RAM Untuk Laptop Yang Terbaik! Simak Ulasannya!

Jagad.id – Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan saat membeli laptop, termasuk berapa banyak RAM untuk laptop yang Anda perlukan. RAM, atau Memori Akses Acak, bukanlah salah satu spesifikasi terpenting untuk dipertimbangkan akhir-akhir ini, tetapi tetap penting untuk mendapatkan jumlah yang tepat sesuai dengan beban kerja Anda.

Itu sebabnya kami di sini untuk memecah RAM dan berapa banyak yang dibutuhkan laptop, tergantung pada kasus penggunaannya. Terlebih jika anda membutuhkan kinerja laptop yang maksimal, tentu anda membutuhkan RAM lebih besar kan! Simak Ulasannya dibawah ini yah!

RAM Untuk Laptop Yang Terbaik

Secara umum, sebagian besar laptop standar hadir dengan RAM 8GB. Kami akan merekomendasikan bahwa kebanyakan orang membidik 8GB, karena akan memberikan kinerja yang lancar selama tugas-tugas dasar seperti menjelajah web dan mengirim email.

8GB juga harus lebih dari cukup untuk sebagian besar pekerja kantoran, jadi Anda mungkin tidak perlu khawatir untuk meningkatkan RAM saat checkout jika Anda berencana untuk tetap menjalankan tugas dan aplikasi sehari-hari.

Apakah ada laptop yang memiliki RAM kurang dari 8GB?

Ya, beberapa laptop akan hadir dengan RAM kurang dari 8GB, meskipun tidak begitu umum. Umumnya, Chromebook adalah laptop utama yang hadir dengan RAM 4GB, dengan Acer Chromebook 314 sebagai contoh yang bagus.

Sekali lagi, kami selalu menyarankan untuk membidik RAM untuk laptop 8GB jika memungkinkan, tetapi RAM 4GB masih dapat memberikan kinerja yang layak untuk laptop Chromebook. Yang mengatakan, Anda mungkin akan melihat perlambatan saat multitasking atau membuka beberapa jendela browser web secara bersamaan.

Apakah saya membutuhkan lebih dari 8GB RAM?

Kebanyakan orang akan baik-baik saja dengan 8GB RAM, karena Anda tidak benar-benar membutuhkan lebih banyak saat melakukan tugas-tugas sederhana seperti membuka beberapa jendela browser web secara bersamaan.

Tetapi jika Anda ingin terlibat dalam pekerjaan yang lebih intensif di laptop Anda, seperti bermain game atau pembuatan konten, Anda akan ingin mencari lebih dari 8GB. Seperti yang dapat Anda bayangkan, memuat dunia dalam game yang besar atau membuat animasi yang rumit akan membutuhkan kapasitas memori yang lebih besar untuk memastikan kinerja yang mulus.

Oleh karena itu, kami menyarankan untuk memiliki RAM 16GB sebagai tempat awal yang ideal untuk beban kerja seperti itu. Tetapi penting untuk dicatat bahwa RAM dapat dengan cepat dimakan oleh render dan video, yang berarti bahwa 16GB mungkin tidak cukup untuk permainan dan tugas tertentu.

Dalam hal ini, Anda dapat menemukan laptop dengan RAM lebih dari 32GB, dengan laptop Apple MacBook Pro 16 inci yang dapat dikonfigurasi hingga 32GB saat dipasangkan dengan chipset M1 Max. MacBook Pro 14-inci juga naik hingga 32GB, karena kedua laptop telah dirancang untuk beban kerja kreatif yang intensif.

Dalam hal game, selalu ada baiknya memeriksa persyaratan minimum dari game. Secara umum, Anda tidak perlu mencari laptop gaming dengan kapasitas lebih dari 16GB, dengan Elden Ring yang menganggap memori tersebut cukup. Sebaliknya, Anda lebih baik memfokuskan uang Anda untuk meningkatkan CPU atau GPU.

Umumnya, CPU dan GPU seperti itu adalah pertimbangan yang lebih penting untuk kinerja, karena mereka tidak hanya dapat menghindari kemacetan, tetapi juga meningkatkan kinerja frame-rate secara substansial. Namun demikian, tetap penting untuk memperhatikan berapa banyak RAM yang dimiliki laptop Anda sebelum membeli, untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik.

Jika Anda ingin lebih banyak tips membeli laptop baru, baca artikel kami tentang berapa banyak baterai yang dibutuhkan laptop, serta laptop apa yang Intel Evo. Anda juga dapat melihat daftar laptop terbaik kami untuk tahun ini, untuk ukuran keseluruhan laptop berkualitas tinggi mana yang tersedia saat ini.

Jangan sapai anda memilikih laptop yang tidak sesuai dengan kebutuhan anda yah! Anda perlu mempertimbangkan spesifikasi laptop yang tepat.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang RAM untuk laptop terbaik yang bisa anda ketahui. Semoga dari ulasan kami diatas dapat membantu anda dalam memahami dan dapat menggunakannya dengan benar di PC atau laptop anda yah! Terima kasih!

error: This content is protected by DMCA