Cara Beriklan Di Facebook Anti Boncos

Jagad.id – Iklan Facebook adalah salah satu opsi terbaik untuk iklan media sosial. Beriklan di Facebook berarti Anda dapat membuat kampanye terintegrasi di Facebook dan Instagram, semuanya dalam satu platform. Cara beriklan di Facebook ini memungkinkan Anda memanfaatkan sepenuhnya dua jaringan yang tumbuh paling cepat dan paling terlibat.

Beriklan di Facebook dan Instagram dapat memberikan dorongan untuk tujuan digital marketing merek Anda, tetapi jika Anda belum pernah menjalankan kampanye sosial sebelumnya, Anda mungkin tidak tahu harus mulai dari mana.

Itulah mengapa dalam artikel ini kami akan memandu Anda langkah demi langkah tentang cara menjalankan Iklan Facebook. Mari kita mulai!

Cara Beriklan di Facebook: Sebelum Anda Mulai

Sebelum anda mengetahui cara beriklan dengan utuh di Facebook, anda perlu mempertimbangkan beberapa hal yaitu:

Tentukan Tujuan Anda

Seperti tindakan pemasaran lainnya, penting untuk memperjelas tujuan Anda sebelum meluncurkan kampanye iklan di Facebook. Secara umum, Facebook membedakan tiga jenis tujuan: Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi. Mari kita lihat berbagai taktik yang tersedia di setiap tahap.

Kampanye Facebook dengan tujuan Awareness dapat mencakup tujuan berikut:

  • Kesadaran merek: Untuk menjangkau orang-orang yang berpotensi tertarik dengan merek Anda.
  • Jangkauan: Tujuannya adalah untuk menjangkau sebanyak mungkin pengguna.

Kampanye Facebook dengan tujuan Pertimbangan dapat mencakup tujuan berikut:

  • Lalu Lintas: Membawa lalu lintas berkualitas ke situs Anda.
  • Pemasangan Aplikasi: Iklan yang berfokus pada promosi aplikasi seluler.
  • Interaksi: Iklan yang ditujukan untuk menemukan lebih banyak orang yang cenderung terlibat, atau berinteraksi, dengan postingan Anda.
  • Tampilan Video: Iklan berorientasi untuk menyebarkan konten video Anda.
  • Pembuatan Prospek: Salah satu format yang paling menarik menurut saya, karena Anda dapat menghasilkan prospek tanpa perlu meninggalkan Facebook.
  • Pesan: Berkomunikasi dengan pelanggan yang sudah ada atau calon pelanggan di Messenger, Instagram Direct, dan WhatsApp.

Kampanye Facebook dengan tujuan Konversi dapat mencakup tujuan berikut:

  • Konversi di situs web: Iklan yang mendorong pengguna untuk melakukan tindakan tertentu.
  • Penjualan Katalog Produk: Format iklan khusus yang secara otomatis menampilkan produk di katalog Anda berdasarkan audiens target. Format iklan ini sangat penting untuk toko online.
  • Lalu Lintas Toko: Berusaha menautkan iklan Facebook dan kunjungan ke toko fisik Anda.

Pilih Format Iklan Anda

Facebook menawarkan beberapa format iklan yang berbeda, termasuk Gambar, Video, Carousel, Pengalaman Instan, dan Koleksi.

Iklan gambar dan video menampilkan gambar atau video. Iklan carousel dapat menampilkan hingga 10 gambar atau video (masing-masing dengan tautannya sendiri) semuanya dalam satu iklan.

Iklan Instant Experience dan Collection adalah pengalaman layar penuh yang hanya terjadi di perangkat seluler. Pengguna dapat mempelajari lebih lanjut tentang produk atau layanan atau bahkan melakukan pembelian (hanya di iklan Koleksi) tanpa harus keluar dari aplikasi Facebook.

Untuk mempersiapkan kampanye Anda dengan benar untuk iklan yang Anda pilih, penting untuk merencanakan konten Anda sebelumnya.

Cara beriklan di Facebook ini berarti memilih atau membuat gambar, video, produk, salinan, dan desain untuk iklan Anda, dengan memperhatikan spesifikasi individual dari setiap format.

Siapkan Sistem Pelacakan

Dalam dunia periklanan, sangat penting untuk memiliki cara mengukur laba atas investasi (ROI) dari tindakan Anda. Untuk melacak hasil iklan Facebook Anda, Anda mungkin harus memasang piksel konversi.

