Hobi Membaca Buku

Masih ingatkah kapan terakhir kali kita membaca buku, atau artikel yang terdapat di web secara menyeluruh ? Apakah kebiasaan membaca harianmu hanya berpusat pada posting di media sosial seperti twitter, Facebook, atau gambar dengan tulisan yang bisa terdapat di Instagram ?

Jika kamu merupakan salah satu dari banyak orang yang tidak terbiasa membaca secara teratur dan sampai tuntas, mungkin kamu bisa kehilangan banyak kesempatan yang seharusnya bisa didapat. Manfaat membaca tidak hanya terbatas pada hiburan semata. Seseorang dapat belajar dan meningkatkan keterampilan yang dapat menambah nilai dalam kehidupannya.

Membaca novel untuk mengisi waktu luang adalah cara yang bagus untuk melatih aktifitas otak. Dengan membaca setiap hari, seseorang akan melihat perubahan dalam keterampilan kosa kata dan kemampuan menulis. Membaca adalah keterampilan dasar yang harus dikembangkan oleh setiap manusia di bumi. Seseorang mungkin dipaksa untuk membaca ketika masih muda atau saat masih pelajar, tetapi seharusnya seseorang terus membaca selama masa dewasa. Membaca merupakan kegiatan berfaedah untung menghabiskan waktu dengan manfaat yang baik.

Manfaat Membaca Buku

Mengetahui pentingnya aktifitas membaca di dalam kehidupan ini maka alangkah lebih baik jika waktu luang diisi dengan kegiatan membaca. Berikut ini beberapa kelebihan dan manfaat yang bisa didapat seseorang dari aktifitas membaca yang wajib diketahui, sehingga lebih membuatmu bersemangat membaca.

1. Relaksasi

Relaksasi

Membaca diketahui mampu mengurangi stres dan memberikan kenyamanan. Jika seseorang menghadapi masalah dalam hidupnya, maka bisa mencoba membaca novel yang menarik. Idelanya dengan membaca novel sebuah cerita terutama yang memotivasi maka seseorang dapat memetik dan mengambil pembelajaran bagaimana seseorang tokoh dalam novel yang dibacanya mampu mencari solusi dan mengatasi masalah tersebut. Membaca dapat membuat imajinasi seseorang menjadi aktif dan mampu menempatkan di dunianya sendiri. Imajinasi yang ikut bermain membuat seseorang mendapatkan inspirasi dari hal yang tidak terfikirkan sebelumnya. Sementara itu di sisi lain membaca memberikan ketenangan bagi seseorang karena bisa mengurangi fokus pada hal yang membuatnya stress.

Baca Juga : Pengertian Stress – Jenis, Penyebab dan Faktor Yang Mempengaruhi

2. Sumber Pengetahuan

Membaca adalah kegiatan yang mengajarkan sesuatu yang terkadang tidak diketahui sebelumnya. Seseorang bisa mendapatkan pengetahuan baru ketika dia membaca sesuatu di luar bidangnya. Dengan membaca seseorang juga bisa dapat meningkatkan keterampilan sosial dengan kekayaan pengetahuan yang diperoleh dari membaca. Membaca membuat seseorang lebih menarik karena dapat terlibat dalam percakapan apapun dan memahami bahan pembicaraan dengan mudah.

Sumber Pengetahuan

Segala sesuatu yang telah dibaca maka akan tersimpan kedalam ingatan sebagai informasi yang baru. Mungkin kita tidak pernah tahu kapan informasi itu akan berguna. Semakin banyak pengetahuan yang dimiliki, semakin mudah seseorang untuk mengatasi setiap tantangan yang akan dihadapi. Selain itu, informasi dan pengetahuan yang didapat dapat dikatakan makanan bagi otak manusia: jika kamu pernah mengalami keadaan yang menyedihkan dan mengerikan, ingatlah bahwa meskipun mungkin akan kehilangan segalanya seperti – pekerjaan, harta benda, uang, bahkan kesehatan – maka pengetahuan tidak pernah dapat diambil dari ingatanmu dan itu akan menjadi satu satunya modal yang masih dimiliki untuk menjalani kehidupan ini.

3. Meningkatkan Daya Ingat

Membaca merupakan latihan stimulasi mental yang akan membuat otak tetap aktif. Membaca diketahui memperlambat penurunan kekuatan mental manusia, sehingga mampu terjaga untuk selalu memiliki kekuatan mental dalam kondisi yang baik . Membaca dapat menjaga memori seseorang agar bisa bertahan hingga usia tua. Suatu penelitian mengatakan bahwa kegiatan membaca dapat mencegah seorang terkena resiko Alzheimer. Hal ini merupakan jenis demensia yang menyebabkan masalah memori. Jika kamu ingin meningkatkan daya ingat, maka bisa melatih otak dengan membaca setidaknya satu buku per bulan.

