Social Media

Media sosial saat ini sangat berpengaruh dalam bidang apapun di kehidupan nyata. Dari mulai politik, ekonomi hingga agama sekarang juga tersebar di soasial media saat ini. Hampir semua remaja saat ini sudah bisa menggunakan media sosial, bahkan generasi orang orang tua pun juga tidak ingin ketinggalan zaman menggunakan karya dari hasil perkembangan teknologi ini.

Penggunaan social media dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal seperti sosial, pekerjaan, dan juga keluarga. Dengan adanya media social saat ini memudahkan banyak orang berkomunikasi secara langsung kapanpun dan dimanapun dia berada. Namun perkembangan media social tidak serta merta memberikan dampak positif saja, ada juga dampak negative media social seperti yang sudah dibahas di artikel : Dampak Negatif Media Sosial.

Dampak Positif Media Sosial

Untuk mengetahui apa saja dampak positif media sosial bagi kehidupan ini. Berikut ini adalah beberapa point point kelebihan dari media social dilengkapi dengan keterangan penjelasannya.

1. Saling Terhubung

Dengan adanya media sosial maka seseorang dapat terhubung orang lainnya dengan berkomunikasi secara bebas dan praktis. Sosial media memberikan fasilitas untuk bisa berkomunikasi baik antar sesama orang dalam negeri ataupun luar negeri. Komunikasi akan lebih mudah karena dapat dilakukan dengan jarak yang jauh sekalipun. Selain itu keunggulan media sosial yang lain yaitu komunikasi dengan waktu fleksibel yang mana untuk saling membalas pesan tidak harus real time tepat waktu saat pesan diterima.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang

2. Berbagi Informasi

Informasi sangatlah pentinng dalam kehidupan bermasyarakat, seperti halnya informasi mengenai berita terbaru. Dengan rajin update berita dan saling membagikan berita terbaru maka seseorang paham dengan kondisi lingkungan sekitar. Sebgai contohnya informasi mengenai penutupan jalan karena perbaikan dimedia sosial akan sangat membantu perjalanan bagi pengemudi yang melewati jalur tersebut sehingga bisa mengcari jalan alternative yang lain dan terhindar dari kemacetan.

Baca Juga : Peluang Usaha Online Terbaru – Terbaik Tanpa Modal

3. Menemukan Teman Baru

Tidak bisa dipungkiri dengan menggunakan sosial media seseorang akan bertemu dengan banyak orang baru yang mungkin saling berinteraksi mengenai suatu hal. Dengan interaksi tersebut lama lama akan memperdekat hubungan perkenalan di sosial media. Tentunya dengan hal demikian seseorang secara tidak langsung memiliki teman baru baik dikarenakan mengenai suatu hal yang diminati ataupun ketertarikan pada hal yang sama.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Online dari Nol Tanpa Modal Terbaru

4. Menemukan Teman Lama

Selain mendapatkan teman yang baru, sitem pada sosial media seperti facebook, instagram, twitter, linkedin, tumblr dan pinterest mengumpulkan informasi dari akun pengguna dan merekomendasikan data yang sama sehingga saling berealsi satu sama lain. Sebagai contoh seorang yang memasukan data pernah sekolah di SMA Z maka akan direkomenasikan teman dari sekolah tersebut. Tidak hanya sekolah, sistem juga mendeteksi lokasi alamat rumah serta dimana dia bekerja. Dengan data tersebut maka akun yang saling berkaitan akan saling direkomendasikan untuk menjalin pertemanan. Maka tidak heran saat kita memiliki akun di sosial media sering melihat akun teman lama.

Baca Juga : Cara Menjadi Teman Yang Baik Dan Disukai

5. Media Penghibur

Tidak hanya sebagai berbagi informasi dan juga berkomunikasi antara teman saja, namun sosial media saat ini juga menjadi sarana hiburan. Hiburan yang terdapat di sosial media sendiri terdapat banyak macam jenis. Contoh hiburan yang terdapat di media sosial facebook yaitu game yang bisa dimainkan bersama teman. Hiburan lainnya bisanya berupa meme gambar lucu, quotes ataupun video menarik lainnya.

Baca Juga : Kata Kata Motivasi – Cinta, Islami, Sukses, Kerja, Lucu, Belajar, Bijak

6. Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Pengetahuan saat ini tidak hanya bisa didpat dengan membaca buku saja. Banyak pengguna media sosial saling bertukar infromasi seputar pengetahuan ataupun mediskusikannya di dalam group. Tentunya konten berupa pengetahuan yang di share akan sangat bermanfaat bagi banyak orang dengan minat tersebut.

Baca Juga : Manfaat Membaca Buku Menurut Para Ahli

7. Berbisnis Mencari Uang Secara Online

Banyak yang sudah membuktikan bahwa media sosial juga bisa dimanfaatkan untuk mencari uang. Aktifitas yang dapat dilakukan untuk mencari uang di media sosial antara lain seperti berjualan produk, mempromosikan jasa dan lain sebagainya. Hasil yang didapat juga tidak bisa dianggap remeh karena tidak sedikit orang bisa menghasilkan ouluhan juta rupiah dengan memanfaatkan layanan sosial media ini. Bagi anda yang ingin memulai berbisnis di internet melalui media sosial, maka terlebih dulu dapat dicoba sebagai sampingan dengan memanfaatkan waktu luang untuk berjualan produk secara online.

Baca Juga : Cara Jualan Online Di Facebook Dengan Sukses

8. Mengembangkan Bakat

Mengembangkan bakat ternyata juga bisa ditingkatkan lewat media sosial. Cara mengembangkan bakat di sosial media yaitu dengan berdiskusi melalui komunitas sehingga dapat menambah wawasan mengenai bakat yang sedang ingin ditingkatkan. Seseorang bisa bertanya mengenai berbagai hal seperti cara menyalurkan bakat yang benar sehingga akan jauh lebih terarahkan dengan bantuan batuan seorang yang sudah senior pada bakat tertentu didalam sebuah komunitas group sosial media.

Baca Juga : Cita Cita Adalah – Pengertian dan Contoh

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai berbagai manfaat yang bisa didapat melalui sosial media. Keuntungan keuntungan tersebut bisa didapat dengan mengggunakan layanan sosial media yang bisa diakses secara gratis oleh semua orang. Tentunya menggunakan sosial media harus dilakukan secara bijak sehingga sosial media menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan anda. Beberapa orang menggunakan sosial media secara tidak bijak sehingga hal tersebut hanya akan merugikan dirinya sendiri seperti yang sudah dijelaskan pada artikel dampak negatif media sosial.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.