Jagad.id – Mengetahui metrik media sosial yang tepat adalah hal mendasar. Tetapi ada begitu banyak data yang kami miliki sehingga sulit untuk mengetahui apa yang harus difokuskan.
Dalam kasus media sosial, situasinya bahkan lebih rumit, karena setiap platform memiliki metriknya sendiri. Untuk membantu Anda dalam hal ini, mari tinjau metrik utama yang harus Anda ukur dan ketahui untuk setiap jejaring sosial.
Metrik Media Sosial Apa yang Harus Anda Ukur?
Metrik medsos adalah data dan statistik yang memberi anda informasi tentang kinerja pemasaran di platform ini. Seringkali jaringan itu sendiri menyediakan metrik ini di bagian analitiknya.
Beberapa metrik media sosial bersifat universal, tetapi karena jaringan baru dengan kekhususan berbeda telah muncul, anda harus mempertimbangkan metrik spesifik dari setiap platform. Di bawah ini, kami menyertakan yang paling penting untuk platform media sosial terbesar saat ini.
Ingatlah bahwa, selain metrik khusus ini, Anda juga harus mengumpulkan informasi tentang bagaimana jaringan sosial berkontribusi pada tujuan bisnis Anda secara keseluruhan. Secara khusus, sangat penting untuk mengetahui proporsi lalu lintas ke situs web Anda yang berasal dari saluran media sosial Anda, berapa banyak prospek yang dihasilkan, dan bagaimana mereka memengaruhi konversi.
Metrik Facebook
Jangkauan/tayangan: berapa kali postingan Anda dilihat. Sangat penting untuk dapat menilai dampak dan visibilitas Anda di jaringan ini.
Reaksi: suka adalah metrik dasar keterlibatan di Facebook, tetapi ingatlah bahwa, tidak seperti jaringan lain, di sini ada reaksi lain, seperti wajah sedih atau hati, jadi letakkan metrik ini dalam konteks.
Komentar dan berbagi: kedua metrik ini memberikan gambaran keterlibatan yang lebih lengkap di Facebook. Komentar menunjukkan tingkat keterlibatan yang tinggi, sementara berbagi mendorong viralitas.
Klik tautan: metrik media sosial ini membantu Anda mengetahui apakah CTA Anda di Facebook berfungsi dan apakah Anda menarik pengguna ke situs web Anda.
Penayangan video: video telah mengambil peran yang semakin menonjol di Facebook, baik melalui video tersemat, asli, dan langsung. Metrik ini memungkinkan Anda untuk memantau dampak Facebook pada pemasaran video Anda.
Metrik YouTube
Penayangan video: jumlah total berapa kali video di saluran YouTube Anda telah dilihat.
Total waktu menonton: total waktu video saluran Anda telah dilihat. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap, Anda dapat menghubungkannya dengan metrik sebelumnya dan melihat persentase rata-rata dari setiap video yang ditonton pengguna.
Interaksi video: metrik ini mengumpulkan reaksi pengguna terhadap video Anda. Misalnya, menandai dengan suka atau meninggalkan komentar.
Metrik Instagram
Jangkauan/tayangan: berapa kali postingan Anda dilihat di jaringan ini. Metrik media sosial ini memberi Anda gambaran tentang dampak dan visibilitas yang Anda dapatkan melalui Instagram.
Pemutaran video: Instagram memungkinkan Anda mengunggah konten video seperti Cerita atau Gulungan. Dengan metrik ini, Anda dapat melihat berapa kali video Anda telah dilihat.
Interaksi dengan postingan: ini mengacu pada jumlah reaksi pengguna. Misalnya, meninggalkan suka, komentar, atau membagikan kiriman.
Metrik TikTok
Penayangan video: berapa kali video Anda dilihat di jejaring sosial ini. Karena TikTok berfokus secara eksklusif pada format video, metrik ini adalah kunci untuk memahami kinerja pemasaran Anda.
