Cisco Jaringan LAN dalam Gedung dan Ruangan Bangunan
Jaringan LAN 3 Gedung 10 Ruangan 50 Unit Komputer dan 1 Server

Sebelum mempelajari apa itu LAN maka sebaiknya memahami hal dasar terlebih dulu yaitu pengertian dari Jaringan, jaringan yang di maksud adalah jaringan pada sistem komputer. Jaringan Komputer (Network) adalah sebuah sistem yang terdiri dari perangkat komputer yang didesain untuk saling berbagi data file, fitur, berkomunikasi dan juga dapat mengakses informasi di internet.

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network yang berarti LAN adalah sekelompok perangkat komputer dan perangkat jaringan yang saling terhubung, yang bisanya digunakan untuk kebutuhan pada area kecil. Biasanya LAN diterapkan di rumah, kantor dan lab komputer sekolah. Gagasan mengembangkan LAN ditujukan untuk memanfaatkan transfer data secara cepat di suatu area kecil. LAN (Local Area Network) dikembangkan dengan fungsi untuk membangun interkoneksi yang lebih baik dalam unit komputer antar individu.

Jaringan LAN (Local Area Network) lebih disukai karena aksesnya yang cepat dan biaya pembuatannya yang terjangkau. LAN umumnya dimanfaatkan untuk membangun jaringan efektif dan efisien untuk saling berbagi data. Dalam pembuatan jaringan LAN biasanya dibutuhkan beberapa perangkat yang cukup sederhana dan mudah didapat seperti kabel UTP, Router, Switch, dan beberapa jenis perangkat jaringan yang lainnya.

Fungsi dan Manfaat LAN di Dunia Komputer

Berikut ini merupakan beberapa peranan dan fungsi lan secara umum dalam teknologi jaringan komputer. Tujuan, fungsi dan manfaat dari jaringan LAN antara lain :

  1. Mempercepat laju arus informasi antara client menuju server ataupun antar client dengan client yang lainnya.
  2. Menghemat biaya operasional dan waktu dalam proses pembuatan jaringan.
  3. Mempermudah komunikasi dalam jaringan antar client dan server yang terhubung.
  4. Dapat digunakan juga untuk menghubungkan game multiplayer, transfer data, sharing perangkat printer dan juga akses internet.

Pada era saat ini dalam kantor yang modern, setiap pekerja dilengkapi dengan komputer pribadi untuk mempermudah dalam urusan pekerjaannya. Masing-masing perangkat komputer ini dapat berkomunikasi dengan yang lain dengan cara menggunakan jaringan area lokal (LAN), yang merupakan jaringan komputer yang mencakup area kecil, biasanya LAN di gunakan pada satu bangunan atau sekelompok bangunan. Selain itu, LAN juga dapat menghubungkan jaringan komputer dengan serangkaian printer sehingga pekerjaan kantor lebih efektif dan efisien.

Salah satu keunggulan LAN adalah dapat dipasang secara sederhana dan mudah, ditingkatkan atau diperluas dengan sedikit usaha, dan dipindahkan atau disusun ulang tanpa adanya gangguan. LAN juga bermanfaat karena mereka dapat mengirimkan data dengan cepat daripada memindahkan data menggunakan flashdisk. LAN tentu saja mempercepat arus informasi dalam berkomunikasi antar perangkat, tetapi dalam banyak kasus LAN juga dapat pekerjaan tambahan dalam hal pengorganisasian, pemeliharaan, dan trouble shooting jika ada perangkat LAN yang bermasalah.

Peralatan LAN

Peralatan transmisi yang merupakan peralatan komunikasi, digunakan untuk membangun jaringan LAN agar berfungsi degan benar.

Macam Jenis Media Transmisi LAN

Dalam terminologi komunikasi data, media transmisi adalah jalur fisik antara pemancar dan penerima, yaitu media yang digunakan untuk mengirimkan data dari satu tempat ke tempat lain. Ada empat jenis media transmisi utama yang digunakan untuk jaringan LAN:

P2P cisco packet tracer
Jaringan peer to peer LAN

1. Kabel Koaksial / Coaxial Cable

Kanel Koaksial memiliki penutup plastik luar yang mengandung 2 konduktor paralel yang masing-masing memiliki penutup perlindungan terisolasi yang terpisah. Kabel coaxial mentransmisikan informasi dalam dua mode : Mode Baseband (bandwidth kabel khusus) dan Mode Broadband (bandwidth kabel dibagi menjadi rentang yang terpisah). Kabel TV dan jaringan televisi analog banyak menggunakan kabel Coaxial.

