Pengertian ISP Adalah, Fungsi, Macam Jenis, dan Contoh di Indonesia

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terjadi di Indonesia membawa perubahan dalam beberapa aspek. Salah satunya kemunculan bisnis atau usaha yang menjadikan internet sebagai kebutuhan utamanya. Perusahaan yang menggunakan layanan internet pasti berhubungan dengan perusahaan ISP.

Jaringan yang dimiliki sangatlah luas baik domestik maupun internasional. Membuat komputer atau perangkat yang digunakan bisa terkoneksi ke jaringan internet global. Untuk lebih jelasnya berikut ini pengertian lengkapnya.

A. Pengertian ISP

Secara umum ISP adalah singkatan dari Internet Service Provider yaitu sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penyedia jasa layanan internet. Cara kerjanya dengan menghubungkan perangkat yang digunakan dengan komputer server yang terhubung akses internet.

Definisi ISP lainnya yaitu sebuah perusahaan yang memberikan akses terhadap internet, media komunikasi dan informasi berbasis online. Agar data bisa ditransimisikan dan dialirkan ke satu tempat ke tempat yang lainnya ISP biasanya menggunakan perangkat Modem, kabel radio atau VSAT.

Tanpa menggunakan layanan tersebut, setiap orang tidak akan bisa terkoneksi ke internet walaupun ada peralatan yang mendukung. Setiap bulannya, penggunaka akan dikenakan biaya peggunaan internet. Tergantung jenis produk dan paket apa yang digunakan.

B. Fungsi ISP

ISP mempunyai fungsi yang bermacam-macam dan sangat menguntungkan. Lebih rincinya adalah sebagai berikut :

1. Media yang Menghubungkan dengan Informasi di WWW (World Wide Web)

Sebuah perusahaan pasti akan membutuhkan website untuk mendukung pekerjaannya. Atau hanya sebagai sarana untuk mencari informasi. Internet Service Provider berperan sebagai media untuk menghubungkan perangkat yang digunakan ke WWW. Sehingga pengguna bisa mengakses informasi dari website manapun. Namun, hal ini tidak akan berlaku jika website di blokir atau di nonaktifkan oleh Pemerintah.

2. Media untuk Mengirim Surat Elektronik (E-Mail)

Surat elektronik adalah salah satu komponen yang paling penting dalam sebuah perusahaan. Kemunculan Gmail dan Yahoo membuat semua pekerjaan menjadi lebih efektif. Tidak perlu lagi bertatap muka atau print out banyak berkas. Untuk bisa akses ke Gmail atau Yahoo, syaratnya harus menggunakan salah satu produk ISP terlebih dahulu. Jika tidak, perangkat tidak akan terkoneksi dan secara otomatis yang tentunya pengguna tidak akan bisa mengirim surat elektronik.

3. Media yang Digunakan untuk Melakukan Download dan Upload

Perusahaan penyedia layanan internet juga memberikan akses terhadap perangkat untuk melakukan download atau upload. Pada saat kita mengunjungi website pada dasarnya kita mendownload file yang ditampilkan pada website tersebut. Selain itu aktifitas lain seperti download atau upload file jenis apapun di internet maka memerlukan layanan internet yang disediakan oleh ISP.

4. Perusahaan yang Menyediakan Modem Untuk Dial Up Koneksi Internet

Selanjutnya, ISP bisa menyambungkan modem ke jaringan internet global. Namun pengguna harus mengaktifkannya terlebih dahulu dengan mengklik tulisan β€œConnect” pada modem, tergantung jenis modem dan cara penggunaannya. Jika tidak, maka komputer atau laptop tidak akan bisa digunakan untuk internetan.

5. Sebagai Media untuk Melakukan Komunikasi Lewat Internet

Dengan berlangganan produk ISP, pengguna bisa melakukan panggilan suara melalui smartphone atau laptop dengan memanfaatkan jaringan internet. Seperti contoh panggilan suara melalui aplikasi whatsapp. Dengan adanya fasilitas internet yang disediakan oleh ISP maka saat ini kita bisa saling berkomunikasi dan bertukar infromasi baik melalui media website blog, media sosial dan lain sebagainya.

C. Jenis Internet Service Provider

Setelah mengetahi pengertian dan fungsi internet service provider secara rinci. Tentunya agar lebih paham juga perlu memahami berbagai macam jenis layanan ISP :

1. Internet Mobile Access

Berdasarkan arti katanya, layanan jenis ini merupakan ISP yang bisa digunakan untuk smartphone. Sehingga pengguna bisa memiliki akses terhadap internet. Paling banyak digunakan pada smartphone yang menggunakan layanan GSM atau CDMA.

