Metrik Media Sosial: Wajib Anda Ketahui!

Jagad.id – Mengetahui metrik media sosial yang tepat adalah hal mendasar. Tetapi ada begitu banyak data yang kami miliki sehingga sulit untuk mengetahui apa yang harus difokuskan.

Dalam kasus media sosial, situasinya bahkan lebih rumit, karena setiap platform memiliki metriknya sendiri. Untuk membantu Anda dalam hal ini, mari tinjau metrik utama yang harus Anda ukur dan ketahui untuk setiap jejaring sosial.

Metrik Media Sosial Apa yang Harus Anda Ukur?

Metrik medsos adalah data dan statistik yang memberi anda informasi tentang kinerja pemasaran di platform ini. Seringkali jaringan itu sendiri menyediakan metrik ini di bagian analitiknya.

Beberapa metrik media sosial bersifat universal, tetapi karena jaringan baru dengan kekhususan berbeda telah muncul, anda harus mempertimbangkan metrik spesifik dari setiap platform. Di bawah ini, kami menyertakan yang paling penting untuk platform media sosial terbesar saat ini.

Ingatlah bahwa, selain metrik khusus ini, Anda juga harus mengumpulkan informasi tentang bagaimana jaringan sosial berkontribusi pada tujuan bisnis Anda secara keseluruhan. Secara khusus, sangat penting untuk mengetahui proporsi lalu lintas ke situs web Anda yang berasal dari saluran media sosial Anda, berapa banyak prospek yang dihasilkan, dan bagaimana mereka memengaruhi konversi.

Metrik Facebook

metrik media sosial

Jangkauan/tayangan: berapa kali postingan Anda dilihat. Sangat penting untuk dapat menilai dampak dan visibilitas Anda di jaringan ini.

Reaksi: suka adalah metrik dasar keterlibatan di Facebook, tetapi ingatlah bahwa, tidak seperti jaringan lain, di sini ada reaksi lain, seperti wajah sedih atau hati, jadi letakkan metrik ini dalam konteks.

Komentar dan berbagi: kedua metrik ini memberikan gambaran keterlibatan yang lebih lengkap di Facebook. Komentar menunjukkan tingkat keterlibatan yang tinggi, sementara berbagi mendorong viralitas.

Klik tautan: metrik media sosial ini membantu Anda mengetahui apakah CTA Anda di Facebook berfungsi dan apakah Anda menarik pengguna ke situs web Anda.

Penayangan video: video telah mengambil peran yang semakin menonjol di Facebook, baik melalui video tersemat, asli, dan langsung. Metrik ini memungkinkan Anda untuk memantau dampak Facebook pada pemasaran video Anda.

Metrik YouTube

metrik media sosial

Penayangan video: jumlah total berapa kali video di saluran YouTube Anda telah dilihat.

Total waktu menonton: total waktu video saluran Anda telah dilihat. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap, Anda dapat menghubungkannya dengan metrik sebelumnya dan melihat persentase rata-rata dari setiap video yang ditonton pengguna.

Interaksi video: metrik ini mengumpulkan reaksi pengguna terhadap video Anda. Misalnya, menandai dengan suka atau meninggalkan komentar.

Metrik Instagram

Jangkauan/tayangan: berapa kali postingan Anda dilihat di jaringan ini. Metrik media sosial ini memberi Anda gambaran tentang dampak dan visibilitas yang Anda dapatkan melalui Instagram.

Pemutaran video: Instagram memungkinkan Anda mengunggah konten video seperti Cerita atau Gulungan. Dengan metrik ini, Anda dapat melihat berapa kali video Anda telah dilihat.

Interaksi dengan postingan: ini mengacu pada jumlah reaksi pengguna. Misalnya, meninggalkan suka, komentar, atau membagikan kiriman.

Metrik TikTok

metrik media sosial

Penayangan video: berapa kali video Anda dilihat di jejaring sosial ini. Karena TikTok berfokus secara eksklusif pada format video, metrik ini adalah kunci untuk memahami kinerja pemasaran Anda.

Total waktu pemutaran: total waktu yang dihabiskan pengguna untuk menonton video Anda. Seperti halnya YouTube, menarik untuk menghubungkannya dengan metrik sebelumnya.

Interaksi video: jumlah reaksi pengguna terhadap video Anda.

Kinerja tagar: Anda dapat memantau pertumbuhan tagar yang telah Anda buat untuk merek Anda dan tagar paling populer di platform.

Metrik Pinterest

Tayangan: metrik dasar untuk dapat menilai dampak dan visibilitas yang Anda capai di platform media sosial ini.

Interaksi video: jumlah reaksi pengguna terhadap konten video Anda. Format ini menjadi semakin penting di Pinterest, jadi ini adalah metrik yang sangat relevan.

Klik keluar: Metrik media sosial ini memungkinkan Anda menghubungkan aktivitas Anda di Pinterest dengan lalu lintas ke situs web Anda.

Metrik Twitter

Kesan: berapa kali tweet Anda dilihat. Ini penting untuk mengetahui jangkauan posting Anda.

Interaksi video: seperti di banyak jejaring sosial utama lainnya, video menjadi terkenal di Twitter. Metrik ini memungkinkan Anda mengukur kinerja pemasaran video Anda di jaringan ini.

Klik tautan: metrik dasar untuk mengevaluasi dampak CTA Anda dan kemampuan Anda untuk menghasilkan lalu lintas melalui jejaring sosial.

Kunjungan profil: berapa kali pengguna mengunjungi profil Twitter Anda.

Metrik LinkedIn

Kesan unik: di LinkedIn, kami dapat membedakan antara berapa kali total postingan Anda dilihat dan jumlah pengguna unik yang melihatnya.
Interaksi video: pemasaran video juga berperan di LinkedIn, karena ini adalah alat yang sangat berguna untuk memamerkan perusahaan dan produk Anda. Metrik ini melacak jumlah reaksi terhadap video Anda.
Tingkat interaksi: metrik ini, juga dikenal sebagai tingkat keterlibatan, mengukur persentase pengguna yang berinteraksi dengan postingan Anda.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang metrik media sosial yang bisa anda ketahui. Dengan mengetahui hal ini mudah-mudahan anda bisa membaca peluang untuk bisnis anda di media sosial. Semoga dari ulasan diatas dapat bermanfaat dan membantu yah! Terima kasih!

error: This content is protected by DMCA