Coaxial Cable
Coaxial Cable

Kelebihan :

  • Bandwidth Tinggi
  • Imunitas kebisingan (Noise) yang lebih baik
  • Mudah dipasang dan dikembangkan
  • Harga relatif lebih murah
  • Maksimum perkiraan kecepatan transfer sekitar 30Mb/s

Kekurangan :

  • Kegagalan kabel tunggal dapat mengganggu seluruh jaringan
  • Data yang dikirim melalui kabel ini mudah untuk dibajak (tapped)

2. Kabel Twisted Pair / UTP

Terdiri dari 2 kabel konduktor terisolasi terpisah antara satu sama lain. Secara umum, beberapa pasangan tersebut dibundel bersama dalam sarung pelindung. Kabel jenis ini adalah Media Transmisi yang paling banyak digunakan dalam jaringan LAN. Twisted Pair terdiri dari dua jenis:

Twisted Pair Cable
Twisted Pair Cable

Unshielded Twisted Pair (UTP): Jenis kabel ini memiliki kemampuan untuk menghalangi gangguan dengan tidak tergantung pada perisai fisik. Biasanya kabel jenis ini digunakan untuk aplikasi telepon.

Kelebihan :

  • Lebih murah jika dibandingkan dengan STP
  • Mudah dipasang
  • Kapasitas kecepatan tinggi sekitar 10Mb/s

Kekurangan :

  • Rentan terhadap gangguan eksternal
  • Kapasitas dan kinerja lebih rendah dibandingkan dengan STP
  • Transmisi jarak pendek karena atenuasi

Shielded Twisted Pair (STP): Jenis kabel ini terdiri dari pelindung khusus untuk memblokir gangguan eksternal. Biasanya STP digunakan dalam Ethernet data-rate cepat dan dalam saluran suara dan data saluran telepon.

Kelebihan :

  • Performa yang lebih baik pada kecepatan data yang lebih tinggi dibandingkan dengan UTP
  • Menghilangkan crosstalk
  • Secara komparatif lebih cepat

Kekurangan :

  • Relatif sulit untuk menginstal dan diproduksi
  • Lebih mahal
  • Fisik kabel lebih tebal

3. Kabel Serat Optik / Fiber Optic Cable

Kabel serat optik menggunakan konsep pantulan cahaya melalui inti yang terbuat dari kaca atau plastik. Inti tersebut dikelilingi oleh kaca atau penutup plastik yang kurang padat yang disebut kelongsong. Kabel ini digunakan untuk transmisi data dengan volume yang besar.

Kabel Serat Optik (Fiber Optic Cable)
Kabel Serat Optik (Fiber Optic Cable)

Kelebihan :

  • Peningkatan kapasitas dan bandwidth
  • Ringan
  • Atenuasi sinyal yang rendah
  • Kekebalan terhadap gangguan elektromagnetik
  • Resistensi terhadap bahan korosif

Kekurangan :

  • Sulit untuk menginstal dan merawatnya
  • Harga yang masih mahal
  • Rapuh
  • Searah yaitu akan membutuhkan serat lain, jika kita membutuhkan komunikasi dua arah

4. Nirkabel

Media jenis ini juga disebut sebagai media transmisi Wireless. Tidak diperlukan media fisik untuk transmisi sinyal elektromagnetik.

Wifi Wireless Modem Router Jaringan LAN Cisco
Router Wifi LAN Cisco Packet Tracer – PC Smartphone Android Tablet

Fitur dan Ciri Umum:

  • Sinyal disiarkan melalui udara
  • Kurang aman
  • Digunakan untuk jarak yang lebih jauh

Ada 3 jenis utama dari Media Wireless:

(i) Gelombang Radio

Media ini mudah dibuat dan dapat menembus bangunan. Antena pengirim dan penerima tidak perlu disejajarkan. Rentang Frekuensi: 3KHz – 1GHz. Radio AM dan FM dan telepon nirkabel menggunakan Radiowaves untuk transmisi. Salah satu contoh penggunaannya melalui gelombang radio yaitu pada WiFi.

Selanjutnya dikategorikan sebagai (i) Terestrial dan (ii) Satelit.

(ii) Gelombang Mikro / Microwaves

Gelombang Mikro adalah transmisi garis pandang atau point to point, yaitu antena pengirim dan penerima harus disejajarkan satu sama lain. Jarak yang dicakup oleh sinyal berbanding lurus dengan ketinggian antena. Rentang Frekuensi: 1GHz – 300GHz. Media ini sebagian besar digunakan untuk komunikasi ponsel dan distribusi televisi.

(iii) InfraRed

Gelombang inframerah digunakan untuk komunikasi jarak sangat pendek. Mereka tidak bisa menembus penghalang. Sehingga hal ini mencegah gangguan antar sistem. Rentang Frekuensi: 300GHz – 400THz. Biasanya infrared digunakan di remote TV, mouse nirkabel, keyboard, printer, dll.