Piksel adalah segmen kode yang disertakan di situs web Anda dan digunakan untuk menghubungkan kunjungan situs web Anda ke iklan Facebook.

Anda dapat mengikuti panduan Facebook untuk memasang Piksel di sini.

Anda harus menyertakan piksel universal di semua halaman situs web Anda. Selain itu, untuk setiap peristiwa tertentu, Anda harus menempatkan kode piksel untuk peristiwa tersebut di laman tertentu tempat konversi terkait dibuat.

Sebelum meluncurkan kampanye, penting bagi Anda untuk memeriksa apakah piksel konversi yang sesuai berfungsi dengan benar.

Dalam cara beriklan di Facebook ini, sekarang setelah Anda menyiapkan iklan dan memasang Piksel Anda, Anda siap untuk mulai menjalankan Iklan Facebook Anda.

Cara Menjalankan Iklan Facebook: Langkah demi Langkah

Iklan Facebook dikelola melalui platform Iklan Facebook. Platform inilah yang memungkinkan Anda untuk meng-host iklan Anda di Facebook dan semua aplikasi Facebook lainnya, seperti Instagram, Messenger, dan WhatsApp.

Mari kita tinjau cara menjalankan kampanye Iklan Facebook langkah demi langkah.

  • Buat Akun dan Kampanye

Untuk memulai, jika Anda belum membuat akun Iklan Facebook, Anda harus masuk ke akun Facebook merek Anda dan klik Manajer Iklan.

Setelah akun Anda disiapkan, buka platform periklanan Facebook dan klik Buat Kampanye Baru. Pilih tujuan pemasaran (inilah yang telah ditinjau pada Langkah 1 di atas.)

Terakhir, buat nama untuk kampanye Anda. Cobalah untuk membuatnya dapat dikenali dan dicari semudah mungkin, sehingga Anda tidak akan kesulitan menemukan kampanye nanti jika Anda membuat beberapa kampanye.

  • Buat Set Iklan

Setelah Anda membuat kampanye, Anda kemudian harus membuat set iklan. Tergantung pada struktur kampanye Anda, mungkin perlu membuat beberapa.

  1. Hal pertama adalah memberi nama set iklan dan, jika berlaku, pilih ke mana Anda ingin lalu lintas yang dihasilkan dari kampanye ini pergi: situs web, aplikasi, atau Facebook Messenger Anda. Anda juga dapat membuat penawaran, misalnya untuk mempromosikan kupon diskon.
  2. Langkah selanjutnya adalah memilih audiens yang ingin Anda targetkan. Ini adalah salah satu keputusan terpenting yang harus Anda miliki, karena segmentasi yang baik dapat membuat atau menghancurkan kesuksesan kampanye. Anda dapat menggunakan kembali audiens yang sebelumnya Anda gunakan atau membuatnya dari awal. Jika Anda membuat audiens baru, Anda harus mengonfigurasi opsi berikut:
  3. Putuskan apakah Anda ingin membuat audiens dari awal, menggunakan database dari klien Anda, atau membuat audiens yang serupa dengan audiens lainnya. Database pelanggan dapat berasal dari Excel, diimpor dari MailChimp, atau dibuat dari situs web, aplikasi, aktivitas offline pelanggan, atau interaksi mereka di Facebook atau Instagram.
  4. Jika Anda membuat audiens dari awal, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih lokasi. Anda dapat memilih kota atau menandai satu atau beberapa titik di peta. Untuk menyempurnakan, Anda juga dapat menentukan radius di sekitar titik yang dimaksud (minimal satu mil). Di sini Anda juga akan memilih jenis kelamin, usia, dan bahasa yang harus digunakan target Anda.
  5. Bagian yang paling menarik: audiens yang detail. Di sini Anda dapat memfilter pemirsa iklan Anda berdasarkan demografi lanjutan (seperti tingkat pendidikan atau posisi pekerjaan), minat (teknologi, makanan, olahraga, dan sebagainya) dan perilaku (jenis ponsel, jenis konsumen, perilaku pembelian, perjalanan …). Singkatnya, Anda memiliki banyak pilihan untuk dipilih.
  6. Terakhir, pilih apakah Anda ingin audiens Anda terhubung dengan cara tertentu ke halaman atau aplikasi lain.
  7. Setelah audiens siap, saatnya menentukan lokasi iklan Anda. Secara default, sistem menyarankan untuk menggunakan lokasi otomatis (dikelola oleh Facebook), tetapi lebih disarankan untuk berhenti dan mengedit daftar lokasi. Secara khusus, biasanya merupakan ide yang baik untuk menonaktifkan opsi untuk menampilkan iklan di Audience Network, karena ini adalah situs pihak ketiga dan kualitasnya tidak sebaik itu.
  8. Terakhir, Anda harus memutuskan anggaran dan penjadwalan grup iklan. Opsi terpenting yang harus disiapkan adalah kriteria pengoptimalan iklan (saya terutama merekomendasikan tampilan halaman arahan) dan apakah Anda akan membayar per tayangan atau per klik.
  • Buat Iklan

