Cara Memilih Laptop Yang Baik Untuk Mahasiswa

Cara Memilih Laptop yang baik untuk Mahasiswa, Kebutuhan sekarang selalu melibatkan perangkat computer entah untuk tugas mengetik, power pint, mencari informasi atau ngegame. Sebagai Mahasiswa, pilihan Laptop yang minimalis harganya tentu menjadi prioritas pertama. Mengingat kebutuhan sebagai Mahasiswa sangat banyak dan penting, apalagi kalau merantau pasti banyak kan kebutuhan yang penting seperti Kos, Makan sehari – hari.

Memang banyak sekali warnet yang tersedia disekitar kampus tetapi apakah kamu akan selalu berdiam diri di warnet untuk mengerjakan tugas ? Tentu tidak kan, nah kali ini saya akan membahas mengenai Laptop yang bagus untuk kamu yang lagi menempuh pendidikan tinggi.

Ada banyak aspek pertimbangan yang digunakan untuk Mahasiswa dalam memilih Laptop. Berikut adalah penjelasannya.

Tips Memilih Laptop Yang Baik Untuk Mahasiswa

1. Memilih Membeli Dari Toko Resmi Penjual Laptop

Ini sangat penting, mengingat ada banyak pemilik toko yang menjual Laptop tetapi tidak menyediakan layanan service atau garansi. Ada garansi tapi kebanyakan buka garansi resmi alias distributor. Kalau kamu yakin dengan toko yang menyediakan garansi distributor dapat dipercaya silakan pilih dan beli disana.

2. Memilih spesifikasi sesuai dengan kebutuhan jangan berlebihan, Mahal !

Banyak dari teman saya membeli laptop karena model terbaru, spesifikasi generasi terbaru atau apalah. Semua itu berlebihan, mereka tidak mempertimbangkan dengan kebutuhan. Padahal mereka hanya menggunakan Laptop untuk mengetik atau untuk menonton film, buat apa beli laptop gaming yang harganya mahal ternyata hanya untuk kebutuhan sebagai Mahasiswa ? Beli laptop yang sesuai saja.

3. Menentukan RAM

Disini saya menyarankan spesifikasi pada kapasitas RAM (Random Acces Memory). Menurut saya untuk kebutuhan Mahasiswa belilah RAM dengan kapasitas 4GB (standart) agar tidak sering lag. Kemudian cari yang sudah support USB 3.0 agar cepat saat mengkopi atau memindahkan file dari perangkat eksternal ke Laptop atau sebaliknya.

Baca Juga : Cara Merawat Laptop Agar Tidak Lemot

4. Memilih Processor

Untuk saat ini processor yang baik menurut saya adalah intel karena multiproses dan tidak gampang panas. Untuk AMD lebih cepat dalam proses data, tapi ketika kamu membuka aplikasi lebih dari 3 akan terjadi lag (type single proses). Untuk prosesor sesuaikan saja dengan kebutuhan nanti. Apa nanti kamu menggunakan banyak aplikasi atau tidak. Pastinya harga Laptop yang memiliki Processor AMD akan jauh lebih murah dari pada Intel dengan perbandingan processor yang adil.

5. Mementukan VGA

Untuk mahasiswa sendiri VGA tidak begitu diperlukan sekalipun memang sangat baik untuk Laptop dari segi apapun. Tetapi mengingat VGA Card memiliki harga yang tidak murah dan tidak terlalu diperlukan kecuali jika digunakan dalam Rendering, Editing Video, Desain Grafik ataupun Gaming maka VGA sangat perlu digunakan. Biasanya jika pembelajaran mengarah ke Multimedia memang seharusnya memiliki biaya lebih untuk memebli spesifikasi laptop yang cukup tinggi.

6. Operating Systems (OS)

Gunakanlah Windows asli yang resmi untuk menhargai pembuat jika anda memang sangat berminat dan diuntungkan menggunakan Windows. Tidak perlu yang terbaru Windows 7 juga masih sangat layak untuk digunakan walaupun memang Windows 10 lebih baik baik dari segi performance.

Jika kamu tidak memiliki budget untuk membeli Windows maka sangat disarankan untuk menggunakan Linux. Selain aman untuk digunakan Operating Sistem yang satu ini juga gratis untuk digunakan. Bahkan banyak aplikasi seperti Office yang berbayar di Windows ada juga di Linux dengan versi berbeda yaitu LibreOffice dapat digunakan gratis untuk pengguna. Sangat baik sekali kan si Linux ini.

Baca Juga : Apa Itu Linux ? Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

7. Spesifikasi Laptop Yang Penting Untuk Mahasiswa

Processor, RAM dan VGA memang penting tetapi bagi kamu yang hanya menggunakan laptop untuk Office ataupun hanya untuk Presentasi lebih baik menggunakan yang standart sehingga biaya tidak akan teralau mahal.

  • DVD ROM – Spesifikasi yang lebih penting adalah apakah Laptop memiliki DVD Rom yang sangat penting untuk mengakses DVD RW selain itu yang tidak kalah pentiing bagi Laptop untuk mahasiswa adalah kekuatan Batrai Laptop.
  • Batrai Laptop – Karena sangat sering digunakan diluar yang mungkin tidak ada tempat Cas isi batrai ataupun harus berebut dengan yang lain saat dikampus maka batrai yang tahan lama sangat harus di utamakan.

Terakhir adalah menyesuaikan budget. Budget 4 juta kamu sudah bisa memiliki Laptop dengan spesifikasi yang sudah saya paparkan.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.