Kelebihan dan kekurangan MS Excel, Simak Selengkapnya!

Jagad.id – Kelebihan dan kekurangan MS Excel – Dengan munculnya berbagai alat dan peningkatan teknologi, sebagian besar informasi tentang peristiwa yang terjadi di seluruh dunia dapat ditemukan dengan menggunakan alat yang dikenal sebagai “Internet” saja. Akibatnya, untuk satu peristiwa, kita dihadapkan pada lebih dari satu faktor yang mempengaruhinya. Wajar untuk menyimpulkan bahwa faktor-faktor ini mungkin dapat mempengaruhi hasil dari peristiwa ini di masa depan juga. Jadi, pertanyaannya adalah bagaimana kita menangani informasi ini?

Di mana kita menyimpannya dengan aman sehingga kita bisa merujuknya nanti? Salah satu alat yang banyak digunakan untuk mengelola data atau, katakanlah, informasi adalah penggunaan perangkat lunak aplikasi yang disebut Microsoft Excel.

Microsoft Excel, yang dikenal sebagai Ms-Excel atau hanya Excel, adalah perangkat lunak aplikasi serbaguna yang dikembangkan oleh Microsoft untuk Windows, Android, macOS, dan iOS sebagai bagian dari Microsoft Office Suite.

Saat paket membaca Microsoft Office Suite, paket ini banyak digunakan untuk tujuan penghitungan, pengumpulan data dan informasi, visualisasi, dan sebagainya oleh kelompok kerja.

Namun, setelah menyadari pentingnya dan manfaat memiliki pengetahuan kerja Excel di era dengan kemajuan teknologi yang pesat, itu juga diajarkan kepada siswa, terutama di sekolah menengah, melalui kursus yang berkaitan dengan ilmu komputer.

Karena dunia semakin didorong oleh data, Ms-Excel adalah salah satu perangkat lunak yang menawarkan alat yang membantu kami bekerja dengan data melalui berbagai bentuk analisis. Namun, pada akhirnya, kami tidak dapat menyangkal fakta bahwa data yang kami buka tidak terbatas pada 100 baris dan 100 kolom, tetapi berada dalam beberapa ribu.

Oleh karena itu, Ms-Excel memiliki keterbatasan yang tidak dapat kami sangkal ketika kami ingin mempertimbangkan penggunaannya. Jadi, dalam artikel ini, kita akan melihat berbagai aspek Microsoft Excel yang akan membantu kita memahaminya dan membuat keputusan untuk diri kita sendiri.

Kelebihan dan kekurangan MS Excel

Dan berikut merupakan ulasan tentang kelebihan serta kekuragan dari Ms Excel yang bisa anda ketahui.

Kelebihan MS Excel

1. Perbandingan Mudah dan Efektif

Jika Anda sudah cukup lama berkecimpung di dunia bisnis, maka Anda pasti tahu seberapa sering perbandingan dilakukan setiap saat untuk memahami perubahan di pasar saham.

Bukan hanya bisnis, para profesional yang bekerja di bidang seperti psikologi, sosiologi, ilmu politik sering membandingkan data yang dikumpulkan untuk memahami tren dalam penelitian mereka seperti data politik, bagaimana kasta dan pendapatan keluarga saling mempengaruhi di masa lalu dan sekarang, dan sebagainya.

Dengan alat analitik canggih yang disertakan, Microsoft Excel menawarkan Anda kemampuan untuk menganalisis sejumlah besar data, menemukan pola yang akan memengaruhi kesimpulan dari pekerjaan yang telah Anda lakukan.

Beberapa alat termasuk alat visualisasi data seperti grafik, histogram, diagram kotak-plot dan sebagainya. Alat-alat ini membantu Anda menganalisis data dan menyusun data Anda sesuai dengan itu tanpa banyak kerumitan melakukannya secara manual dengan tangan dan kertas.

2. Aksesibilitas dan Kolaborasi

Dengan kemajuan teknologi, Microsoft telah mengembangkan versi web dari aplikasi mereka dari paket Office Suite. Ini memungkinkan Anda untuk bekerja di Ms-Excel versi web bersama rekan atau kolega Anda, yang secara teknis memungkinkan Anda dan rekan Anda memiliki akses ke dokumen Excel dari mana saja dan memanipulasinya secara bersamaan.

Jadi, jika Anda sedang mengerjakan kumpulan data yang besar dan terjebak di suatu tempat, maka Anda tidak perlu menunggu sampai waktu berikutnya untuk bertemu rekan atau kolega Anda untuk mendapatkan bantuan.

