Skype

Dimasa pandemi Covid-19 seperti ini, memang banyak instansi yang memaksa pada karyawan mereka melakukan kerja dari rumah. Meskipun begitu, kegiatan perkatoran masih tetap harus berjalan seperti biasanya, dan untuk mendukung itu semua banyak yang memakai layanan Skype sebagai media komunikasi.

Meskipun tidak sepopuler Zoom Meeting maupun Google Meet, akan tetapi pengguna Skype untuk keperluan meeting ini juga cukup banyak. Hal ini tidak terlepas dari banyak fitur keren untuk mendukung aktifitas meeting mereka, penasaran secanggih apa fitur yang dimiliki oleh Skype ini? simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

A. Pengertian Skype

Skype adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan para pengguna bisa melakukan obrolan baik itu dalam bentuk teks, telepon, maupun panggilan video melalui perangkat tablet, computer, smartphone, Xbox One, hingga smartwatch.

Tidak hanya pesan teks saja, namun pengguna juga bisa mengirimkan file foto, video, stiker, dan lain sebagainya. Skype juga bisa digunakan media video conference / panggilan video grup dengan jumlah anggota maksimal 50 orang.

Berbeda dengan aplikasi pesan instant lain semacam Whatsapp dan Telegram, biasanya Skype ini digunakan oleh mereka yang ada kaitanya dengan obrolan resmi, seperti di perkantoran misalnya.

B. Sejarah Skype

Skype ini pertama kali dibangun oleh orang Swedia yang bernama Niklas Zennstrom dan juga Dane Janus Friis. Mereka bekerja sama dengan Priit Kasesal, Ahti Heinla, Jaan Tallinn, serta Toivo Annus yang merupakan orang Estonia yang mana mereka merupakan pengembang teknologi Peer to Peer dalam layanan Kazaa.

Pada tahun 2005, Skype telah diakuisisi oleg eBay dengan biaya USD 2,6 Miliyar, setelah itu pada tahun 2011 Skype ini kembali diakuisisi oleh Microsoft dengan biaya yang lebih besar yakni USD 8,5 Miliyar. Sejak saat itu, perubahan besar didalam aplikasi Skype ini pun mulai terjadi.

Sepanjang tahun 2016 – 2017 Microsoft selaku pemiliki Skype melakukan perombakan pada antarmuka cient hingga pada bagian komunikasi Peer to Peer menggunakan layanan Azure. Sama dengan aplikasi pesan instant lain, dimana Skype juga menerapkan enkripsi end to end dalam setiap obrolan yang dilakukan oleh penggunannya.

C. Fitur Utama Dalam Skype

Sebagai salah satu media komunikasi yang banyak digunakan, tentunya Skype ini memiliki sejumlah fitur utama yang membuat banyak orang tertarik menggunakannya. Diantaranya:

1. Panggilan Suara dan Video Berkualitas HD

Yang menjadi fitur unggulan dari Skype ini adalah kualitas panggilan suara dan video yang mereka miliki, dimana dengan fitur ini memungkinkan pengguna bisa saling mengobrolan dengan kualitas video HD. Saat ini Skype juga sudah dilengkapi dengan kualitas VoIP yang lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Dengan Skype, pengguna pun juga bisa melakukan meeting dengan perangkat apapun, baik dari desktop, Mac, smartphone, dan lain sebagainya. Sayangnya, untuk menggunakan fitur ini secara gratis anda hanya bisa melakukannya untuk kebutuhan konferensi video, bukan untuk pribadi.  Jika pengguna ingin melakukan panggilan pribadi, maka perlu melakukan upgdare ke premium.

2. Screen Sharing

Dalam melakukan meeting, pastinya butuh yang namanya presentasi. Nah jika ingin melakukan presentasi di Skype ini, maka pengguna perlu melakukan screen sharing, sehingga anda bisa membagikan tampilan layar anda keseluruh anggota untuk menyampaikan materi presentasi.

Dengan adanya fitur screen sharing didalam Skype ini, maka anda pun bisa melakukan presentasi berupa dokumen, foto/video, power point, dan masih banyak lagi apa yang anda inginkan.

