Kelebihan Dan Kekurangan Internet Explorer
No ratings yet.

Pengguna operation system, sering disingkat OS, Windows di Indonesia tergolong sangat besar jumlahnya. Sekitar 75%  dari seluruh pengguna laptop ataupun komputer di Indonesia menggunakan Windows sebagai operation system yang terinstall pada laptop atau komputer mereka. Windows sendiri ialah operation system yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft.

Untuk urusan internet, Windows telah mencantumkan peramban buatan sendiri dalam setiap serinya Windows. Peramban tersebut bernama Internet Explorer atau sering disingkat IE, meskipun pada kenyataannya IE juga merupakan singkatan dari fitur Inspect Element yang terdapat pada setiap peramban yang ada. Versi terbaru dari Internet Explorer ini adalah Internet Explorer 11.0. Peramban yang dikembangkan oleh Microsoft ini hanya bisa diinstall pada operation system Windows saja. Versi terbaru dari Internet Explorer ini diperbarui terakhir pada tahun 2016 dan memiliki ukuran file installer sebesar 28.34 MB.

Apa sih keunggulan dari Internet Explorer 11.0 ini ? Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh peramban ini, diantaranya :

  • Terjaminnya keamanan data pengguna

Microsoft selaku pengembang dari peramban Internet Explorer 11.0 memprioritaskan segi keamanan bagi penggunanya. Mereka mengklaim bahwa veri terbaru dari Internet Explorer ini mampu menjaga keamanan data pengguna dari upaya kejahatan siber.

  • Tidak perlu melakukan install terlebih dahulu

Sebagaimana kita ketahui bahwa Internet Explorer sudah menjadi bagian dari operation system Windows sehingga ketika menginstall Windows pasti juga ikut terinstall peramban ini. Akan tetapi, untuk pengguna OS Windows yang terdahulu dan susah untuk memperbarui peramban ini dengan fitur update, bisa dengan mengunduh installer yang disediakan oleh pihak Microsoft sendiri.

  • Tersedia untuk pengguna telepon pintar

Tidak semua telepon pintar bisa menggunakan Internet Explorer 11.0 ini. Hanya telepon pintar keluaran Microsoft yang memiliki operation system Windows di dalamnya yang bisa menggunakan peramban ini. Karena peramban ini dikembangkan khusus untuk operation system Windows sehingga tidak bisa digunakan untuk operation system lain.

  • Cocok untuk pengguna surat elektronik dari Microsoft

Fitur yang dimiliki oleh peramban ini sangat memudahkan pengguna surat elektronik dari Microsoft, yaitu Live mail, dalam menjelajah dunia maya. Notifikasi dari setiap situs yang telah ditandai melalui fitur bookmark dapat diterima melalui surat elektronik tersebut.

  • Terdapat banyak fitur di dalamnya

Microsoft melengkapi peramban Internet Explorer dengan berbagai fitur. Fitur-fitur tersebut bertujuan untuk menciptakan pengalaman berselancar yang lebih nyaman dan aman bagi setiap penggunanya. Seperti fitur SmartScreen Filter yang diklaim mampu mendeteksi kemungkinan laman phising yang dapat merugikan pengguna.

  • Efisien dalam penggunaan RAM

Pihak pengembang telah melakukan upaya yang semaksimal mungkin agar peramban ini hanya memakan RAM yang sedikit sehingga pengguna dapat menggunakan aplikasi lain secara bersamaan dengan penggunaan peramban ini. Selain itu, dengan terciptanya efisiensi RAM, maka peramban menjadi ringan ketika digunakan sehingga pengguna dapat berselancar dengan nyaman.

  • Tampilan yang menarik

Tampilan Internet Explorer 11.0 ini jauh lebih segar dibandingkan dengan Internet Explorer versi sebelumnya. Tampilan versi sebelumnya terlihat sangat monoton dan terkesan berat saat digunakan.

  • Tersedia dalam berbagai bahasa

Pihak Microsoft menyediakan Internet Explorer untuk dalam berbagai bahasa. Mulai dari bahasa Inggris, Arab, sampai bahasa Indonesia. Hal ini sangat memudahkan pengguna dari Indonesia dalam menggunakan peramban ini, terutama bagi pengguna yang belum memahami bahasa luar negeri, seperti bahasa Inggris.