Total waktu pemutaran: total waktu yang dihabiskan pengguna untuk menonton video Anda. Seperti halnya YouTube, menarik untuk menghubungkannya dengan metrik sebelumnya.
Interaksi video: jumlah reaksi pengguna terhadap video Anda.
Kinerja tagar: Anda dapat memantau pertumbuhan tagar yang telah Anda buat untuk merek Anda dan tagar paling populer di platform.
Metrik Pinterest
Tayangan: metrik dasar untuk dapat menilai dampak dan visibilitas yang Anda capai di platform media sosial ini.
Interaksi video: jumlah reaksi pengguna terhadap konten video Anda. Format ini menjadi semakin penting di Pinterest, jadi ini adalah metrik yang sangat relevan.
Klik keluar: Metrik media sosial ini memungkinkan Anda menghubungkan aktivitas Anda di Pinterest dengan lalu lintas ke situs web Anda.
Metrik Twitter
Kesan: berapa kali tweet Anda dilihat. Ini penting untuk mengetahui jangkauan posting Anda.
Interaksi video: seperti di banyak jejaring sosial utama lainnya, video menjadi terkenal di Twitter. Metrik ini memungkinkan Anda mengukur kinerja pemasaran video Anda di jaringan ini.
Klik tautan: metrik dasar untuk mengevaluasi dampak CTA Anda dan kemampuan Anda untuk menghasilkan lalu lintas melalui jejaring sosial.
Kunjungan profil: berapa kali pengguna mengunjungi profil Twitter Anda.
Metrik LinkedIn
Kesan unik: di LinkedIn, kami dapat membedakan antara berapa kali total postingan Anda dilihat dan jumlah pengguna unik yang melihatnya.
Interaksi video: pemasaran video juga berperan di LinkedIn, karena ini adalah alat yang sangat berguna untuk memamerkan perusahaan dan produk Anda. Metrik ini melacak jumlah reaksi terhadap video Anda.
Tingkat interaksi: metrik ini, juga dikenal sebagai tingkat keterlibatan, mengukur persentase pengguna yang berinteraksi dengan postingan Anda.
Akhir Kata
Nah, demikian merupakan ulasan tentang metrik media sosial yang bisa anda ketahui. Dengan mengetahui hal ini mudah-mudahan anda bisa membaca peluang untuk bisnis anda di media sosial. Semoga dari ulasan diatas dapat bermanfaat dan membantu yah! Terima kasih!
DAFTAR ISI :
Rekomendasi:
Apa itu Meta Horizon? Teknologi Masa Depan Kah? Jagad.id - Tahun lalu, Facebook mengubah namanya menjadi Meta dan sejak itu memperluas merek untuk memasukkan fitur-fitur baru, seperti Meta Horizon. Tapi apa itu Meta Horizon? Baca terus untuk mengetahui…
9 Ide Video Youtube Yang Terbaik Tahun Ini Jagad.id - Ide Video Youtube - Sebagai situs web terpopuler kedua di dunia, pengaruh YouTube tidak bisa diremehkan. Ini adalah rumah bagi ratusan juta video, tren terbaru yang muncul, komunitas…
Cara Mengetahui Akun BOT Dan Troll Di Media Sosial Jagad.id - Khawatir Anda ditipu oleh bot atau akun troll online? Jika Anda ingin terus membaca panduan ini di mana kami merinci cara mengetahui akun bot dan troll di media…
5 Aspek Utama Untuk Memulai Iklan di Media Sosial Jagad.id - Beriklan di jejaring sosial adalah salah satu cara terbaik bagi merek Anda untuk mendapatkan visibilitas dan jangkauan. Itu juga bisa meningkatkan jumlah keseluruhan prospek dan konversi. Lantas, bagaimana…
Cara Media Sosial Memengaruhi Perilaku Konsumen Jagad.id - Cara Media Sosial Memengaruhi Perilaku Konsumen - Media sosial telah menjadi kebutuhan pokok sehari-hari dalam kehidupan konsumen, dengan 71% menggunakan media sosial lebih banyak pada tahun 2021 dibandingkan…
