Pengertian Modem, Macam jenis dan Fungsinya – Seiring berkembangnya teknologi, perangkat komunikasi seperti laptop maupun PC membutuhkan modem untuk koneksi ke internet. Teknologi internet sangat dibutuhkan dalam mendukung komunikasi dua arah. Sebuah PC atau Laptop terhubung ke internet  bisa melalui modem. Berikut adalah informasi mengenai modem, macam dan jenis serta fungsinya.

Pengertian Modem

Modem adalah sebuah perangkat keras yang memiliki fungsi untuk mengubah 2 sinyal sehingga dalam menerima dan mengirim pesan bisa berjalan baik. Kata modem merupakan singkatan dari Modulator Demodulator. Modulator berfungsi sebagai pengubah sinyal informasi untuk dijadikan sinyal pembawa data yang siap dikirimkan, sedang demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa yang dapat diterima dengan baik.

Macam Jenis Modem

  1. Modem Eksternal adalah perangkat keras yang dipakai pada komputer atau laptop untuk mengkases internet, dimana data dari komputer yang berbentuk sinyal digital akan diubah menjadi sinyal analog. Begitu pun sebaliknya, sinyal analog akan diubah menjadi digital yang akan diproses selanjutnya oleh komputer.
  2. Modem Internal adalah perangkat jaringan yang sudah tergabung kedalam motherboard dan tidak memiliki lampu indikator layaknya modem eksternal.
  3. Modem ISDN adalah sebuah sistem telekomunikas yang menyediakan layanan berupa data, suara atau gambar yang kemudian di integrasikan ke dalam jaringan.
  4. Modem GSM adalah jenis modem yang menggunakan jaringan telepon seluler sebagai media untuk mentransfer data. Modem jenis ini biasanya mendukung penggunaan dengan kartu SIM GSM.
  5. Modem Analog adalah perangkat untuk membentuk sinyal analog yang nantinya diubah menjadi sinyal digital.

Fungsi Modem

Fungsi umum modem adalah sebagai alat untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog maupun sebaliknya. Tetapi modem memiliki fungsi lain seperti berikut :

  1. Perangkat untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog
  2. Menghubungkan Perangkat dengan jaringan
  3. Melakukan proses modulasi dan demodulasi
  4. Melakukan pengecekkan data dan komunikasi
  5. Melakukan kompresi data yang dikirimkan melalui sinyal

Demikian artikel mengenai pengertian, macam jenis dan fungsi modem. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk membagikan kepada teman teman ya.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.