2. Internet Hotspot

Bagi Anda yang sedang membuka usaha kuliner. Jenis ini sangat cocok digunakan karena tidak menggunakan kabel sebagai medianya. Sehingga tidak menganggu pemandangan cafe, pengunjung menjadi nyaman dan bisa akses sepuasnya ke internet.

3. Internet Wireless

Wireless merupakan layanan internet yang tidak membebankan biaya telepon pada penggunanya. Pengguna hanya dibebankan pada pemakaian internenetnya saja. Wireless juga mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya untuk penggunaan komputer di atas 5 unit jenis ini relatif murah dibanding yang lainnya. Kekurangannya mudah dibajak dan kelancarannya sangat bergantung pada cuaca.

4. Dial Up Connection

Jika pergi warnet, biaya yang dibayarkan pasti sesuai dengan waktu internet yang digunakan. Nah hal ini dikarenakan pemilik warnet memilih jenis ISP dial up connection dengan menggunakan kabel sebagai perantara agar terhubung ke jaringan internet global.

5. Dedicated Connection

Jika seseorang mempunyai perusahaan dengan karyawan dan komputer yang banyak, dedicated connection menjadi pilihan yang tepat. Karena sifatnya yang menetap dan lama. Pengguna akan terhubung ke internet 24 jam selama 7 hari.

Beberapa jenis di atas bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan dengan menyesuaikan bagaimana perusahaan dan bisnis yang akan dijalankan. Jangan sampai salah ya, karena sangat berpengaruh bagi kelancaran internet, komunikasi dan kualitas akses.

D. Contoh ISP yang Terdapat di Indonesia

Banyak sekali perusahaan ISP yang ada di Indonesia. Biasanya perusahaan jasa penyedia layanan internet juga penyedia jasa layanan telepon. Di bawah ini adalah yang paling sering digunakan :

1. Access Service Dedicated To Internet

Pemilik produk ini adalah PT Telkom Indonesia. Access Service Dedicated to Internet biasanya digunakan perusahaan yang membutuhkan internet dalam skala besar.

2. Centrin

Berasal dari PT Centrin Online. Centrin menyediakan infrastruktur yang sangat canggih untuk para penggunanya. Sehingga bisa dibilang pelayanannya sudah maksimal.

3. IM2

Siapa sih yang tidak kenal dengan PT Indosat IM2. Produk ini adalah salah satu miliknya, yang menyediakan penyewaan layanan hosting dan domain.

4. Telkom Speedy

Kalau yang satu ini merupakan anak dari perusahaan PT Telkom Indonesia. Rata-rata masyarakat menggunakan produk ini. Hampir 90% daerah di Indonesia juga sudah tercover oleh speedy. Namun, jenis ini juga memiliki beberapa kekurangan yaitu lancar atau tidaknya internetan tergantung jaringan di daerah Anda. Terkadang mengalami trouble dan agak lambat.

5. Provider Sellular

Provider Sellular menjadi yang terfavorit digunakan oleh masyarakat Indonesia. Jenis ini memberikan akses berbasis kuota internet. Biasanya digunakan pada smartphone.

Dari bebeberapa perusahaan di atas, mana yang menjadi favorit Anda? PT Telkom atau PT Indosat IM2? Tapi yang menjadi pertanyaan bagaimana cara kerja ISP?

E. Cara Kerja ISP

Misalkan Anda adalah seorang yang ingin menggunakan layanan Internet Service Provider. Anda mendatangi Telkom Speedy untuk memberikan akses internet pada Anda. Telkom Speedy akan merouting jaringannya dan memberikan akses kepada perangkat Anda seperti handphone, modem atau access point agar terhubung ke internet.

Selanjutnya Anda sudah bisa menggunakan internet dengan perangkat yang Telkom Speedy miliki. Selain itu, Anda juga bebas menentukan tipe jaringan mana yang Anda inginkan. Anda juga harus membayar sejumlah uang setiap bulannya dengan tipe dan paket mana yang dipilih. Cukup mudah kan cara kerjanya?

ISP adalah salah satu bagian kecil dari perkembangan teknologi, komunikasi dan informasi di Indonesia. Namun, dengan adanya pemahaman mengenai pengertiannya, macam jenis, fungsi, contoh dan cara kerjanya bisa memberikan sedikit gambaran bagi kelancaran bisnis Anda.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.