Yahoo Mail

Meskipun beberapa orang menganggapnya sebagai hal yang tidak penting, nyatanya sekarang tanpa ada email maka seseorang akan ribet jika ingin melakukan sesuatu yang ada kaitanya dengan dunia teknologi. Seperti mengaktifkan ponsel baru, melamar pekerjaan, hingga fasilitas umum lain yang sekarang dilakukan serba daring.

Ada berbagai macam jenis email yang ada saat ini, dan salah satunya yang banyak orang kenali adalah Yahoo. Meskipun sudah tak sepopuler dahulu, namun saat ini pengguna layanan dari Yahoo ini masih cukup banyak karena memang mereka memiliki beberapa keunggulan yang mungkin tidak dimiliki oleh layanan lain.

A. Pengertian Yahoo

Yahoo Mail merupakan salah satu dari sjumlah layanan email yang tergolong lama dan sudah banyak dikenal banyak orang. Bahkan Yahoo ini sendiri sudah ada sebelum banyak orang mengenal Gmail yang merupakan besutan dari perusahaan Google.

Yahoo ini pertama kali dirilis pada tahun 1994 silam, sementara Gmail baru saja dikenalkan pada tahun 1998 silam. Meskipun begitu, Gmail mulai banyak digunakan mulai tahun 2000-an, karena sebelumnya banyak orang yang lebih akrab dengan Yahoo dibandingkan Gmail.

Yahoo ini juga punya layanan yang bernama Yahoo Messenger, dimana ini adalah program pengiriman pesan instan yang sangat populer pada masanya. Awal kali dirilis pada tahun 1998 lalu menggunakan nama Yahoo Pager, dan aplikasi ini bisa diunduh secara gratis bagi seluruh pengguna yang memiliki Yahoo ID.

Dengan adanya Yahoo ID, maka nantinya pengguna bakal langsung mendapatkan notifikasi apabila ada email masuk melalui layanan Yahoo Messenger (YM) tersebut.  Aplikasi ini memberkan penawaran berupa fasilitas koneksis PC – PC, PC – Phone, PC – PC Service, Webcam Hosting, File Transfer, Chat Rooms, hingga Tect Message Service.

B. Sejarah Yahoo

Saat itu, mungkin tidak ada yang namanya para pengguna internet tidak kenal dengan Yahoo ini. Di tahun 2000-an, Yahoo menjadi perusahaan β€˜mesin pencari’ yang sangat terkenal, bahkan banyak sekali website besar yang masuk kedalam Yahoo telah mencapai trafik internet paling tinggi di masanya.

Baca Juga :  Gmail Masuk Login - Tutorial Simple

Bahkan valuasi yang diterima oleh Yahoo bisa mencapai USD 125 M atau mencaapi Rp 1.75 Triliun (Kurs mata uang Rp 14.000). Namun semenjak kedatangan Gmail dari perusahaan Google, pelan namun pasti popularitas dari Yahoo pun menurun drastic.

Terlebih saat ini ada perangkat Android yang dikerjakan oleh Google, membuat banyak orang mau tak mau harus menggunakan akun Gmail untuk bisa menggunakannya. Akan tetapi ada banyak sekali momen penting dari Yahoo sepanjang sejarah kesuksesan mereka selama ini, berikut ulasannya:

Tahun 1994

Ini merupakan tahun pertama Yahoo berdiri, pencetusnya adalah dua orang Mahasiswa yang bernama David Filo dan Jerry Yang, dimana mereka memiliki sebuah rencana menyusun indeks atau alat curator untuk ribuan website yang ada di internet. Ditahun ini, dua orang itu juga bahkan mereka menyewa banyak sekali karyawan untuk membuat proses permintaan pendataan indeks dari website-website yang ada pada saat itu.

Tahun 1996

Ditahun ini, Yahoo pun sudah mulai Go Public, dimana aplikasi ini sudah mulai dirilis  untuk umum. DImana pada tahun ini pihak Yahoo sempat mengajukan penawaran saham peradana mereka di bursa Nasdaq. Awalnya mereka menanamkan saham sebesar USD 24.5, dan hal itu terus meroket hingga 154% sehingga mereka mencapai valuasi USD 43, dan stabil di angka USD 33.

Disinlah momentum kebangkitan dari Yahoo karena mereka sukses mencuri perhatian para investor besar yang saat itu memang sedang antusias sekali dengan teknologi Internet.

Tahun 2000

Tahun menjadi momen puncak dari pihak Yahoo karena mereka mencattatkan saham tertinggi, dimana pada tanggal 3 Januari 2000 mereka mencapai nilai Valuasi USD 475 per lembar. Akan tetapi kesuksesan tersebut hanya bertahan selama 3 bulan saja karena adanya aksi terorisme yang terjadi di Amerika sehingga menyita perhatian dunia

Dan karena hal tersebut, nilai saham dari Yahoo pun mengalami penurunan yang sangat drastic dimana mereka hanya menyatatkan nilai valuasi sebesari USD 8.11 per lembar.

Baca Juga :  Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan Tubuh

Tahun 2005

Pada tahun ini pihak Yahoo telah mengakuisis layanan Flickr yang didirikan oleg Ludicorp. Saat itu popularitas dari Flickr ini sangat bagus sekali, dimana Yahoo melakukan investasi sekitar 40 – 50 juta USD.

