Mengenal Peripheral Komputer Macam dan Contohnya

Mengenal Peripheral Komputer Macam dan Contohnya – Komputer merupakan perangkat komunikasi yang digunakan untuk melakukan komunikasi jarak jauh dengan bantuan jaringan internet. Komputer terdiri dari dari perangkat keras dan perangkat lunak. Untuk pengguna komputer di sebut sebagai brainware, tanpa adanya brainware maka komputer tidak dapat berjalan sendiri. Komputer membutuhkan perangkat peripheral input maupun output untuk mendukung seluruh fungsi komputer. Berikut ini adalah beberapa macam peripheral komputer yang bisa kamu pelajari.

Macam Macam Perangkat Keras Komputer

Komputer terdiri dari 3 macam perangkat keras, tanpa adanya salah satu maka fungsi komputer akan cacat. Karena 3 perangkat ini saling berhubungan satu sama lain. Nah, berikut adalah 3 perangkat keras komputer :

1. Perangkat Keras Komputer Inputan

Perangkat keras inputan bertugas untuk memberikan perintah ke komputer mengenai suatu pemrosesan data. Tanpa adanya perangkat inputan maka mesin komputer tidak dapat berjalan.

2. Perangkat Keras Komputer Pemrosesan

Setelah perintah di inputkan saat nya perintah di eksekusi oleh perangkat pemroses. Pada perangkat ini terjadi pengolahan data yang hanya bisa di mengerti oleh bahasa mesin yang kemudian akan ditampilkan dalam bentuk yang bisa dimengerti manusia. Nah, perlu diketahui bahwa komputer hanya mengerti angka 0 dan 1. 0Β  artinya daya mati dan 1 daya hidup. Jika kamu ingin mendalami sistem komputer, maka pelajarilah pelajaran sistem komputer, sistem operasi dan pelajaranΒ  lainnya yang berkaitan dengan processing komputer.

3. Perangkat Keras Komputer Output

Data yang telah di proses dalam sistem pemrosesan maka selanjutnya adalah menampilkan hasilnya. Pada bagian ini, hasil pengolahan data bisa di mengerti oleh manusia.

Contoh Perangkat Keras Komputer

1. Perangkat Inputan

Contohnya adalah Mouse, Keyboard, Joystick, Microphone dan Scaner

2. Perangkat Pemroses

Contohnya adalah CPU

3. Perangkat Outputan

Contohnya adalah Monitor, Printer, Speaker dan lain sebagainya

Kesimpulan :

  1. Perangkat Keras Komputer terdiri dari 3 macam yaitu :
  2. Perangkat Keras Inputan : Mouse, Keyboard, Scaner
  3. Perangkat Keras Pemroses : CPU
  4. Perangkat Keras Output : Monitor, Printer, Speaker




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.