Home Pengetahuan Alam Polusi Suara: Penyebab, Contoh Macam Dampak

Polusi Suara: Penyebab, Contoh Macam Dampak

Polusi Suara

Polusi suara : Penyebab, Contoh Macam dan Dampak – Polusi suara adalah gangguan pada sebuah lingkungan yang diakibatkan oleh bunyi atau suara yang mengakibatkan ketidaktentraman makhluk hidup di sekitar bunyi tersebut. Polusi suara terjadi diakibatkan dari suara suara bervolume tinggi atau bernada keras yang akhirnya menyebabkan kebisingan dan membuat ketidaksenangan terhadap makhluk sekitar.

Suara atau bunyi di nilai menjadi polusi atau tidak itu merupakan penilaian yang subjektif. Itu artinya tergantung dari tanggapan setiap makhluk hidup (manusia, hewan) yang mendengar suara tersebut, bisa jadi salah satu dari orang sekitar suara akan merasa bising dan salah satu lainnya merasa biasa saja.

Pengukuran Polusi Suara

Meskipun polusi suara penilaiannya itu subjektif, tetapi ada parameter yang bisa digunakan untuk mengukur tingkat polusi suara baik secara sederhana dan langsung. Kita mulai dengan pengukuran polusi suara dengan cara sederhana yaitu dengan menggunakan sound level meter biasanya diukur tingkat tekanan bunyi dB(A) selama 10 menit untuk tiap kali pengukuran. Tetapi pembacaan dilakukan setiap 5 detik.

Cara kedua adalah cara langsung yang dilakukan dengan sebuah integrating sound level meter yang memiliki fasilitas pengukur LTM5, maksudnya adalah Leq dengan waktu ukur tiap 5 second (detik), pengukuran dilakukan selama 10 menit.

Penyebab Polusi Udara

Polusi udara disebabkan dari bunyi atau suara yang dikeluarkan oleh suatu benda yang bunyinya sangat keras sehingga dapat mengganggu bagi lingkungan dan makhluk hidup yang berada pada daerah tersebut. Tingkat kebisingan suara ini lah yang mengganggu lingkungan sekitar sehingga menjadi pencemaran suara.

Hingga saat ini pencemaran atau polusi suara terjadi dari bising suara pesawat udara. Hal ini mesin pesawat bekerja sangat cepat untuk mendorong badan pesawat sehingga bunyi yang dihasilkan pun terasa keras dan membuat orang sekitar merasa bising. Selain itu polusi suara bisa disebabkan dari suara kereta, kendaraan bermotor yang dimodifikasi, petir, speaker atau TOA yang berkualitas rendah, sehingga orang sekitar merasa bising karena terganggu.

Secara rinci penyebab polusi udara dapat saya buat menjadi list sebagai berikut ini :

  1. Suara bising dari Mesin Pesawat
  2. Suara dari alat transportasi darat seperti kereta, sepeda bermotor yang telah dimodifikasi (sepeda wor)
  3. Suara keras dari alam seperti petir atau suara letusan gunung berapi
  4. Suara dengung dari TOA atau Speaker yang dalam kondisi tidak bagus

Dampak yang Terjadi dari Polusi Suara

Dampak yang dapat dirasakan dari polusi udara tentu saja adalah subjektif masing masing yang menerima kebisingan suara tersebut. Tetapi jika ada orang yang tinggal di daerah yang tiap hari terdapat kebisingan suara, misalnya tempat tinggal di dekat bandar udara bisa saja Ia akan mengalami stress karena tidak nyaman dengan suara bising atau polusi suara yang berasal dari pesawat.

Akibat yang terjadi dari polusi suara tidak hanya sampai stress, bahkan polusi suara dapat meningkatkan tekanan darah secara signifikan pada orang yang merasakan kebisingan suara. Dengan begitu, orang yang mengidap penyakit jantung dan penyakit lain yang berhubungan dengan darah tinggi akan mudah kambuh lagi. Selain itu, polusi suara identik dengan suara keras dan bising sehingga dapat mengganggu pendengaran.

Setiap manusia dan makhluk hidup di dunia ini membutuhkan ketenangan dan ketentraman serta suasana yang damai dalam hidupnya. Tetapi pencemaran atau polusi suara merenggut itu semua terutama orang yang tinggal di sekitar bandara atau di daerah kawasan industri (bising mesin pabrik). Tingkat kebisingan yang dialami oleh mereka tergolong tinggi.

Contoh dampak yang nyata terjadi akibat polusi suara sebagian sudah saya jelaskan diatas, tetapi lebih jelasnya saya akan membuat list dibawah ini.

  1. Tekanan darah tinggi
  2. Sistem pendengaran yang rusak
  3. Jantung berdetak semakin cepat akibat tekanan darah yang naik
  4. Gangguan psikologis akibat stress berkepanjangan
  5. Munculnya penyakit lain karena gangguan psikologi pada penderita polusi suara

Jika kita menelisik lebih jauh lagi mengenai polusi suara maka dampak yang disebabkan akan semakin terlihat dan hal tersebut harus segera ditanggulangi dengan cara membuat bandara di tempat yang jauh dari pemukiman. Membuat pabrik yang benar benar berada di kawasan industri bukan di tengah pemukiman.

No ratings yet.

Please rate this