3. Smart Messaging dan Private Convertations

Pada saat anda melakukan meeting atau pun private, anda bisa membuat suasana ini menjadi seru dan menyenangkan dengan memakai fitur reactions guna memberikan tanggapan dari pesan yang dikirim oleh pengguna lain.  Pengguna pun juga bisa melakukan @mentions guna mengeaskan apa yang mereka maksud dan tujukan.

Nantinya fitur ini bisa anda gunakan secara gratis pada saat melakukan diskusi grup saja, akan tetapi jika anda ingin menggunakan dalam obrolan pribadi maka harus melakukan upgrade Skype ke versi premium.

Private Conversations ini merupakan sebuah fitur chat didalam Skype yang mana bersifat rahasia dan dilengkapi dengan kemanan enkripsi end to end, sehingga obrolan mereka tidak disimpan di server Microsoft.

4. Call Recording dan Live Subtitles

Sejumlah perusahaan maupun instansi pastinya butuh yang namanya dokumentasi dalam setiap kali ada pertemuan maupun meeting, nah biasanya tujuan dari hal ini selain untuk laporan, juga bisa kembali menyaksikan hasil meeting tersebut.

Didalam Skype ada namanya fitur recording yang bisa digunakan oleh Admin untuk melakukan perekaman pada saat meeting. Selain itu ada juga fitur bernama Live Subtitles yang akan membantu menerjemahkan setuap kata / kalimat yang dikeluarkan oleh pengguna lain. Wah keren ya?

D. Cara Daftar Akun Skype

  1. Langkah pertama, silahkan anda akses laman pendaftaran akun Skype berikut ini: https://go.skype.com/signup
  2. Setelah itu, silahkan masukkan alamat email maupun nomor telepon yang anda gunakan, lalu klik Next untuk melanjutkan
  3. Silahkan buat password untuk akun anda, bisa menggunakan kombinasi huruf, angka, dan symbol agar nantinya untuk menjamin keamanannya. Klik Next
  4. Tulis nama depan serta belakang anda, lalu klik Next
  5. Masukkan kode verifikasi yang telah dikirim ke nomor telepon atau email yang anda gunakan untuk mendaftar tadi. Klik Next
  6. Jika anda ingin tetap berada dalam mode Login, maka klik Yes
  7. Selesai

E. Kelebihan Skype

1. Mudah Dipakai

Sebagai aplikasi chating, Skype  ini sangat mudah sekali digunakan, memliki fitur yang sangat lengkap dengan sumber daya yang besar berkat dukungan dari Microsoft Azure.

2. Mendukung Banyak Perangkat

Skype  ini mendukung pada banyak perangkat sehingga ia mudah digunakan, mulai dari sistem operasi WIndowsi, Android, iOS, Linux, hingga MacOS.

3. Bisa Melakukan Meeting Secara Gratis

Didalam Skype  memiliki ketentuan dimana pengguna bisa melakukan meeting secara gratis dengan batas maksimal anggota 50 orang, serta memiliki durasi maksimal 4 jam sehari.

F. Kekurangan Skype

1. Panggilan Telepon Berbayar

Seperti yang sudah di singgung di atas tadi, untuk menggunakan layanan telepon maupun video di Skype  ini hanya gratis untuk keperluan meeting, sementara untuk pengguna individual tidak gratis alias berbayar.

2. Pengguna di Indonesia Sedikit

Skype memang diciptakan untuk pengguna suatu instansi atau pemerintah untuk keperluan pekerjaan, sehingga tidak heran jika pengguna Skype  ini masih sedikit di Indonesia dibandingkan aplikasi chating sejenis semacam Telegram.

3. Tidak Mendukung FireFox

Sejumlah fitur yang ada didalam Skype  ini tidak mendukung browser Firefox, maka dari itu disarankan pengguna memakai Chrome maupun Microsoft Edge saat menjalankan Skype  di Dekstop.

Dari ulasan diatas tentu bisa ditarik kesimpulan jika Skype ini memang pas banget untuk keperluan meeting karena mendapat layanan gratis. Sementara untuk keperluan individu, fitur yang bisa digunakan sangat terbatas.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.