Memori Ingatan Otak

Ketika seseorang membaca buku terutama novel, secara otomatis akan mengingat bermacam-macam karakter tokoh, tujuan, sejarah, latar belakang dan plot yang diperoleh dari membaca sebuah cerita. Informasi tersebut bisanya mudah diingat, otak memiliki kemampuan yang luar biasa dan dapat mengingat hal-hal tersebut dengan mudah. Fakta unik yang perlu diketahui bahwa ternyata setiap memori baru yang tersimpan membentuk sinapsis baru (jalur otak), kemudian memperkuat yang sudah ada serta membantu seseorang dalam mengingat memori jangka pendek dan menstabilkan suasana hati.

4. Mengurangi Stress

Mengurangi Stress

Tidak peduli seberapa banyak stres yang dimiliki seperti rutinitas dunia kerja, hubungan pribadi, atau masalah lain tak terhitung jumlahnya yang saat ini sedang dihadapi, semuanya bisa hilang begitu saja ketika seorang pembaca buku novel tenggelam dalam sebuah kisah yang hebat. Sebuah novel yang ditulis dengan baik dapat membawa seseorang ke alam lain, sementara artikel yang menarik akan mengalihkan perhatian dan membuat seseorang terfokus pada yang dibacanya. Hal ini membuat ketegangan akan masalah yang dicemaskan menurun dan membuat rileks pikiran.

5. Sumber Inspirasi

Inspirasi

Membaca buku-buku inspirasional dapat berkontribusi pada pertumbuhan dan perkembangan cara berpikir seseorang. Beberapa buku inspirasional bersifat positif dan membangkitkan semangat sehingga termotivasi. Saat merasa sedih, seseorang dapat diperbarui secara spiritual hanya dengan membaca buku yang mampu menginspirasi. Bagi anda yang saat ini belum terbiasa membaca buku maka cobalah membaca buku yang ringan terlebih dulu sehingga akan membiasakan diri agar kedepannya mampu mencerna bacaan lebih banyak.

6. Menambah Kosa kata

Bagi kamu yang tidak ahli bahasa Inggris maka dapat memulai membaca novel atau artikel dalam bahasa Indonesia terlebih dulu. Dalam sebuah buku seseorang akan diajarkan bagaimana mengekspresikan ide dan konsep dalam bahasa asing. Ejaan kata-kata yang didengar dapat diklarifikasi melalui bacaan. Selain itu dengan membaca seseorang akan menguasai tata bahasa dan tanda baca melalui aktifitas pembacaan yang konsisten.

Kosa Kata

Semakin banyak kegiatan membaca, semakin banyak kosa kata asing atau baru yang bisa ditemukan, secara otomatis kata kata tersebut pasti akan masuk ke dalam kosa kata sehari-hari. Menjadi artikulatif dan berbicara dengan baik sangat membantu dalam profesi apa pun. Seseorang terlihat berpengetahuan luas saat memahami berbagai hal hal asing yang jarang diketahui oleh banyak orang. Keuntungan ini biasanya dapat membantu dalam karir seseorang. Seorang yang pandai membaca, pandai berbicara, dan berpengetahuan luas tentang berbagai topik cenderung mendapatkan promosi lebih cepat (dan lebih sering) daripada mereka yang memiliki kosakata lebih kecil dan kurang kesadaran akan literatur, terobosan ilmiah terbaru, dan peristiwa global.

7. Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi

Dalam kehidupan sosial ini bagi banyak orang polusi suara menjadi salah satu hal yang membuat sulit konsentrasi. Seseorang tidak dapat mengontrol obrolan orang saat di bus, begitu juga musik dengan volume keras menggelegar berasal dari rumah tetangga yang terkadang mengganggu. Seseorang harus terus membaca jika ingin menyelesaikan suatu novel, hal ini tentunya membutuhkan fokus dan konsentrasi. Membaca dikatahui memperkuat fokus dan melatih konsentrasi seseorang. Meskipun banyak gangguan, seseorang yang memiliki tujuan dapat tetap fokus dan mampu mengabaikan atau meredam gangguan dari lingkungan sekitarnya.

Konsentrasi

Sebagai contoh seorang yang mengisi waktu luangnya saat melakukan transfportasi dengan kendaraan umum untuk berangkat kerja dengan membaca buku, secara tidak sadar tiba tiba sudah sampai di kantor. Hal ini membuktikan bahwa mempriorotaskan pada sesuatu yang dianggap penting mampu melatih konsentarsi kita agar tetap fokus pada satu hal. Dalam dunia yang saat ini segala sesuatu dilakukan dengan multitasking seperti bekerja sambil mendengarkan musik disertai dengan sela aktifitas chatting dengan teman dan scrolling di media sosial biasanya menggangu fokus bekerja dan malah tidak kehilangan waktu produktif. Oleh karena itu pentingnya melatih fokus serta konsentrasi yang akan sangat bermanfaat bagi kehidupan.

