Facebook

Saat ini pastinya sudah banyak orang yang mengenal sosial media bernama Facebook. Bahkan mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa banyak yang memiliki akun sosial media dengan jumlah pengguna paling banyak di seluruh dunia tersebut.

Sosial media yang dirintis oleh Mark Zuckerberg tersebut awalnya tidak sebesar saat ini, sudah banyak sekali perjalanan yang mereka lalui sampai akhrinya saat ini dikenal oleh banyak orang diseluruh dunia. Berikut ini akan dibahas mengenai sejarah serta kelebihan dan kelemahan dari Facebook tersebut untuk menambah pengetahuan anda, seperti apa mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

A. Pengertian Facebook

Facebook adalah sebuah layanan sosial media yang memungkinkan para penggunanya bisa saling terhubung ke seluruh dunia. Sebelum memakai nama Facebook, layanan ini namanya adalah Facemash, lalu berganti nama menjadi TheFacebook.com, dan pada tahun 2005 akhirnya menggunakan nama Facebook.

Penggunaan nama Facebook ini terdiri dari dua buah frasa didalam bahasa Inggris, yakni Face dan Book yang artinya Buku Muka. Nama ini mungkin terdengar aneh dalam frasa bahasa Indonesia, namun pada dasarnya sosial media ini memiliki fungsi untuk menampilkan seluruh informasi dari para penggunanya.

Dengan menggunakan Facebook ini pengguna tidak hanya bisa berkomunikasi melalui layanan chatting saja, namun juga bisa berbagi foto maupun video, menambahkan teman, membuat halaman pribadi, membuat atau bergabung dalam sebuah grup / komunitas, bahkan anda juga bisa melakukan panggilan telepon maupun video call didalamnya.

B. Sejarah Lahirnya Facebook

Seperti yang sudah disinggung diatas tadi, sebelum menggunakan nama Facebook layanan ini memiliki nama Facemash yang didirikan oleh Mark Zuckerberg pada tanggal 28 Oktober 2003 silam. Awalnya situs ini digunakan sebagai perbandingan mengenai mahasiswi mana yang paling cantik dan seksi.

Untuk mendapatkan data gambar dan ID Mahasiswa, Mark pun berani meretas jaringan computer Harvard saat itu. Beberapa hari dirilis, Facemash pun dimatikan oleh pihak Hardvard karena dinilai melanggar hak cipta dan privasi individu, karena hal itu Mark pun hampir dihukum oleh pihak Universitas.

Selanjutnya, Mark pun mulai mengembangkan lagi situs miliknya tersebut dengan menambahkan kolom komentar didalamnya dengan mengunggah sekitar 500 lukisan sebagai tugas untuk ujian final sejarah seni. Dan dengan situsnya tersebut Mark pun membuktikan jika banyak orang yang lebih suka melihat foto lalu meninggalkan komentar disana.

Pada bulan Februari 2004, Mark pun telah merilis The Facebook sebagai generasi penerus dari Facemash yang sempat mengalami kontroversi tadi. Pada pertama, setengah dari para mahasiswa Harvard telah terdaftar pada situs milik Mark tersebut, dan setelah itu teman-teman dari Mark ikut bergabung serta membantu mempromosikannya.

Lalu di bulan Maret 2004, The Facebook ini pun telah memperluas jaringannya hingga di Columbia, Stanford, dan juga Yale. Mereka juga berhasil masuk kedalam Universitas Boston, Universitas New York, Ivy League, serta MIT.

Melihat perkembangan yang begitu pesat, di bulan Juni 2004 The Facebook ini memindahkan pusat operasinya di Palo Alto, California. Dan saat itu, seorang pengusaha bernama Sean Parker diangkat menjadi presiden perusahaan karena dirinya sering kali memberikan saran kepada Mark Zuckerberg dalam perkembangan Facebook.

Dan pada tahun 2005, akhirnya pihak perusahaan menghapus kata β€˜The’ dan menjadikan namanya sebagai Facebook serta membeli domain seharga USD 200 ribu. Sejak saat itu, Facebook pun terus berkembang dan bahkan di tahun 2010 mereka sukses mengalahkan jumlah pengunjung dari Google.

Lalu di bulan Juni 2011, Facebook ini diklaim sebagai situs dengan jumlah pengunjung paling banyak diseluruh dunia, dan hingga saat ini Facebook vs Google masih terus bersaing ketat dalam hal jumlah pengunjung.

C. Manfaat Facebook

Banyak orang yang menilai, jika Facebook ini dianggap sebagai sosial media yang bertujuan sebagai hiburan semata. Mungkin tidak ada salahnya, akan tetapi selain itu Facebook juga masih memiliki manfaat lain yang sangat menguntungkan bagi para penggunanya, baik dari sisi personal, sosialisasi, bahkan sektor ekonomi.

1. Manfaat Facebook Secara Personal

Kita mulai dulu dari sisi persona, dimana Facebook ini juga memiliki manfaat yang cukup banyak. Salah satu hal yang cukup nyata adalah para pengguna bisa menemukan teman baru tanpa dibatasi oleh daerah dan wilayah, bahkan mereka juga tak jarang bisa bertemu dengan teman lama di sosial media ini.

Para pengguna Facebook juga bisa saling berkomunikasi, berkomentar, atau bahkan berbagi foto dan pengetahuan kepada para pengguna lain dengan mudah dan cepat.  Dan Berikut beberapa manfaat Facebook secara personal yang mungkin anda rasakan juga:

  • Menemukan relasi atau pun teman baru
  • Bisa jadi tempat curhat maupun berbagi pengalaman baru
  • Dijadikan media hiburan untuk melepas penat
  • Bisa berkirim pesan secara pribadi melalui layanan Messenger
  • Untuk mengisi waktu luang
  • Dan masih banyak lagi

2. Manfaat Facebook Secara Sosial

Facebook memang sebuah sosial media, maka pastinya ada manfaat secara sosial pada layanan milik Mark Zuckerberg tersebut. Dengan menggunakan Facebook ini maka membuat seseorang bisa saling terhubung, berkomunikasi, saling memberikan pendapat, dan masih banyak lagi.