Selain itu, Microsoft telah mengembangkan aplikasi Excel yang dapat diintegrasikan ke dalam smartphone sehingga pengguna dapat memiliki akses ke file Excel untuk melihat, mengedit, dan membagikannya.

Meskipun Microsoft Excel diperbarui dari waktu ke waktu dan terlepas dari kelebihan dan kekurangan MS Excel, pengguna mungkin memerlukan teknologi terbaru untuk memanfaatkan perangkat lunak ini sebaik mungkin. Namun, ini tidak membatasi pengguna untuk menjalankan perangkat lunak pada PC atau Laptop berdaya rendah mereka.

3. Data dan Analisis

Excel adalah alat yang hebat untuk analisis data bukan hanya karena kita dapat menyimpan data dan melakukan perhitungan, tetapi juga karena beberapa alat yang ditawarkan di dalamnya.

Alat pemfilteran, penyortiran, dan pencarian yang canggih meningkatkan kemampuan pengguna untuk secara efisien mempersempit kriteria yang dipertimbangkan dalam membuat keputusan. Dengan demikian, memungkinkan pengguna untuk bermain-main dengan sejumlah besar data dengan cara yang efisien.

Akibatnya, konsep tabel, tabel pivot, dan berbagai teknik visualisasi yang dikombinasikan dengan alat-alat di atas dapat membantu pengguna menemukan informasi yang dia inginkan dengan segera meskipun ada sejumlah besar item data.

Kekurangan MS Excel

1. Kontrol dan Keamanan

Terkadang data dan informasi yang kami paparkan berukuran sangat besar. Ketika file terlalu besar, dapat membuat program excel berjalan sangat lambat karena interpreter/compiler harus melalui setiap baris dan/atau kolom. Cara termudah untuk memastikan bahwa excel hemat waktu adalah dengan memecah file menjadi file yang lebih kecil. Namun, ini dapat menyebabkan beberapa data hilang atau salah tempat.

Juga, Microsoft Excel menggunakan perkiraan pada angka yang sangat besar menggunakan perhitungan yang tidak tepat. Dengan demikian terlepas dari kelebihan dan kekurangan MS Excel, ini juga membahayakan akurasi dan pengguna hampir tidak dapat mengontrolnya karena fitur ini sudah ada di dalamnya.

Jadi, jika ada orang yang berbeda menangani input file yang sama maka file tersebut rentan terhadap kesalahan dan ketidakakuratan. Kesalahan-kesalahan ini tidak hanya sulit untuk ditemukan lebih jauh di sepanjang proses tetapi juga dapat berdampak negatif pada bottom line.

2. Data dan Pertumbuhan

Pada titik ini, dapat dikatakan bahwa Microsoft Excel adalah alat yang ideal untuk melakukan analisis satu kali. Namun, ini mungkin tidak sebagian besar terjadi.

Microsoft Excel menonjol di dunia bisnis dan, dengan bisnis apa pun, Anda terus berupaya untuk meningkatkan. Seiring waktu, data tumbuh dan berkembang. Jadi, Anda memerlukan alat pelacak data untuk tumbuh bersama Anda. Namun, Excel tidak berkinerja lebih baik di depan ini.

Sederhananya, pertumbuhan organisasi Anda berbanding lurus dengan jumlah spreadsheet Excel, yang membuka informasi Anda lebih jauh. Dengan demikian, ini membuat organisasi/pengguna sulit untuk dapat mengikuti dan mungkin dapat menyebabkan hasil dan keputusan yang buruk.

3. Inefisiensi Waktu

Data tidak masuk ke dalam spreadsheet. Pengguna harus memasukkan setiap bit secara manual. Sehingga dapat memakan waktu yang lama apalagi jika memiliki data yang banyak sehingga membuat Excel tidak efisien dalam hal efisiensi waktu. Selain itu, memasukkan data dalam jumlah besar berpotensi menyebabkan kesalahan karena sebagian besar manusia dapat memperhatikan hanya untuk jangka waktu tertentu.

Kesimpulan

Dari ulasan kelebihan dan kekurangan MS Excel diatas, kita dapat mengatakan bahwa efisiensi Excel bergantung pada jenis tugas yang ingin dilakukan pengguna. Excel adalah alat yang ideal untuk analisis cepat dari data yang dimiliki pengguna. Namun, jika data penting untuk masa depan organisasi atau perusahaan, maka itu mungkin belum tentu menjadi alat yang ideal untuk bekerja dengan setiap jenis data.

error: This content is protected by DMCA