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.