WhatsApp

Aplikasi pesan instant saat ini memang cukup penting peranannya, dimana aplikasi tersebut kini telah berhasil menggantikan posisi layanan SMS pada ponsel jadul, meskipun tidak mnggantikannya secara penuh karena masih ada beberapa orang yang menggunakan SMS.Dan salah satu aplikasi pesan instant yang paling banyak penggunanya saat ini adalah WhatsApp.

Pastinya semua smartphone memiliki aplikasi pesan yang satu ini sebagai salah satu media komunikasi, lantas apakah anda sudah tahu mengenai kelebihan dan kelemahan WhatsApp tersebut? kali ini akan dibahas lebih detail tentang WhatsApp tersebut, mulai dari pengertian, sejarah, hingga kelebihan dan kelemahannya. Penasaran seperti apa? langsung saja anda simak ulasannya dibawah ini.

A. Pengertian WhatsApp

WhatsApp Messenger atau lebih mudahnya disebut WhatsApp, adalah aplikasi perpesanan instant lintas platform di smartphone yang memungkinkan pengguna bisa saling bertukar pesan, melakukan panggilen telepon, maupun melakukan video call tanpa menggunakan pulsa melainkan koneksi internet.

WhatsApp ini pertama kali rilis pada tahun 2009 lalu, dan pada tahun 2014 layanan pesan instant ini telah diakuisisi oleh Faebook setelah melalui proses negosiasi yang cukup panjang selama 8 bulan. Tidak hanya menukar pesan teks saja, tapi bisa saling bertukar foto, audio, file, maupun stiker untuk menambah keseruan obrolan.

Untuk menggunakan WhatsApp ini pun cukup mudah, anda tinggal mendaftarkan nomor hp yang digunakan dan masih aktif. Sementara untuk perangkat yang bisa menggunakan WhatsApp ini adalah berbasis Android maupun iOS versi terbaru.

B. Sejarah WhatsApp

WhatsApp pertama kali didirikan pada tahun 2009 oleh dua orang bernama Brian Acton dan Jan Koum, dimana keduanya ini sebelumnya merupakan karyawan dari perusahaan Yahoo!. Setelah mereka hengkang dari Yahoo! Pada tahun 2007, mereka pun pergi refreshing ke Amerika Selatan untuk melamar di Facebook, akan tetapi mereka ditolak.

Lalu pada tahun 2009, Koum membeli iPhone dan ia pun mengunjungi temannya bernama Alex Fishman untuk membahas mengenai potensi aplikasi yang terdapat di App Store.  Saat itu, Koum memiliki modal USD 400 ribu yang ia kumpulkan saat bekerja di Yahoo!, dan untuk mewujudkan keinginannya tersebut ia pun membutuhkan developer iPhone.

Lalu Fishman pun mengenalkan Koum dengan developer asal Rusia bernama Igor Solomennikov, dan mereka pun membuat aplikasi yang bernama WhatsApp. Selanjutnya ia pun mendirikan WhatsApp Inc pada Februari 2009 di California.

Akan tetapi diawal pembangunannya WhatsApp ini tidak langsung mulus, dimana mereka harus beberapa kali mengalami crash sehingga gagal beroperasi seperti yang di inginkan. Hingga akhinya Koum merasa putus asa dan berniat untuk menutup usahanya tersebut, akan tetap Brian Acton datang untuk mendorong usaha Koum terus berjalan.

Hingga akhirnya Brian pun bergabung dengan Koum, lalu Brian juga mengajak 5 mantan karywan Yahoo! Untuk melakukan investasi USD 250 ribu sebagai pendanaan awal WhatsApp, dan mereka pun diberikan jabatan co-founder.

Dan akhirnya, pada bulan November 2009 akhirnya WhatsApp secara resmi meluncur di App Store. Setelah sukses di iPhone, WhatsApp pun mulai menyebar ke Blackberry store pada Januari 2010, dan merambat ke Android pada bulan Agustus 2010.

Dan sejat saat itu, jumlah pengguna WhatsApp pun terus meningkat setiap tahunnya. Pada Februari 2013 tercatat jumlah pengguna mencapai 200 juta, lalu pada bulan April 2014 meningkat jadi 500 juta, dan pada September 2015, jumlah pengguna aktif WhatsApp mencapai 900 juta.

Melihat popularitas dari WhatsApp yang terus meningkat tersebut, akhirnya Facebook pun mengakuisisi aplikasi tersebut dengan nilai yang sangat fantastis, yakni mencapai USD 22 juta.

C. Fungsi Serta Manfaat WhatsApp

1. Personal / Grup Chat

Didalam WhatsApp ini tidak hanya memungkinkan anda melakukan obrolan satu arah dengan satu orang saja, melainkan ada juga layanan grup chat yang memungkinkan anda bisa ngobrol dengan orang banyak dalam satu wadah.

Tidak sebatas chatting saja, tapi anda juga bisa melakukan telepon, video call, atau bahkan mengirim berbagai file pekerjaan penting dengan menggunakan aplikasi WhatsApp ini.

2. Media Pendidikan

Tidak hanya untuk mengobrol santai saja, namun saat ini tidak sedikit guru pendidik yang juga memanfaatkan WhatsApp ini sebagai media berbagi ilmu dalam bentuk, seminar, maupun workshop secara daring. Cukup dengan membuat grup WhatsApp, lalu mengundang beberapa orang sebagai audiens maka kelas pun sudah bisa dimulai.

