5 Manfaat Facebook Untuk Pelajar Dan Dampak Buruknya

Jagad.idManfaat Facebook Untuk Pelajar – Facebook adalah situs jejaring sosial yang memungkinkan orang untuk terhubung dengan orang lain di mana pun mereka berada di dunia. Dengan hampir 2,7 miliar pengguna, ini telah menjadi situs media sosial paling kuat hingga saat ini.

Hampir tidak mungkin menemukan remaja modern yang hidupnya tidak terpengaruh melalui Facebook. Banyak orang terlepas dari kelompok umur mereka, sudah membuat akun di situs ini. Ini termasuk pelajar juga.

Pelajar mulai menggunakan Facebook untuk berbagai tujuan mulai dari hiburan hingga pendidikan. Tidak diragukan lagi bahwa Facebook membantu siswa dalam banyak hal. Dan sebaliknya, itu juga bisa merugikan mereka. Dengan mengetahui pro dan kontra, siswa akan tahu bagaimana menggunakan situs jejaring sosial ini tanpa mempengaruhi kehidupan mereka secara negatif.

Pada artikel kali ini, saya akan berkonsentrasi pada manfaat yang didapatkan saat menggunakan Facebook bagi Pelajar beserta dampak buruk yang di timbulkan. Melalui postingan ini, siswa akan mengetahui pro dan kontra menggunakan Facebook.

Manfaat Facebook Untuk Pelajar Dan Dampak Buruknya

Berikut merupakan ulasan tentang manfaat dari facebook untuk para pelajar serta dampak buruk yang ditimbulkan. Simak selengkapnya!

Manfaat Facebook

1. Jejaring atau koneksi

Facebook dapat digunakan untuk menjalin hubungan dengan siswa di seluruh dunia. Di mana pun Anda berada di dunia, Anda dapat tetap terhubung dengan teman dan keluarga. Hal ini dapat digunakan oleh siswa untuk berkomunikasi dengan sesama siswa dan lembaga pendidikan.

Banyak remaja sering merasa tertarik untuk mengobrol dengan teman pena mereka dengan minat yang sama. Beberapa siswa bahkan mengembangkan keterampilan bahasa mereka dengan mengobrol dengan orang asing dari negara lain.

2. Informasi

Facebook adalah platform terbesar di mana orang cenderung berbagi informasi secara teratur. Sama dapat digunakan untuk tujuan pendidikan juga. Dengan membuat grup di Facebook, siswa akan dapat bertukar informasi dengan teman sebayanya. Dalam grup ini, siswa berbagi informasi ujian, pekerjaan rumah dan tugas.

Institusi dapat membuka halaman Facebook dan berkomunikasi dengan siswa mereka pada kesempatan reguler. Misalnya, mereka dapat memberi tahu siswa setiap kali sekolah dibuka atau ditutup.

3. Berita

Tidak seperti orang tua kita, siswa atau pelajar tidak perlu membaca koran pagi atau menyalakan televisi untuk menonton berita. Siswa dapat mengumpulkan berita dan tajuk utama terbaru hanya dengan mengikuti halaman Facebook. Ada berbagai halaman berita yang tersedia dari kantor berita internasional yang menyediakan pembaruan rutin tentang berita terbaru di seluruh dunia.

Halaman-halaman ini menyediakan pembaruan berita instan dari negara lokal mereka ke tingkat internasional. Meskipun ada banyak aplikasi dan situs web untuk tujuan ini, banyak siswa yang merasa yakin untuk menggunakan Facebook.

4. Ekspresi Bakat

Facebook adalah platform di mana siswa dapat menggunakannya untuk memamerkan akademisi mereka serta bakat lainnya. Ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengungkap bakat terpendam Anda. Misalnya, siswa dapat membuat halaman Facebook tempat mereka memposting keterampilan fotografi mereka. Atau memposting video mereka bernyanyi dan menari, semua itu dapat menarik perhatian publik.

