Manfaat Youtube bagi Pelajar dan Mahasiswa

Banyak hal yang kita dapatkan dari Youtube, yaitu kita dapat menikmati tayangan-tayangan yang berkualitas dari channel-channel yang berkualitas pula. Tetapi akhir-akhir ini kita banyak sekali orangtua yang melarang anak-anak mereka untuk menonton Youtube terlalu lama karena takut adanya konten negative yang ada di Youtube. Tapi tenang saja, karena Youtube kini telah memiliki fitur yang aman untuk digunakan anak-anak yaitu fitur Youtube for kids. Fitur ini sangat ramah digunakan untuk anak-anak karena dapat disesuaikan dengan umur dan pengalaman edukasi anak-anak. Dan pastinya terhindar dari konten negative yang ada.

Selain itu, Youtube for kids juga dapat memberikan rekomendasi video dalam beberapa kategori seperti music, jelajahi, pelajaran dan acara. Tampilan pada Youtube for kids juga sengaja di desain lebih bewarna untuk lebih akrab dengan anak-anak.

Untuk manfaat lainnya yang bisa di dapatkan dari youtube bagi pelajar dan mahasiswa yaitu, seperti di bawah ini :

1. Memberikan Banyak Informasi

Memberikan Banyak Informasi
Image : Grid.ID

Tidak dipungkiri lagi, Youtube merupakan salah satu platform yang banyak sekali memberikan kita banyak informasi. Salah satunya yaitu informasi yang sedang trending di lingkungan masyarakat saat ini. Untuk dapat melihatnya, kamu dapat masuk ke menu Trending. Nah, selanjutnya kamu dapat melihat video-video yang sedang trending dikalangan masyarakat. Bahkan yang sering di tonton oleh masyarakat.

Tidak hanya itu, untuk seorang pelajar atau mahasiswa kamu bisa mendapatkan informasi yang sangat banyak dari Youtube dalam bidang pendidikan. Contohnya saja kamu dapat melihat video tentang perkembangan pendidikan di Indonesia saat ini, kamu dapat melihat orang-orang yang sharing tentang pengalamannya saat sedang kuliah di luar negeri, bahkan melihat video orang yang sharing pengalamannya ketika mendapatkan beasiswa tertentu.

Baca Juga :  Pengertian HTTP : Internet, Fungsi dan Cara Kerja

2. Video Sarana Belajar

Video Sarana Belajar
Image : CiriCara

Tahukah kamu bahwasanya di Youtube juga banyak video animasi yang menjelaskan tentang pelajaran ? video ini pasti sangat bermanfaat untuk pelajar dan mahasiswa yang kurang memahami materi yang telah diajarkan guru maupun dosen. Apalagi jika kamu merupakan tipe pelajar atau mahasiswa yang mengandalkan visual, tentu saja dengan menonton video pelajaran akan lebih dimengerti dibandingkan dengan membaca buku.

3. Sharing Video dengan Teman

Sharing Video dengan Teman
Image : Labana.id

Kamu dapat membagikan video-video pelajaran yang mungkin dapat kamu andalkan ke teman-teman kamu. Tidak hanya itu, kamu juga dapat membagikan video yang menurut kamu bagus ke media social kamu seperti Twitter, Facebook dan social media lainnya.

Dengan membagikan video pelajaran yang menurut kamu berguna, ini akan membuat teman kamu menjadi lebih terbantu jika ia juga merasakan kesulitan pada suatu materi pelajaran.

4. Melatih Kreatifitas Pelajar dan Mahasiswa

Melatih Kreatifitas Pelajar dan Mahasiswa
Image : Tribunnews

Manfaat lainnya dari Youtube bagi Pelajar dan Mahasiswa yaitu Youtube bisa menjadi wadah pelajar dan mahasiswa untuk menuangkan atau melatih kreatifitas mereka. Jika seorang pelajar atau mahasiswa dapat membuat dan mengupload video sendiri ke Youtube, maka pelajar dan mahasiswa tersebut telah dianggap melek teknologi. Dengan begitu, pelajar dan mahasiswa dapat mengelola channel youtubenya sendiri tentunya dengan konten yang positif dan dapat memberikan manfaat bagi orang lain juga.

Tidak hanya itu, pelajar juga dapat mendownload video edukatif yang dapat membantu mereka menambah wawasan dan menyelesaikan masalah pada mata pelajaran tertentu. Untuk cara download video youtube tidaklah sulit, ada banyak tool online yang bisa digunakan dan tentunya tool tersebut bersifat gratis.

5. Menjadi Motivasi Pelajar dan Mahasiswa

Menjadi Motivasi Pelajar dan Mahasiswa
Image : Eskanor

Tanpa kamu sadari, Youtube bisa menjadi situs yang dapat membuat pelajar dan mahasiswa menjadi termotivasi untuk maju. Contohnya saja jika pelajar atau mahasiswa tersebut sering menonton pengalaman orang yang pernah berkuliah di luar negeri, maka dirinya juga semakin terpacu untuk dapat melakukan hal yang sama. Sehingga pelajar dan mahasiswa dapat belajar lebih keras untuk dapat berkuliah ke luar negeri.

Baca Juga :  Peluang Usaha Online Terbaru - Terbaik Tanpa Modal

Hal-hal kecil dari Youtube yang dapat memberikan pelajar dan mahasiswa manfaat diatas juga dapat kamu praktekkan ya. Apabila kamu ingin semakin termotivasi dan ingin menjadi lebih baik kamu dapat memilah-milah untuk Subscribe channel youtube yang memang bermanfaat dan memiliki konten yang sesuai dengan minat kamu. Selamat Mencoba !

Previous articlePertumbuhan Ekonomi : Teori, Faktor dan Cara Mengukur
Next articlePembangunan Ekonomi : Tujuan, Perencanaan, Faktor dan Indikator