Strategi Memasarkan Bisnis Secara Online Saat ini, kita hidup di era yang sudah jauh lebih maju. Banyak hal di kehidupan sehari-hari yang akhirnya juga mengikuti perubahan zaman. Salah satunya adalah bisnis. Dulu orang-orang membuka usahanya…
Pentingnya Digital Marketing Bagi Bisnis Anda 2023 Jagad.id - Pentingnya Digital Marketing Bagi Bisnis: Penelitian telah menunjukkan bahwa salah satu penyebab utama kegagalan usaha kecil di dunia saat ini adalah ketidakmampuan mereka untuk mengiklankan dan mempromosikan bisnis…
Strategi Digital Marketing Dalam Menjadwalkan Konten Jagad.id - Membuat konten adalah cara untuk memposisikan diri Anda sebagai tolok ukur industri Anda, mendapatkan kepercayaan dari audiens target Anda, memenangkan pelanggan, dan menghasilkan penjualan. Namun, dalam strategi digital…
10 Aplikasi Fitnes Terbaik untuk Jam Tangan Apple Jagad.id - Industri kebugaran mengambil lompatan besar dengan munculnya aplikasi fitnes terbaik untuk jam tangan pintar. Aplikasi pelacakan kesehatan memberikan berbagai manfaat seperti pemantauan, pelacakan, dan peningkatan kesehatan secara keseluruhan.…
4 Jenis Teknologi Big Data Yang Perlu Kamu Tahu Jagad.id - Big data dapat dimanfaatkan dengan penggunaan teknologi, yang dapat dikategorikan menjadi empat jenis teknologi Big Data. Pelajari lebih lanjut tentang mereka dan alat apa yang dapat digunakan untuk…
Cara Menghapus Watermark Tiktok Langkah Demi Langkah Jagad.id - Tidak seperti jejaring sosial lain seperti Instagram, TikTok secara otomatis menambahkan watermark ke semua video yang diunggah pengguna ke platform. Watermark ini berisi nama akun pengunggah dan logo…
Apa itu Konsultan SEO dan Pentingkah Untuk Bisnis? Jagad.id - Jelajahi apa yang dapat disumbangkan oleh konsultan SEO untuk bisnis Anda dan cara menyewa konsultan yang tepat untuk tujuan bisnis Anda. Konsultan membantu bisnis meningkatkan peringkat situs web…
Facebook Untuk Pembelajaran Di Kelas, Metode Baru! Jagad.id - Media sosial telah terbukti bermanfaat dalam membantu pembelajaran dan perkembangan siswa. Meski begitu, tidak banyak sekolah dan lembaga pendidikan lainnya yang menggunakan platform seperti facebook untuk pembelajaran di…
Cara Membuat Infografis Beserta Aplikasi Untuk Membuatnya Jagad.id - Infografis adalah cara visual untuk memberikan informasi dengan cepat dan mudah. Karena itu, mereka telah menjadi elemen penting dari konten marketing. Namun, membuat bahan jenis ini bisa rumit…
Pengertian HTTPS : Kelebihan, Fungsi dan Cara Kerja Jagad.id - Pengertian HTTPS - Di dalam dunia digital, terdapat istilah protokol internet yang penting untuk menambah keamanan website serta blog. Protokol internet sendiri terbagi menjadi dua yakni HTTP dan…
5 Cara Membuat Video Viral Di Media Sosial Jagad.id - Cara Membuat Video Viral Di Media Sosial - Jika Anda seorang Marketing di media sosial, kemungkinan besar Anda pernah ditanya, “bagaimana kita menjadi viral?” setidaknya sekali. Sebagian besar…
Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen - Konsumen adalah setiap orang yang memakai barang atau jasa yang tersedia dalam sebuah masyarakat, baik bagi kepentingan orang banyak seperti diri sendiri, keluarga, kerabat,…
