Twitter Logo's

Dalam perkembangan dunia digital saat ini, sosial media sering kali digunakan oleh para pelaku usaha dalam memasarkan produk mereka. Selain itu, orang biasa juga bisa menggunakan sosial media ini sebagai tempat untuk mencari hiburan dikala waktu luang tiba.

Twitter menjadi salah satu sosial media yang juga menjadi pilihan banyak orang, bahkan diatas gempuran Facebook dan Instagram mereka masih mampu bertahan dan tidak ditinggalkan oleh para pengguna setianya. Berikut ini akan dibahas mengenai pengertian Twitter, sejarah, hingga sejumlah manfaat yang dimilikinya. Apa sajakah itu? Mari simak jawabannya dibawah ini.

A. Pengertian Twitter

Twitter ini merupakan sebuah layanan sosial media yang memungkinkan para pemilik akun bisa membaca, mengirim, maupun membalas pesan teks dari orang lain. Dimana untuk setiap teks yang dituliskan ini ada batasannya yaitu280 karakter saja.

Jumlah karakter tersebut sudah mengalami peningkatan dibandingkan pada saat pertama kali dirilis yakni hanya 140 karakter saja. Lalu karena banyaknya permintaan dari para pengguna, akrhinya pada bulan November 2017 lalu pihak Twitter pun menambahkan jumlah karakter menjadi 280.

Yang menarik, untuk menikmati layanan Twitter ini anda tidak diharuskan memiliki akun. Namun bagi anda yang tidak memliliki akun hanya bisa membaca atau menikmati gambar maupun kicauan (tweet) dari orang lain, sementara bagi pemilik akun Twitter bisa menulis, membagikan, memberikan like pada postingan orag lain melalui smartphone maupun PC.

Kicauan / Tweet ini merupakan istilah menulis atau membagikan tulisan / postingan di Twitter. Sementara istilah retweet artinya membagikan tulisan dari orang lain ke profil / beranda di akun anda tersebut.

B. Sejarah Twitter

Sama halnya dengan sosial media lain, perjalanan dari Twitter hingga mencapai kesuksesan sampai saat ini tidak instan. Layanan ini pertama kali digagas oleh seorang Mahasiswa dari Universitas New York bernama Jack Dorsey, pada saat itu dirinya melakukan diskusi dalam acara yang diselenggarakan oleh perusahaan podcast ternama yakni Odeo.

Dalam kesempatan tersebut, Jack pun mengemukakan pendapat tentang penggunaan pesan singkat dalam komunikasi. Sebelumnya proyek yang digagas oleh Jack ini bernama twttr, pengembangan proyek tersebut terinspirasi oleh Flickr serta kode singkat SMS Amerika yang berjumlah 5 digit.

Pada bulan Maret 2006, Jack pun mulai melakukan pengembangan proyek Twitter tersebut dengan ia menuliskan pesan singkat pertama kali berbunyi โ€˜just setting up my twttrโ€™. Nah definisi dari nama Twitter ini sendiri adalah โ€˜a short burst of inconsequential informationโ€™ (ledakan singkat informasi tidak penting) serta โ€˜chirps from birdsโ€™ (celotehan burung).

Tak butuh waktu lama, pada bulan Juli 2006 layanan Twitter ini dikenal ke public setelah sebelumnya dipakai oleh kebutuhan internal dari karyawan Odeo. Setelah mendapatkan respon positif, akrhinya pada bulan Oktober 2006, Jack Dorsey, Boz Stone, Evan Williams, serta staf Odeo membuat sebuah perusahaan baru.

Semua aset yang dimiliki oleh Odeo dan Twitter telah diakuisisi oleh Investor dan pemegang saham. Titik puncak kesuksesan dari Twitter ini terjadi pada tahun 2007,  yakni dalam sebuaha cara konferensi South bu Southwest Interactive (SXSWi). Pada saat acara tersebut berlangsung, biasanya pengguna Twitter ini awalnya hanya ada 20 ribu tweet/hari, saat itu menjadi 60 ribu tweet/hari.

C. Fitur Penting Twitter

1. Kicauan (Tweet)

Namanya juga Twitter, pastinya membutuhkan fitur untuk menuliskan kicauan (tweet) didalamnya ya? tidak hanya sekedar menuliskan teks saja, namun pengguna juga di izinkan untuk menambahkan foto, video, maupun konten gif kepada seluruh pengguna selama itu tidak melanggara aturan.

Umumnya tweet yang anda tulis maupun bagikan di beranda Twitter ini bakalan bisa dilihat oleh umum, baik mereka yang memiliki akun ataupun tidak. Namun anda tidak perlu khawatir, karena didalam Twitter ini terdapat sebuah fitur yang memungkinkan anda bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat postingan.

Untuk mengirimkan tweet ini tidak harus melalui aplikasi maupun situs web Twitter, anda juga bisa mengirimkan tweet ini melalui SMS (berlau di beberapa negara). Namun untuk mengirimkan tweet melalui SMS ini akan dikenakan biaya sesuai dengan provider yang anda gunakan.

2. Retweet

Seperti yang sudah disinggung diatas tadi, dimana istilah Retweet ini berguna untuk membagikan ulang kiriman dari seorang pengguna Twitter ke beranda anda. Tidak hanya postingan orang lain, bahkan postingan anda yang terdahulu juga bisa di posting ulang atau dibagikan ke orang lain.