Perangkat Penghubung Jaringan LAN

Ada berbagai macam perangkat penghubung pada jaringan LAN yang banyak digunakan di pasaran berdasarkan jenis kebutuhan. Berikut ini beberapa contoh beserta penjelasan tentang perangkat tersebut dapat dilihat dalam keterangan dibawah ini.

1. Kartu Jaringan (NIC)

Networking Iinterface Card LAN
Networking Iinterface Card LAN

Network Interface Controller yang merupakan perangkat keras komputer untuk memungkinkan komputer berkomunikasi melalui jaringan komputer.

2. Hub

LAN HUB
LAN HUB

Hub yang merupakan perangkat komunikasi yang menyediakan titik sentral untuk jaringan kabel.

3. Repeater

LAN Repreater
LAN Repreater

Repeater adalah perangkat yang melakukan fungsi seperti memfilter gangguan sinyal, dan juga memperkuat sinyal retime.

4. Router

LAN Router WIfi Modem Wireless Nirkabel
Router

Router adalah perangkat keras yang biasanya dihubungkan oleh LAN dan WAN. Router saling berhubungan dengan jaringan komputer lain untuk berbagi data melalui jalur yang tersedia yang terhubung ke router.

5. Bridge

LAN Bridge
LAN Bridge

Bridge adalah sejenis perangkat jaringan komputer yang menawarkan interkoneksi dengan jaringan bridge lain yang menggunakan protokol yang sama.

6. Switch

LAN Switch
LAN Switch

Switch adalah perangkat yang mirip dengan hub, digunakan untuk menghubungkan komputer untuk membentuk jaringan. Switch memiliki kekuatan pemrosesan yang lebih besar dibandingkan hub, sehingga transfer data lebih efisien.

7. Media Access Unit (MAU)

Multistation Access Unit - LAN MAU
Multistation Access Unit – LAN MAU

MAU yang juga dikenal sebagai Multistation Access Unit merupakan suatu perangkat seperti HUB yang digunakan dalam jaringan komputer untuk bergabung dengan node atau perangkat dengan jaringan area lokal.

Topologi LAN

Bentuk jaringan area lokal (LAN) atau sistem komunikasi lainnya. Topologi jaringan bersifat fisik atau logis. Ada empat topologi utama yang digunakan dalam LAN. Berikut ini macam jenis topologi LAN yang dapat anda buat di Cisco Packet Tracer.

1. Topologi Bus yaitu saat rangkaian disusun dengan cara semua komputer dan perangkat dihubungkan secara seri ke kabel linear tunggal yang disebut trunk atau kadang-kadang disebut backbone. Kedua ujung bagasi harus terminasi untuk menghentikan sinyal memantul kembali kabel. Karena topologi bus tidak memiliki titik pusat, sulit untuk melakukan troubleshooting saat terjadi masalah pada jaringan. Selain itu, topologi Bus memiliki kekurangan yang mana gangguan pada titik mana pun di sepanjang bus dapat menyebabkan seluruh jaringan terganggu.

2. Topologi Ring / Cincin – Dalam topologi ini, semua komputer dan perangkat terhubung ke kabel yang membentuk loop tertutup. Setiap komputer pada jenis topologi ini bertindak seperti pengulang dan meningkatkan sinyal sebelum mengirimnya ke komputer berikutnya. Caranya yaitu dengan mentransmisikan data dengan melewatkan “token” di sekitar jaringan. Oleh karena itu jenis jaringan ini biasa disebut jaringan token ring. Mirip dengan topologi Bus, jika satu komputer gagal, seluruh jaringan akan mati.

3. Topologi Star / Bintang – Semua komputer dan perangkat terhubung ke hub atau sakelar yang terletak di pusat. Hub atau switch mengumpulkan dan mendistribusikan aliran data dalam jaringan. Lebih baik menggunakan switch daripada hub karena switch mentransmisikan data ke penerima yang dituju daripada ke semua host di jaringan.

4. Topologi Tree / Pohon – Topologi pohon menggabungkan karakteristik topologi linear bus dan star. Terdiri dari grup workstation yang dikonfigurasi dari topologi bintang yang terhubung ke kabel backbone bus linier.

Setiap jenis topologi ini juga dapat dimodifikasi sesuai dengan kenginan dan kebutuhan. Masing masing topologi LAN memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Pada saat ini ypoplogi yang paling banyak digunakan adalah topologi star. Beberapa topolgi sudah tidak digunakan karena sulitnya mencari hardware tambahan seperti topologi bus yang menggunakan Lan Card dan T Connector.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.