Pengertian Reseller : Sistem Kerja, Syarat, Keuntungan,… Dengan semakin berkembangnya bisnis jual beli atau perdagangan yang memakai media internet sebagai basis utama. Dari sini, kemudian mulai bermunculan berbagai pekerjaan baru dari mulai dropshipper hingga reseller. Dalam ulasan…
Cara Mendapatkan FYP TikTok Atau Halaman Untuk Anda Jagad.id - Banyak merek memasukkan TikTok dalam strategi pemasaran mereka. Tapi apa yang harus Anda lakukan untuk muncul di TikTok FYP (For You Page)? Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan…
Cara Membuat Instagram Shop Langkah Demi Langkah Jagad.id - Selain menjadi salah satu jejaring sosial terpopuler, Instagram juga menjadi sarana belanja sosial. Ini menyediakan cara membuat Instagram Shop bagi perusahaan untuk terhubung dengan audiens mereka, berinteraksi dengan…
Cara Beriklan Di Tiktok Secara Lengkap Jagad.id - Karena TikTok mendapatkan lebih banyak momentum di luar lingkaran Gen Z, pengiklan mulai membangun strategi periklanan TikTok mereka. Mempertimbangkan bahwa aplikasi tersebut adalah aplikasi non-Meta pertama yang mencapai…
Cara Menggunakan Snapchat Untuk Bisnis di Tahun 2022 Jagad.id - Cara Menggunakan Snapchat Untuk Bisnis - Ketika Snapchat muncul pada tahun 2012, pengguna bersemangat dengan membiarkan mereka bercerita, menggunakan filter yang menyenangkan, dan membuat konten yang tidak biasa.…
Terbukti Berhasil, Ini Strategi Promosi Website Paling… Jagad.id - Strategi promosi website yang paling efektif adalah melakukan promosi produk agar hasil penjualan produk semakin maksimal. Salah satu strategi promosi yang paling efektif adalah dengan membuat website bisnis.…
Apa itu Metaverse? Apakah Sebuah Masa Depan Internet? Jagad.id - Apa itu Metaverse - Jika Anda pernah mengunjungi situs berita, membuka media sosial atau bahkan hanya berbicara dengan orang lain dalam beberapa tahun terakhir, Anda pasti telah menemukan…
Pengertian Media Sosial : Sejarah, Jenis, Ciri Ciri dan… Pengertian Media Sosial - Pada saat ini, teknologi berkembang dengan sangat cepat. Sosial media merupakan salah satu kecanggihan yang bisa kita gunakan untuk berbagi pengalaman, mengirim pesan, atau bahkan melakukan…
Cara Cetak QRIS Jagad.id - Cara Cetak QRIS, Quick Response (QR) Code merupakan suatu jenis barcode yang sangat populer digunakan dalam berbagai bidang, mulai dari perdagangan, teknologi, sampai pendidikan. QR Code memiliki kemampuan…
Aplikasi Pembuat Meme Terbaik Di Tahun 2023 Jagad.id - Aplikasi Pembuat Meme Terbaik - Meme adalah mata uang internet. Kecuali Anda telah hidup di bawah batu selama dekade terakhir, Anda tahu bahwa meme adalah gambar atau video…
Apa Itu Email Marketing API Dan Apa Fungsinya? Jagad.id - Email marketing (pemasaran) adalah komponen penting dari pemasaran digital. Selain memiliki ROI yang tinggi, ini adalah alat yang sangat serbaguna yang mampu beradaptasi dengan semua jenis merek dan…
5 Manfaat Facebook Untuk Pelajar Dan Dampak Buruknya Jagad.id - Manfaat Facebook Untuk Pelajar - Facebook adalah situs jejaring sosial yang memungkinkan orang untuk terhubung dengan orang lain di mana pun mereka berada di dunia. Dengan hampir 2,7…
Cara Meningkatkan RKT di Google Ads Auto Ampuh Jagad.id - RKT atau Rasio Klik Tayang, adalah salah satu metrik terpenting dalam kampanye di Google Ads. Ini menunjukkan jika Anda menarik pengguna baru dan meningkatkan jangkauan Anda dengan upaya…