Anda sekarang telah mencapai tingkat terakhir dari struktur periklanan di Facebook: iklan individual. Untuk menyiapkannya, Anda harus menyiapkan opsi ini:

  • Format iklan: Gambar, Video, coursel, Pengalaman Instan, dan Koleksi.
  • Gambar iklan: Facebook menawarkan opsi untuk memilih dari serangkaian foto stok default, tetapi jauh lebih disarankan untuk membuat gambar sendiri. Perhatikan bahwa mereka hanya dapat memiliki sedikit teks.
  • Salinan iklan, URL (nyata dan terlihat) dan ajakan bertindak
  • Dan… itu dia! Kampanye pertama Anda di Facebook selesai. Anda hanya perlu menekan “Konfirmasi” agar sistem memeriksa iklan Anda dan, jika semuanya benar, iklan akan segera mulai ditampilkan!

Cara Meningkatkan Iklan Facebook Anda

Sekarang setelah Anda mengetahui cara beriklan di Facebook diatas, Anda ingin memastikan bahwa Anda menyiapkan kampanye untuk sukses. Berikut adalah 6 cara untuk meningkatkan Iklan Facebook Anda

  • Kenali Audiens Anda

Untuk terhubung dengan audiens target Anda, penting untuk menetapkan penargetan yang baik. Ini memungkinkan Anda mengembangkan iklan yang benar-benar sesuai dengan minat mereka dan menarik pengguna dengan peluang konversi yang baik.

  • Temukan Keseimbangan Antara Iklan dan Konten Organik

Meskipun Anda dapat melakukan iklan sosial tanpa kehadiran yang berkembang di Facebook, akan lebih baik jika menggabungkan kedua strategi: halaman Merek yang sering diperbarui yang membagikan konten menarik, dan iklan untuk memperkuat konten ini dan mencapai tujuan tertentu.

  • Tes A/B

Beriklan di Facebook adalah investasi yang terjangkau, jadi Anda perlu menemukan laba atas investasi Anda yang terbaik. Untuk mengoptimalkan hasil, rekomendasi saya adalah Anda melakukan pengujian A/B dari semua elemen penting iklan Anda: gambar, salin, ajakan bertindak… Saya mendorong Anda untuk mencoba format iklan yang berbeda sampai Anda menemukan yang paling menarik untuk Anda.

  • Ukur Kinerja

Kampanye Facebook membutuhkan pelacakan berkelanjutan untuk memantau hasil dan mengontrol biaya. Untungnya, di Ad Manager Anda dapat menemukan berbagai macam laporan dan metrik untuk melacak performa kampanye dan memperbaiki penyimpangan waktu.

  • Berinteraksi Dengan Audiens Anda

Jika Anda mempromosikan konten yang menarik di Facebook, masuk akal jika hal itu akan menimbulkan reaksi di antara pengguna. Pastikan Anda mengetahui komentar di iklan Anda dan menanggapi pertanyaan mereka dengan cepat.

  • Gunakan Koneksi untuk Mempengaruhi Teman Fans Anda

Pengujian sosial sangat penting, karena ada lebih banyak kemungkinan pengguna akan mempercayai pendapat teman mereka daripada apa yang mereka anggap sebagai kampanye iklan. Dengan iklan Facebook Anda dapat memanfaatkan tes sosial ini melalui opsi koneksi, misalnya dengan meluncurkan kampanye di antara teman-teman penggemar Anda.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan cara beriklan di Facebook yang bisa anda ketahui untuk mengembangkan merek atau bisnis anda. Semoga dari ulasan diatas dapat membantu anda untuk beriklan yang benar. Terima kasih!

error: This content is protected by DMCA