3. Jadi Media Bisnis

Saat ini di jaman yang serba online, WhatsApp juga banyak dipakai oleh para pelaku usaha sebagai media komunikasi dengan para calon pembelinya. Bahkan WhatsApp juga bisa dipakai sebagai media promosi, informasi, hingga pemesanan sebuah produk.

Biasanya para pelaku usaha online ini menyiapkan sebuah wadah berupa grup chating yang mana isinya merupakan informasi produk yang mereka jual. Bahkan saat ini juga telah disediakan fitur bernama WhatsApp Business yang memungkinkan pemilik usaha bisa memiliki galeri tersendiri di WhatsApp untuk melihat produk jualannya.

4. Membuat Status / Story

Fitur ini tergolong masih baru ya, dimana kini para pengguna WhatsApp juga bisa memposting status atau story seperti yang biasa dilakukan pada Instagram. Dengan begini maka pengguna pun bisa memamerkan aktifitas mereka sehari-hari baik dalam bentuk foto maupun video.

Nah untuk menjaga privasi pengguna, WhatsApp juga memberikan sebuah pengaturan yang mana pengguna bisa mengatur siapa saja yang berhak untuk melihat story yang mereka buat tersebut.

D. Kelebihan WhatsApp

1. Pengunaan Mudah

Perlu diakui, jika penggunaan WhatsApp ini memang sangatlah mudah, bahkan bagi mereka para pengguna baru. Anda cukup mendaftarkan nomor hp saja, setelah itu seluruh kontak anda akan otomatis tersinkron mana saja yang sudah memiliki akun WhatsApp, sehingga anda tidak perlu lagi memasukkan kontak satu persatu.

2. Bisa Backup Chat/Obrolan

Atau pada saa anda ingin ganti smartphone tapi ingin memakai nomor WhatsApp yang sama, maka proses perpindahannya pun juga sangat cepat dan bahkan seluruh data anda seperti chat di WhatsApp juga bisa ikut pindah jika sebelumnya anda juga menyinkronkan ke Drive.

3. Menggunakan Internet

Untuk bisa menjalankan WhatsApp semestinya, maka dibutuhkan sambungan internet. Tentu cara ini lebih efektif ya, dan pastinya lebih hemat jika dibandingkan anda menggunakan pulsa reguler. Apalagi WhatsApp juga bisa tersambung dengan menggunakan Wifi.

4. Bisa Membatalkan Pengiriman Pesan

Kini WhatsApp juga sudah dibekali dengan fitur pembatalan pesan, baik secara personal maupun grup. Ada 2 opsi yang bisa anda pilih nanti, yakni Hapus untuk Saya dan juga Hapus Untuk Semua Orang.

5. Informasi Pribadi Aman

Pemilik akun WhatsApp pun juga diberikan pilihan untuk menyembunyikan segala aktifitas mereka, seperti info tentang foto , last seen, maupun status dari pengguna yang tidak dikenal. Caranya anda bisa membatasi siapa saja yang bisa melihat foto profil maupun status, atau menghapus last seen dan status online agar anda terhindar dari mata-mata.

E. Kekurangan WhatsApp

1. Cukup Boros Kuota

Jika anda salah dalam pengaturan WhatsApp, maka bisa jadi aplikasi ini akan menyedot kuota anda. Pada pengaturan default, WhatsApp akan secara otomatis membuka atau mendownload setiap file yang dikirim orang lain baik secara personal maupun grup. Jika hal ini terjadi, maka akun WhatsApp anda akan terus mendownload file apapun yang dikirim dalam obrolan, sekalipun hal itu tidak penting untuk anda.

2. Boros Memori

Masih ada keterkaitanya dengan yang diatas tadi, dengan aplikasi WhatsApp otomatis download file, maka memori anda pun akan cepat penuh juga dengan file yang mungkin tidak penting anda miliki. Maka dari itu, silahkan benahi pengaturan untuk menghentikan tindakan download otomatis tersebut.

3. Butuh Koneksi Internet Kuat

WhatsApp memiliki layanan bernama WhatsApp Web yang mana bisa menyinkronkan WhatsApp di smartphone dengan yang ada di Komputer. Hanya saja untuk menyambungkan keduanya dibutuhkan kekuatan intenet yang kuat agar nanti bisa berjalan stabil.

4. WhatsApp Web tidak bisa Voice Call

Berbeda dengan aplikasi Line Dekstop, dimana untuk layanan WhatsApp ini anda tidak akan bisa melakukan Voice Call

5. Hanya Bisa Dipakai Saat Smartphone Menyala

Berbeda dengan sosial media yang bisa dibuka di sembarang perangkat cukup dengan login, untuk WhatsApp ini hanya bisa digunakan pada satu perangkat smartphone saja. Dan itu pun smartphone ini harus tetap menyala untuk bisa menggunakannya, karena jika smartphone anda mati maka WhatsApp pun tidak akan bisa diakses melalui web.

Dirasa begitu saja pembahasan mengenai platform WhatsApp yang kini menjadi populer dan hampir seluruh pengguna Smartphone di Dunia pada mengandalkan layanan ini sebagai media komunikasi mereka, semoga apa yang sudah dibahas diatas tadi bermanfaat dan menambah wawasan anda.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.