Bahkan dalam beberapa kasus Facebook ini bisa menemukan anggota keluarganya yang selama ini hilang. Selain itu, layanan grup didalam Facebook juga bisa membuat seseorang saling terhubung dengan orang baru dalam sebuah komunitas. Berikut manfaat Facebook dalam kehidupan sosial :

  • Bisa menemukan saudara maupun keluarga yang telah lama hilang
  • Bisa bergabung dengan mudah dalam sebuah grup / komunitas
  • Memungkinkan pengguna ketemu jodohnya
  • Bisa mengikuti fanpage / halaman dari artis, actor, tokoh, maupun pengusaha
  • Bisa menemukan pengguna dengan penggemar hobi yang sama
  • Bisa terhubung dengan banyak orang
  • Bisa saling berbagi foto maupun video
  • Dan masih banyak lagi

3. Manfaat Facebook Secara Ekonomi

Tidak hanya sebagai tempat untuk bersenang-senang, namun Facebook ini juga berkembang dalam bisang bisnis maupun ekonomi kelas menengah. Para pelaku internet marketing sudah lama memanfaatkan Facebook sebagai media pemasaran mereka serta menual produk secara tepat.

Berikut sejumlah manfaat Facebook dalam segi Ekonomi dan bisnis yang perlu anda ketahui:

  • Bisa menambah lapangan pekerjaan
  • Mudah dalam mencari lowongan pekerjaan
  • Terdapat periklanan ter-target berkat dukungan Facebook Ads
  • Bisa dijadikan media bisnis online
  • Media promosi E-commerce / marketplace
  • Media bagi para konten creator
  • Dan masih banyak lagi

D. Kelebihan Facebook

1. Memiliki Fitur Sangat Lengkap

Tidak bisa dipungkiri, jika Facebook ini memang jadi sosial media dengan fitur yang sangat lengkap didalamnya. Beberapa fitur tersebut diantaranya seperti Marketplace, grup./komunitas, lowongan pekerjaan, halaman, hingga game.

2. Media yang Sharing yang Menyenangkan

Tidak hanya saling bertukar pesan, dengan Facebook ini pengguna juga bisa berbagai foto, video, maupun pengalaman menarik lainnya secara gampang dan cepat

3. Terintegrasi dengan WhatsApp dan Instagram

Mungkin sudah bukan rahasia umum lagi ya jika Facebook ini menjadi perusahaan induk dari dua layanan ternama saat ini yaitu WhatsApp dan Instagram. Karena hal tersebut maka pihak Facebook pun mengintegrasikan ketiganya agar lebih mudah lagi saat berbagi konten.

4. Memiliki Media Iklan Tertarget

Bagi para pelaku usaha online pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Facebook Ads. Dengan adanya layanan tersebut maka para pelaku usaha bisa memasarkan produk mereka tepat sasaran. Hanya saja untuk menggunakan layanan ini anda harus mengeluarkan sedikit biaya nantinya.

5. Dijadikan Tempat Diskusi Andalan

Didalam Facebook ini memiliki banyak sekali grup maupun komunitas, sehingga memudahkan para pengguna dalam berdiskusi mengenai hobi, pelajaran, maupun keperluan lainnya.

E. Kekurangan Facebook

1. Produktivitas Seseorang Berkurang

Jika anda menggunakan Facebook dalam jangka waktu yang lama dan tidak terkontrol, maka hal ini bisa membuat produktivitas penggunanya berkurang, sehingga mereka akan menjadi malas dan pekerjaanya pun terabaikan

2. Lalai Pada Tugas Sekolah

Selain para pekerja, bagi para pelajar yang tidak bisa mengontrol penggunaan Facebook ini juga bisa menganggu materi atau tugas sekolah mereka, karena mereka lebih senang bermain di Facebook

3. Sangat Adiktif

Sosial media ini dibuat sangat adiktif layaknya seperti narkoba, dimana para pengguna harus benar-benar bisa melakukan manajemen waktu saat menggunakan Facebook agar tidak sering dibuka. Tak bisa dipungkiri, jika konten yang dihadirkan dalam Facebook ini sangat related dengan kepribadian pengguna, sehingga tidak heran jika mereka bakal membukanya terus-menerus.

4. Penyebaran Hoax yang Terlalu Mudah

Meskipun sudah dibekali dengan fitur anti Hoax, namun tetap saja masih banyak berita bohong yang lolos dari pantauan Facebook sehingga bisa dibaca oleh para pengguna. Bagaimana pun teknologi yang dimiliki Facebook dalam memantau hoax tersebut tidak bisa bekerja secara cepat, mereka membutuhkan waktu untuk menganalisa kebenaran berita yang disebarkan.

5. Facebook Memanfaatkan Data Pengguna

Disadari atau tidak, Facebook ini sebenarnya memanfaatkan data pengguna dalam menerapkan layanan Facebook Ads miliknya. Dimana iklan ini bisa tertarget karena mereka mencari tahu apa yang disukai oleh pengguna, sehingga mereka bisa mengambil data dari foto, video, lokasi, pesan antar pengguna, dan masih banyak lagi.

Cukup sekian ulasan kali ini mengenai Facebook, semoga apa yang sudah dibahas di atas tadi bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda nantinya. Dan mungkin setelah mengetahui beberapa fakta tersebut, menjadikan anda sedikit berubah mengenai sosial media satu ini.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.