Sejarah Whatsapp

Mengenal media komunikasi memang tidak akan pernah ada habisnya. Disetiap waktu pembaharuan dalam media sosial memang selalu meningkat dan cenderung tidak dapat dihindari. Tidak dipungkiri jika Whatsapp menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan. Dengan menjadi salah satu media penghubung antar masyarakat di dunia, nyatanya Whatsapp memiliki banyak point yang harus dipelajari.

Bukan tidak mungkin jika sampai saat ini Whatsapp masih menjadi aplikasi perpesanan terpopuler di dunia. Nyatanya berdasarkan ranking yang dikategorikan kedalam Internet and Telecom Social Network, whatsapp masih menjadi yang terbaik. Terakhir pada tanggal 1 Januari 2019, nyatanya Whatsapp mampu menduduki peringkat ke-8. Untuk Global Rank nya Whatsapp masih berada di posisi ke-30.

A. Apa itu Whatsapp?

Jika sebelumnya anda pernah menggunakan Whatsapp, maka anda harus tahu jika kegunaan dari Whatsapp ini adalah sebagai media perpesanan online. Yang mana anda tidak akan membutuhkan pulsa untuk menggunakannya, melainkan berdasarkan penggunaan kuota internet. Memang fakta mengenai Whatsapp sempat menggemparkan dengan diambil alihnya aplikasi ini oleh Facebook pada tahun 2014.

Tentunya hampir semua orang sudah memahami jika banyak fitur pada Whatsapp yang cukup menarik, sebagai salah satu platform untuk perpesanan online. Dimana anda bisa mengirim dan menerima teks pesan, foto, file, gambar, dan audio pada pengguna lainnya. Bahkan saat ini Whatsapp juga sudah didukung dengan fitur video call, yang membolehkan anda untuk menelepon sambil bertatap muka.

Jika anda menyukai untuk berbagi beberapa hal melalui media sosia, saat ini Whatsapp sudah memiliki fitur story. Fitur ini nantinya akan memperbolehkan anda untuk membagikan apapun melalui media ini, dengan kurun waktu selama 24 jam. Sedangkan jika anda yang belum menggunakan whatsapp, anda harus memiliki perangkat yang sudah didukung oleh aplikasi ini sehingga dapat beroperasi pada perangkat.

B. Sejarah Whatsapp

Setiap perjalanan dari sebuah kesuksesan memang tidak selalu mudah. Whatsapp itu sendiri didirikan pada tanggal 24 Februari 2009, yang bertempat di Mount View, California, Amerika Serikat. Yang pada saat itu aplikasi ini diciptakan oleh Brian Acton dan Jan Koum, dimana keduanya memang sempat menjadi karyawan pada perusahaan Yahoo!.

Yang pada akhirnya keduanya memang berniat untuk beranjak ke Amerika Serikat pada tahun 2007, untuk mengajukan lamaran pekerjaan ke perusahaan Facebook. Hanya saja perjalanannya memang tidak mulus, karena mereka ditolak oleh Facebook. Koum pada saat itu hanya memiliki modal $400.000 yang telah dikumpulkannya selama bekerja di Yahoo!.

Dengan modal yang ia miliki, nyatanya Koum memang memiliki potensi untuk berkembang dengan membeli iPhone dan memasangkan aplikasinya. Semua itu tidak berjalan begitu saja, dengan perkenalan keduanya yang sangat menguntungkan. Pada akhirnya keduanya bertemu dengan developer iPhone asal Rusia di RentACoder.com, hingga akhirnya ia mampu mendirikan perusahaan ini pada 24 Ferbruari 2019.

Bahkan hingga saat ini dari data terakhir yang didapatkan, Whatsapp memang memiliki perkembangan yang signifikan. Contohnya saja pada tahun 2019 di bulan September, pengguna Whatsapp yang masih aktif berjumlah 900 juta pengguna. Yang berartikan bahwa fitur yang diberikan oleh aplikasi ini cukup memuaskan.

Pada akhirnya karena memang popularitas Whatsapp ini sangat menggemparkan, akhirnya pihak Facebook tertarik untuk membeli sahamnya. Hingga pada akhirnya Whatsapp jatuh ke tangan Facebook pada tahun 2014, dengan harga saham yang cukup fantastis pada saat itu yakni $22 juta.

C. Manfaat Whatsapp

1. Sebagai fitur atau alat komunikasi

Salah satu manfaat Whatsapp yang sampai saat ini banyak dirasakan adalah kemudahan untuk melakukan komunikasi. Karena memang pada dasarnya saat ini masyarakat dunia, membutuhkan alat komunikasi yang dapat menghubungkan antar kalangan.