  • Terdapat fitur Correction Word

Fitur Correction Word ini hanya tersedia dalam peramban Internet Explorer 11.0. Tidak ada peramban lain ataupun Internet Explorer versi sebelumnya yang memiliki fitur ini. Jelas fitur ini sangat membantu bagi pengguna yang sering melakukan typo.

Setelah membahas keunggulan dari Internet Explorer 11.0, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas kelemahan dari Internet Explorer 11.0. Lantas apa saja kelemahan peramban ini ? Beberapa kelemahan yang ditemukan pada peramban Internet Explorer versi terbaru ini, diantaranya :

  • Start awal yang berat

Meskipun pengembang mengklaim bahwa Internet Explorer 11.0 sudah mampu mengefisienkan penggunaan RAM, tetapi pada kenyataannya untuk start awal membuka aplikasi ini masih cukup berat.

  • Terlalu banyak command dan menu bar

Pihak pengembang memang menyediakan banyak sekali menu bar yang bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam berselancar di dunia maya. Akan tetapi, justru dengan banyaknya menu bar ini dapat mengganggu kenyamanan pengguna. Pengguna akan menilai bahwa Internet Explorer 11.0 ini “ ribet ” sehingga bisa saja pengguna beralih ke peramban lain. Meskipun, memang menu bar ini bisa diatur sesuai dengan kebutuhan pengguna. Tetapi, jika sebanyak ini, pasti malas juga untuk mengaturnya.

  • Masih sering terjadi kegagalan membaca script seperti CSS

Kemampuan membaca beberapa jenis script terutama CSS pada Internet Explorer 11.0 masih tergolong rendah. Masih sering terjadi kegagalan dalam membaca script CSS yang digunakan oleh banyak situs.

  • Kurangnya Ads-On

Sebenarnya Internet Explorer ini memiliki beberapa Ads-On, akan tetapi jumlahnya masih sangat kecil. Jumlah Ads-On yang ditawarkan dalam peramban ini kalah jauh jika dibandingkan dengan jumlah Ads-On pada peramban lain seperti Mozilla Firefox dan Google Chrome.

  • Kecepatan berselancar

Meskipun pihak Microsoft telah mengklaim bahwa perambannya ini telah dibekali oleh fitur yang bisa mempercepat berselancar, namun pada kenyataannya peramban ini masih kalah cepat jika dibandingkan dengan peramban populer lainnya.

  • Ter-logout-nya akun dari situs-situs apabila Internet Explorer ditutup

Tidak diketahui secara pasti mengapa hal ini bisa terjadi. Tetapi, ter-logout-nya akun dari situs-situs apabila Internet Explorer ini ditutup memang benar terjadi. Hal ini jelas sangat merugikan bagi pengguna yang memiliki banyak akun di dunia maya.

  • Correction Word yang justru merugikan

Tujuan fitur ini adalah membantu orang-orang yang sering melakukan typo ketika mengetik sesuatu. Akan tetapi, fitur ini justru menjadi musuh bagi orang yang tidak menggunakan bahasa Inggris. Fitur ini didesain untuk memperbaiki penulisan kata dalam bahasa Inggris. Jadi, ketika mengetik dalam bahasa selain bahasa Inggris, contohnya bahasa Indonesia, akan penulisan yang sudah benar malah akan tergantikan menjadi penulisan dalam bahasa Inggris yang tidak sesuai dengan keinginan pengguna.

Dengan mengetahui keunggulan dan kelemahan yang terdapat pada peramban Internet Explorer 11.0 diharapkan bisa menambah wawasan pengguna internet yang ada di Indonesia. Artikel ini dapat dijadikan sebagai referensi apakah akan menggunakan Internet Explorer 11.0 sebagai peramban yang kita gunakan atau justru menggunakan peramban lain. Selain itu, Mircosoft diharapkan untuk memperbaiki lagi peramban ini supaya pengguna Internet Explorer menjadi semakin nyaman dan aman dalam menjelajahi dunia maya.

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Apakah artikel ini perlu tambahan penjelasan? Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.