Tahun 2007

Ditahun ini ada masalah internal dari pihak Yahoo yang membuat para investor  geram, dimana CEO Yahoo pada saat itu dinilai memiliki pengelolaan keuangan yang buruk. Saat itu Yahoo dibawah kepemimpinan Terry Semel, lalu pada bulan Juni sang pendiri Yahoo yakni Jerry menghambil alih kembali perusahaanya,

Semel digantikan Carol Bartz selaku mantan Ekeskutif dari Autodesk, lalu Jerry pun mengundurkan diri dari jajaran dewan direksi Yahoo dan memutus semua kontrak kerja dari perusahaan yang ia dirikan di tahun 2012 setelah Bartz tidak menjadi CEO lagi.

Tahun 2008

Ditahun ini sedikit ada gejolak, dimana saat itu perusahaan teknologi raksasa yakni Microsoft melamar Yahoo, saat itu dinilai jika perusahaan Yahoo memiliki nilai aset 44,6 USD pada 1 Februari. Namun tawaran tersebut akhirinya ditolak oleh Yahoo, tapi bahkan mereka sempat ingin Merger dengan perusahaan Google selaku kompetitornya, namun hal itu akhirnya tidak terjadi.

Tahun 2016

Mungkin ini jadi awal mula perusahaan Yahoo down, dimana mereka memiliki keuangan yang sangat buruk sampai harus melakukan PHK besar-besaran. Dibulan Februari Yahoo dilaporkan memiliki kerugian sebesar USD 4,4 Miliar pada kuartal terakhir, dan Yahoo pun melakukan pemotongan tenaga kerja sebesar 15% atau sekitar 1600 pegawainya.

Tahun 2017

Dan akhirnya, pada tahun 2017 ini Verizon secara resmi membeli Yahoo setelah dalam proses penawaran yang begitu panjang. Saat itu Verizon membeli Yahoo dengan nilai USD 4,83 Miliar, dan disaat itu Verizon memang dalam posisi kuat untuk membangkitkan kembali Yahoo yang dalam keadaan terpuruk.

C. Fitur Baru Yahoo

1. Tampilan Baru

Kali ini Yahoo telah diganti tampilannya dengan mempertimbangkan layar ponsel yang ukurannya lebih tinggi. Maka dari itu, dengan tampilan baru ini maka memungkinkan anda bisa menggunakan satu tangan saat mengakses Yahoo dengan bilah navigasi baru diletakkan pada bagian layar bawah.

Baca Juga :  Pengertian Lycos : Sejarah, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan

2. Foto dan File Dalam Satu Tempat

Kali ini Yahoo memiliki view yang memungkinkan anda bisa mengakses dan melakukan navigasi lebih mudah untuk membuka berkas penting, lampiran surat, tiket acara, dokumen perjalanan, maupun foto yang dikirim oleh pengguna lain.

3. Tema

Untuk versi terbaru dari Yahoo kini telah dibekali dengan banyak sekali tema didalamnya, kira-kira ada sekitar 14 tema dalam mode gelap dan terang yang bisa anda gunakan.

4. Menajemen Email Berlangganan

Bagi anda yang melakukan layanan email berlangganan, maka Yahoo memberikan tampilan baru untuk memudahkan anda dalam mencari email berlangganan, ataupun berhenti berlangganan newsletter apapun cukup tekan sekali tanpa harus meninggalkan aplikasi.

5. Aksesibilitas

Bagi pengguna yang mengalami gangguan penglihatan, maka Yahoo ini mendukung pembaca layar seperti yang dimiliki android yakni Talkback ataupun VoiceOver untuk pengguna iOS. Layanan ini memungkinkan anda bisa melakukan perubahan ukuran teks, maupun meningkatkan kontras layar.

D. Kelebihan Yahoo

Layaknya menggunakan aplikasi chating, dengan menggunakan Yahoo Messenger ini anda tidak hanya sekedar mengetikkan pesan chatting saja, namun juga bisa melakukan panggilan telepon. Namun anda membutuhkan headset serta jaringan internet stabil untuk bisa mengobrol dengan lancar.

Selain itu, Yahoo ini juga memiliki layanan Web Cam yang memungkinkan anda bisa melakukan video call nantinya. Ada juga layanan sms telepon seluler dengan aplikasi ini yang bisa anda gunakan secara gratis. Ada juga berbagai fitur menarik lain dari Yahoo Messenger ini seperti yang biasa anda dapatkan saat menggunakan aplikasi chating.

E. Kekurangan Yahoo

Yang menjadi kelemahan pertama dari Yahoo ini adalah tidak tersedianya tempat untuk menampung seluruh pengguna Yahoo di dunia menurut hobby, regional, maupun aktifitas lainnya. Selain itu, emoticon bergerak yang dimiliki oleh Yahoo ini juga sangat terbatas, sehingga pengguna kuran bisa mengekspresikan perasaan mereka kepada teman chattingnya.

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang Yahoo, semoga ulasan diatas tadi bermanfaat dan menambah wawasan anda nantinya.

Previous articlePengertian Gmail : Manfaat, Kelebihan dan Kelemahan
Next articlePengertian Yandex : Sejarah, Fungsi, Macam-Macam, Kelebihan dan Kelemahan