2. Dapat digunakan untuk berbagi lokasi demi keamanan

Saat ini jika anda masih belum mengetahui bahwa sudah ada fitur berbagi lokasi pada Whatsapp. Dengan demikian anda bisa membagikan lokasi dengan pengguna lainnya, untuk berbagai keperluan misalnya untuk menjamin keamanan ketika jauh dari rumah. Bahkan serunya lagi anda bisa memastikan, berapa lama anda ingin membagikan lokasi anda pada pengguna lain.

3. Media untuk saling berbagi informasi

Berbagi informasi saat ini bukanlah suatu hal yang sulit untuk ditemukan. Dengan adanya beragam jenis media sosial, termasuk Whatsapp berbagi informasi menjadi jauh lebih mudah. Jika anda membutuhkan banyak informasi menarik, biasanya pengguna Whatsapp itu sendiri akan banyak yang membagikannya menggunakan fitur story.

4. Sarana untuk melakukan video call

Bukan suatu hal yang sulit jika anda ingin berkomunikasi dengan bertatapan langsung bersama lawan bicara. Saat ini fitur videocall sudah didukung oleh Whatsapp, yang mampu memberikan banyak manfaat bagi penggunanya.

5. Sarana untuk berbisnis

Salah satu hal positif dari penggunaan Whatsapp, adalah sebagai sarana untuk melakukan bisnis. Jika anda saat ini merupakan salah seorang pembisnis, mungkin anda bisa mencoba untuk mengembangkan bisnis anda menggunakan aplikasi ini. Bahkan saat ini Whatsapp sudah memiliki firut Business, yang memungkinkan untuk melakukan auto-reply.

6. Mempelajari istilah istilah baru

Di WhatsApp terdapat berbagai macam kata-kata unik yang anda sendiri mungkin belum pernah tahu sebelumnya. Misalnya seperti Istilah Dalam WhatsApp yang pernah dibahas di salah satu situs internet.

D. Kelebihan Whatsapp

1. Terdapat backup chat

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Whatsapp adalah backup atau penyimpanan chat untuk kurun waktu tertentu. Sehingga memungkinkan anda untuk melihat kembali chat yang sudah dikirimkan beberapa waktu yang lalu.

2. Tidak memakan terlalu banyak baterai

Jika anda membutuhkan sebuah aplikasi yang bisa mengirit penggunaan baterai, anda bisa mencoba untuk menggunakan aplikasi Whatsapp sebagai solusinya. Penggunaan baterai dari aplikasi ini memang dapat dipercaya untuk lebih irit ketika digunakan.

3. Tersedia layanan pembatalan pengiriman pesan

Ketersediaan pembatalan pengiriman memang terkadang menjadi suatu hal yang dibutuhkan. Apalagi, ketika anda mengirimkan pesan kepada orang yang salah.

4. Terdapat jaminan keamanan data pribadi

Anda tidak perlu merasa khawatir ketika menggunakan Whatsapp, dimana semua data pengguna akan selalu terjamin keamanannya. Jadi anda tidak perlu ketakutan untuk meregistrasi nomor telepon anda pada aplikasi ini.

E. Kekurangan Whatsapp

1. Tidak irit kuota

Memang sampai saat ini masih cukup sulit untuk menemukan aplikasi yang mampu menunjang penggunaan kuota yang lebih irit. Whatsapp itu sendiri belum memiliki jaminan, jika anda bisa lebih irit kuota ketika menggunakannya.

2. Tidak dapat melakukan videocall pada Whatsapp web

Jika anda saat ini menggunakan aplikasi Whatsapp pada web atau yang terpasang di perangkat komputer dan laptop. Mungkin anda masih belum bisa untuk melakukan videocall, yang menjadi kekurangan dari Whatsapp.

3. Mengharuskan anda untuk memiliki koneksi internet yang kuat

Kekurangan dari Whatsapp yang terakhir adalah keharusan untuk memiliki koneksi internet yang cukup kuat. Sehingga hal ini menjadi penghalang jika anda ingin lebih irit ketika menggunakan kuota internet.

Semua hal mengenai aplikasi Whatsapp memang memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Hanya saja dengan kegunaan dan manfaatnya yang cukup signifikan, aplikasi ini dapat memberikan banyak hal positif bagi penggunanya. Dengan adanya perkembangan dunia informasi dan teknologi saat ini.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.