5. Peluang Karir

Siswa dengan pendidikan tinggi atau kualifikasi serupa akan dapat menemukan peluang karir yang paling sesuai dengan profil mereka. Universitas di seluruh dunia memposting iklan di Facebook sehingga dapat merekrut kandidat baru untuk program pendidikan mereka.

Demikian pula, ini membantu siswa menemukan pekerjaan impian mereka. Perusahaan juga memposting tentang penawaran pekerjaan mereka di halaman Facebook. Dengan menggunakan halaman tersebut, siswa dapat menemukan tawaran pekerjaan dengan kualifikasi mereka.

Dampak Buruk Facebook

1. Kecanduan

Sementara Facebook memberi kita banyak manfaat dalam hal informasi dan berita, situs jejaring sosial yang sama dapat membawa dampak negatif bagi pendidikan siswa.

Facebook dikenal sebagai platform yang sangat adiktif. Ini mencakup banyak fitur seperti obrolan, cerita, dan umpan berita, semua itu dapat membuat pengguna menghabiskan lebih banyak waktu. Penggunaan berlebihan semacam ini dapat secara serius memengaruhi fokus siswa pada akademisi mereka.

2. Anti Sosial

Kebanyakan remaja yang menggunakan facebook lebih tertarik dengan dunianya sendiri. Dalam perlombaan untuk mendapatkan lebih banyak pengikut dan teman, mereka mungkin lupa berinteraksi dengan dunia nyata.

Beberapa remaja menyebutkan bahwa mereka tidak memiliki waktu untuk menghabiskan waktu bersama anggota keluarga saat berada di media sosial selama berjam-jam. Ini pasti akan berdampak pada hubungan yang kita miliki dengan keluarga kita serta teman-teman di sekitarnya. Apapun media sosialnya, penggunaan yang berlebihan bisa membuat kita menjadi anti sosial.

3. Vulgaritas

Facebook tidak sepenuhnya bebas dari vulgar. Siswa di bawah umur, khususnya remaja dapat terpapar pada hal-hal vulgar seperti itu tanpa perhatian orang tua mereka. Meskipun Facebook mengambil tindakan maksimal untuk mencegah kevulgaran, masih ada beberapa halaman dan grup Facebook yang mempromosikan kekerasan dan memposting konten dewasa.

Bahkan jika seorang siswa tidak mencarinya, mereka bisa saja terekspos secara tidak sengaja. Maka sudah menjadi kewajiban orang tua untuk menjaga anaknya dari hal-hal yang vulgar tersebut.

4. Bullying

Beberapa siswa juga mengalami cyber-bullying di Facebook. Jenis pelecehan ras, agama, dan penghinaan tubuh yang sama yang terjadi di sekolah dan komunitas juga dapat terjadi secara online. Lebih dari orang dewasa, anak-anak lebih sering mengarah pada pelecehan semacam ini.

Namun untuk menghadapi situasi seperti itu, Facebook menawarkan beberapa opsi seperti memblokir, menghapus pertemanan, atau melaporkan orang tersebut. Banyak anak yang tidak mengetahui alat ini.

5. Masalah Kesehatan

Mirip dengan situs jejaring sosial lainnya, penggunaan Facebook yang berlebihan dapat berdampak negatif terhadap kesehatan siswa dalam banyak hal. Salah satunya adalah obesitas. Apa yang mereka harapkan duduk di depan komputer dalam waktu lama dan menghindari aktivitas fisik. Jadi pasti, mereka akan mendapatkan beberapa pound. Jika aktivitas tersebut berkepanjangan, hal ini dapat menyebabkan obesitas.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang manfaat facebook untuk pelajar beserta dampak buruk yang di timbulkannya. Dengan mengetahui hal tersebut anda atau anak anda, bisa menjaga atau mengantisipasi. Terima kasih!

error: This content is protected by DMCA