Kelebihan dan kekurangan Self Selling di Amazon, Wajib Tahu!

Jagad.id – Kelebihan dan kekurangan Self Selling di Amazon – Amazon adalah salah satu situs e-commerce yang paling banyak digunakan. Ini memiliki jutaan pengguna yang melakukan miliaran transaksi setiap tahun. Ini adalah platform yang bagus untuk digunakan untuk menjual produk Anda karena dikenal dan dipercaya oleh pengguna di seluruh dunia.

Kelebihan dan kekurangan Self Selling di Amazon

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan Amazon untuk menjual produk Anda. Pro dan kontra telah dibahas di bawah ini.

Kelebihan dari self selling di Amazon

  • Basis Pelanggan Besar

Langkah terbesar dalam memulai bisnis online adalah menciptakan basis pelanggan. Ini membutuhkan banyak waktu ketika Anda memiliki situs web sendiri yang terpisah. Amazon menangani ini.

Ada lebih dari 250 juta pengguna aktif di Amazon dari seluruh dunia. Ini sangat bagus untuk pemula dan bisnis kecil karena basis pelanggan semacam ini sangat sulit untuk dibuat.

  • Kredibilitas Instan

Membeli dari usaha kecil atau start-up tidak selalu mudah sebagai konsumen. Anda mempertanyakan apakah produknya bagus atau tidak atau apakah pembayarannya scam. Karena Amazon memproses pembayaran untuk didistribusikan ke vendor, pelanggan tampaknya merasa nyaman.

Kenyamanan yang diberikan Amazon kepada pelanggan ini memberikan kredibilitas kepada vendor yang akan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menghasilkan.

  • Masalah Layanan Pelanggan Ditangani Secara Internal

Salah satu masalah terbesar dalam memulai bisnis online adalah berurusan dengan pelanggan dan masalah serta keluhan mereka. Ini bisa menjadi sibuk ketika Anda baru memulai.

Jika sesuatu terjadi pada pesanan, Amazon bertanggung jawab untuk menangani pesanan itu. Mereka memproses pengembalian dan menangani pemenuhan pesanan.

  • Masalah Teknis Lebih Rendah

Amazon memiliki waktu aktif yang fenomenal. Situs ini selalu aktif dan tersedia di setiap negara yang dapat Anda tuju. Bagi Anda sebagai vendor, ini berarti Anda tidak perlu khawatir produk Anda tidak dapat dicari oleh orang-orang di area tertentu atau downtime yang memengaruhi penjualan Anda. Ini bisa menghemat ribuan dolar setiap tahun.

Kekurangan Self Selling di Amazon

  • Kompetisi

Ada lebih dari 100 merek berbeda di Amazon. Saat pelanggan menelusuri suatu produk, semua merek yang memiliki produk tersebut akan dicantumkan. Produk Anda mungkin belum tentu berada di urutan teratas pencarian sehingga secara alami, penjualan Anda mungkin menurun. Persaingan jauh lebih banyak daripada ketika Anda memiliki situs web individu.

  • Tidak Ada Akses ke Informasi Pelanggan

Setiap pelanggan yang membeli produk Anda dari Amazon meninggalkan informasi mereka seperti nama, alamat, dan alamat email tetapi Anda tidak memiliki akses ke sana karena Amazon memproses pesanan. Di pihak Anda, ini bisa berarti bahwa Anda tidak akan dapat mengirimkan upaya pemasaran tambahan kepada pelanggan Anda. Akibatnya, Anda bisa kehilangan beberapa penjualan.

Anda bisa mendapatkan akses ke alamat pengiriman mereka tetapi mengirim email ke lokasi ini akan dikenakan biaya dan mungkin tidak sepadan.

  • Persaingan untuk Produk Serupa

Saat Anda menjual produk di platform seperti Amazon, ada kemungkinan besar ada beberapa merek lain yang menjual produk yang sama. Ada banyak persaingan tetapi kesadaran merek individu yang lebih rendah. Ini bisa membuat hampir tidak mungkin bagi Anda untuk menginjakkan kaki di pintu.

  • Tidak ada kontrol pada Ulasan Produk

Adalah normal bagi suatu produk untuk memiliki ulasan. Pelanggan yang meninggalkan ulasan ini mendasarkan perasaan mereka pada produk yang sebenarnya tetapi juga normal bagi mereka untuk mendasarkan perasaan mereka pada waktu pengiriman atau kualitas layanan yang diberikan oleh vendor.

Bukan hal yang aneh bagi penjual untuk membeli atau mendorong ulasan yang baik dari pelanggan karena ulasan negatif mempengaruhi penjualan produk tersebut. Menjual di Amazon dapat mengambil kemampuan ini dari Anda.

Kelebihan dan kekurangan Amazon ini menunjukkan bahwa itu bisa menjadi tempat yang tepat untuk Anda jika Anda adalah vendor kecil atau pemula. Ini bisa memberi Anda akses ke database pelanggan yang Anda butuhkan dan memberikan dorongan bisnis Anda. Jika Anda adalah bisnis yang lebih besar, Amazon mungkin bukan jalan yang tepat untuk Anda ambil.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang kelebihan dan kekurangan self selling di amazon yang bisa anda ketahui. Semoga dari ulasan diatas dapat membantu anda yah! Terima kasih!

error: This content is protected by DMCA