8. Kemampuan Berpikir dan Beranalisis

Pernahkah kamu membaca novel misteri yang dan memecahkan sendiri misteri sebelum menyelesaikan buku yang dibaca? Jika demikian, maka kamu dapat menerapkan pemikiran kritis dan analitis dengan memperhatikan semua detail yang disediakan dan memilahnya untuk menentukan kesimpulannya.

Analisis

Kemampuan yang sama untuk menganalisis perincian juga berguna ketika mengkritik plot; menentukan apakah itu adalah karya yang ditulis dengan baik, dan lain sebagainnya. Kemampuan ini tidak hanya serta merta berguna untuk menyelesaikan misteri di sebuah buku, namun juga berlaku pada kehidupan nyata. Kemampuan analisis ini bisa dimanfaatkan dalam banyak hal seperti mencari penyebab inti masalah serta menemukan solusi yang tepat. Tentunya keahlian ini akan sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari hari untuk menentukan pilihan tepat dalam menentukan serta memutuskan suatu hal.

9. Mendapatkan Ketenangan

Bacalah Buku

Selain relaksasi yang bisa didapat dari membaca buku yang bagus, terkadang subjek yang dibaca dapat mendatangkan kedamaian dan ketenangan batin yang luar biasa. Membaca teks-teks spiritual dapat menurunkan tekanan darah dan menimbulkan rasa tenang yang luar biasa. Membaca buku juga telah terbukti membantu orang yang menderita gangguan mood tertentu dan penyakit mental ringan agar bisa lebih memiliki ketenangan.

10. Kemampuan Menulis

Keterpaparan terhadap karya yang diterbitkan dan ditulis dengan baik di sebuah buku yang dibaca memiliki efek yang akan berpengaruh pada tulisan sendiri. Dengan mengamati irama, fluiditas, dan gaya penulisan penulis lain akan selalu mempengaruhi dalam menyampaikan sesuatu baik dalam tulisan maupun lisan.

Cara Sukses Menjadi Penulis Profesional
Cara Sukses Menjadi Penulis Profesional

Dengan cara yang sama seperti musisi mempengaruhi satu sama lain dan pelukis menggunakan teknik yang dibuat oleh master sebelumnya, begitu juga penulis belajar bagaimana membuat prosa dengan membaca karya-karya orang lain. Kemampuan ini sangat bermanfaat bagi hampir semua orang, karena menulis merupakan aktifitas berkomunikasi yang saat ini sering kita lakukan pada zama modern ini.

Baca Juga : Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan Benar

11. Hobi yang Relatif Murah

Meskipun banyak dari kita yang suka membeli buku baik untuk hiburan atau untuk referensi di masa depan, namun terkadang harganya bisa sangat mahal.

Tumpukan Buku

Untuk hiburan beranggaran rendah, kita dapat mengunjungi perpustakaan setempat dan menikmati banyak buku bagus yang tersedia di sana secara gratis. Perpustakaan memiliki buku tentang setiap subjek yang bisa dipelajari. Selain itu karena perpustakaan memutar stok secara terus-menerus dengan buku baru, tentunya bahan bacaan tidak akan pernah habis untuk dibaca.

Namun jika kebetulan tinggal di daerah yang tidak memiliki perpustakaan lokal, atau jika mengalami gangguan mobilitas dan tidak bisa mendapatkannya dengan mudah. terdapat suatu solusi yang mana sebagian besar perpustakaan memiliki buku yang tersedia dalam format PDF atau ePub sehingga Anda dapat membacanya di e-reader, iPad, atau layar komputer Anda. Juga ada banyak sumber online di mana Anda dapat mengunduh e-book gratis, jadi mengapa tidak segera berburu buku gratis untuk menambah wawasan dan mengisi waktu luang dengan aktifitas yang berfaedah.

Baca Juga : Hobi Adalah – Pengertian dan Contoh

Ada genre membaca yang bisa dibaca oleh semua kalangan, tergantung selera yang dimiliki. Beberapa contoh buku berupa sastra klasik, puisi, majalah mode, biografi, teks keagamaan, buku-buku kehidupan, psikologi, inspirasi, atau novel roman, banyak hal di luar sana yang mampu menarik keingintahuan dan imajinasimu. Cobalah beberapa saat untuk membuka dan membaca buku, yang mungkin akan banyak manfaat yang bisa ditemukan didalamnya.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.