3. Follow

Bagi anda yang pertama kali menggunakan sosial media Twitter, maka didalamnya akan menemukan sebuah istilah seperti Follow (Mengikuti), Followers (Pengikut), dan Unfollowing (Membatalkan pertemanan). FItur ini bertujuan agar pengguna bisa saling terhubung dengan pengguna lain lalu saling berkomunikasi di Twitter.

Jika anda menemukan salah satu akun yang dirasa mengganggu, pihak Twitter juga menyediakan layanan pemblokiran yang bisa anda gunakan nantinya. FItur seperti ini merupakan hal yang umum tersedia pada berbagai sosial media, bahkan Instagram juga menggunakan fitur ini untuk memudahkan pemilik akun melihat berapa jumlah kontaknya.

Tak jarang semakin banyak followernya (seperti selebriti), maka akan mendapatkan job berupa endorsement yang pendapatannya lumayan menggiurkan, sehingga banyak yang tertarik terjun dalam bidang tersebut.

4. Hashtag

Hashtag atau Tagar ini merupakan sebuah kata frasa yang biasanya diawali dengan โ€˜#โ€™. Biasanya hal ini dipakai ini mengawali sebuah topic pembahasan yang lagi ngetrend. Selain itu, fungsi lain dari tagar ini memudahkan pencarian pengguna dalam sebuah topic maupun brand tertentu.

5. Nama Pengguna

Sama halnya dengan kebanyakan sosial media, bagi anda yang ingin melakukan tag pada akun seseorang di Twitter, maka perlu menambahkan โ€˜@โ€™ dibagian depan nama ID yang digunakan, contohnya seperti @agmhdy, @zlstudi, dan lain sebagainya. Penggunaan @ ini sangatlah penting, dan wajib untuk dicantumkan.

D. Manfaat Twitter

1. Media Berbagi dan Bertukar Informasi

Tentu semua sosial media memiliki manfaat sebagai tempat untuk berbagi pengalaman dan bertukar informasi, begitupun dengan Twitter ini  Cara Twitter untuk menghubungkan banyak orang di seluruh dunia ini bisa melalui tulisan, foto, hingga video, dan pengguna lain bisa memberikan respon mereka terhadap informasi yang dibagikan tersebut.

2. Informasi yang Up to Date

Tak bisa dipungkiri, jika saat ini sosial media menjadi salah satu tempat yang jadi langganan untuk dapatkan informasi secara up to date. Hal ini dikarenakan, banya orang setiap kali mendapatkan berita โ€˜menarikโ€™ mereka akan langsung membagikannya di sosial media, seperti Twitter, Instagram, Facebook, dan lain sebagainya.

Akan tetapi tidak semua informasi yang dibagikan itu bisa jadi trending, karena saat ini para pengguna sosial media sudah cerdas dan bisa membedakan mana informasi yang real dan hoax.

3. Media Hiburan

Karena pada dasarnya sosial media ini dibuat sebagai media hiburan, maka tidak heran jika pada bagian trending topics terdapat banyak hiburan yang seru dan juga menyenangkan. Bagi anda pengguna Twitter maka bisa membagikan berbagai postingan yang seru dan lucu untuk menyebarkan hal menarik pada pengguna lain.

4. Untuk Menggerakkan Masa

Karena pengguna Twitter di dunia ini juga sangat besar, maka hal ini sering kali digunakan untuk mencari masa. Entah ada kaitanya dengan penggalangan dana, demonstrasi, dan lain sebagainya. Akan tetapi sebagai seorang pengguna sosial media yang bijak, alangkah baiknya anda teliti dulu apakah ajakan tersebut bertujuan positif apa tidak, agar nantinya tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

E. Kelebihan Twitter

1. Bisa Meningkatkan Brand Awareness maupun Followers

Sama halnya seperti sosial media pada umumnya, bagi pelaku usaha Twitter ini juga mereka manfaatkan untuk meningkatkan branding maupun followers mereka.

2. Membangun Reputasi Baik Pada Produk

Twitter juga sering kali menjadi media untuk menjalankan strategi digital marketing, dimana banyak orang yang seringkali membagikan pengalaman mereka dalam menggunakan sebuah produk di sosial media seperti Twitter. Dengan begini, secara tidak langsung juga bisa meningkatkan reputasi baik pada produk anda.

3. Jarang Mengalami Down

Seperti yang kita tahu, jika Twitter ini menjadi sebuah sosial media yang sangat jarang sekali mengalami down. Hal ini mungkin dikarenakan mereka menjadi sosial media yang berdiri sendiri, tidak seperti Facebook maupun Instagram yang saling terhubung.

F. Kelemahan Twitter

1. Hashtag Terbatas

Persaingan didalam dunia internet ini memang cukup tinggi, khususnya bagi para pelaku usaha online. Nah Twitter ini tergolong sangat terbatas dalam pemberian hashtag, sehingga jangkauan pasar yang di inginkan pun juga kurang maksimal.

2. Jumlah Teks yang Terbatas

Seperti yang sudah di singgung diatas tadi, jika pihak Twitter membatasi jumlah pesan teks yang sangat terbatas yakni 280 karakter saja. Dengan begini maka bagi para pelaku usaha cukup kesulitan dalam menjelaskan tentang produk yang mereka pasarkan.

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang Twitter, semoga apa yang sudah dibahas diatas tadi bermanfaat dan menambah wawasan anda nantinya.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.