Iklan Facebook: Cara Memilih Format Iklan yang Tepat

Jagad.id – Iklan Facebook telah berevolusi dari gambar sederhana yang dapat diklik menjadi pengalaman multimedia penuh. Dengan semua opsi yang tersedia, terkadang sulit untuk memilih salah satu yang paling sesuai dengan tujuan pemasaran Anda. Satu iklan, atau kombinasi dari beberapa jenis yang berbeda mungkin paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kami akan membahas masing-masing dari lima opsi dan cara kerjanya, serta cara mempersempitnya untuk proyek spesifik Anda. Dan dengan 2,9 miliar pengguna Facebook bulanan, tentu saja sepadan dengan upaya ekstra untuk mendapatkan strategi pemasaran Facebook Anda.

5 Jenis Dan Format Iklan Facebook

Berikut merupakan penjelasan tentang jenis dan format Iklan Facebook yang bisa anda pelajari.

Iklan Gambar

Iklan gambar adalah format yang sangat baik untuk memamerkan produk Anda dan menarik pengguna. Dengan menggunakan citra resolusi tinggi dengan orang-orang yang menggunakan produk Anda, Anda dapat menghasilkan nuansa alami pada iklan Anda saat muncul di reels orang. Dan dengan menjaga gambar Anda terfokus pada satu titik dan dengan teks minimal, pengguna akan tertarik ke produk Anda.

Iklan gambar sederhana dan langsung ke intinya. Facebook menerima hampir semua jenis gambar, selama ada sedikit teks pada gambar itu sendiri. JPG dan PNG direkomendasikan.

Iklan Video

Tidak ada yang menarik perhatian seperti iklan video. Video menambahkan aspek dinamis ke iklan Anda yang menyampaikan pesan Anda dengan cara yang mudah diingat dan menarik. Iklan video Facebook dapat digunakan di News Feed, in-stream (sementara orang menonton konten video lain) atau di cerita Facebook. Disarankan untuk mengunggah video Anda dalam resolusi tertinggi dan dalam rasio aspek 9:16 atau 16:9.

Iklan Carousel

Terkadang satu gambar atau video saja tidak cukup. Iklan carousel memungkinkan Anda menampilkan hingga sepuluh gambar atau video dalam satu iklan, semuanya dengan tautannya sendiri. Iklan carousel sangat cocok untuk fitur produk, demo, koleksi, atau untuk menceritakan sebuah kisah. Facebook juga dapat mengoptimalkan urutan gambar/video Anda berdasarkan kinerja.

Cara umum untuk menggunakan iklan Carousel adalah demo produk, sorotan produk, menampilkan spesifikasi tentang suatu produk, dan cara menceritakan kisah. Meskipun populer di Instagram, Carousel juga memiliki tempat di Facebook, dan dapat menarik pengguna yang menyukai konten interaktif atau yang ingin mempelajari lebih lanjut.

Pengalaman Instan (Instant Experience)

Pengalaman layar penuh yang imersif, Pengalaman Instan terbuka saat iklan diklik di perangkat seluler. Jenis pemasaran ini menyoroti konten berkualitas tinggi melalui gambar, video, carousels, tayangan slide, atau koleksi. Pengalaman Instan terlihat seperti situs web eksternal atau halaman arahan tetapi semuanya ada di dalam aplikasi Facebook. Ini berarti pengguna tidak perlu bernavigasi di luar aplikasi. Opsi ini sangat bagus untuk menceritakan kisah tentang merek Anda.

Iklan Koleksi

Iklan kumpulan menampilkan gambar atau video dengan kisi gambar terkait di bawah. Ini bisa berupa media yang menampilkan produk utama dengan gambar aksesori yang menyertainya, koleksi produk atau satu set rilisan baru. Format iklan ini seperti etalase digital karena orang dapat berpindah untuk melakukan pembelian dengan satu klik dan pengalaman berbelanja yang dimuat dengan cepat, semuanya tanpa meninggalkan Facebook.

Cara Memilih Format Iklan Facebook yang Tepat

Sekarang setelah kita membahas iklan Facebook apa yang bisa dipilih, bagaimana Anda memilih yang tepat untuk Anda? Pertama, Anda harus mendefinisikan dengan jelas sasaran kampanye dan membangun strategi iklan di sekitar itu, bukan sebaliknya. Misalnya, apakah Anda mencoba mendorong lebih banyak penjualan atau menumbuhkan pengikut Anda? Atau mungkin meningkatkan unduhan ebook Anda? Jawabannya mungkin semua hal di atas, tetapi menemukan alat yang tepat khusus untuk bisnis unik Anda sangat penting untuk kesuksesan iklan Facebook.

Ciptakan Kesadaran dan Perkenalkan Merek Anda

Untuk mendapatkan lebih banyak perhatian pada produk Anda dan untuk cara yang cepat dan berdampak untuk memperkenalkan merek Anda, iklan video adalah pilihan yang tepat. Video dalam umpan biasanya singkat dan mencoba menarik perhatian pengguna saat mereka menggulir, yang berarti Anda harus membuatnya semenarik mungkin.

Video berformat lebih panjang juga merupakan opsi untuk menceritakan kisah produk atau merek secara lebih mendalam. Sebuah studi Facebook juga menemukan bahwa orang-orang yang diperlihatkan video dan kemudian gambar statis berdampak lebih besar pada konversi daripada kombinasi jenis iklan lainnya.

Pamerkan Produk dan Dorong Lalu Lintas

Iklan carousels sangat berguna untuk merek e-niaga karena mereka dapat dengan mudah menampilkan berbagai produknya. Setiap produk dapat ditautkan ke halaman arahannya sendiri yang juga meningkatkan rasio klik-tayang. Atau sebaliknya, iklan carousel dapat digunakan untuk menyorot satu produk dari berbagai tampilan dan menyorot fitur.

Iklan carousel juga bagus untuk menjelaskan proses atau menceritakan sebuah cerita secara interaktif, mendorong orang untuk menggeser dan mempelajari lebih lanjut saat mereka pergi.

Ciptakan Pengalaman Merek atau Pendalaman Produk yang Berkesan

Jika Anda ingin menonjolkan produk tertentu dan mendalami manfaat dan fiturnya, coba gunakan Pengalaman Instan. Format layar penuh sempurna untuk saat cerita yang lebih terlibat diperlukan. Demikian pula, Iklan Koleksi dapat membantu Anda menyajikan topik yang terfokus dan menggunakan citra tambahan untuk mendukung dan menjual silang.

Dorong Pembelian dan Kesadaran Produk

Iklan Instant Experience berfungsi dengan baik untuk membantu orang beralih dari menemukan merek dan produk Anda menjadi benar-benar melakukan pembelian. Ada empat kerangka iklan Instant Experience.

  • Instant Storefront – Serupa dengan memiliki etalase online langsung di Facebook. Orang dapat menelusuri semua yang Anda tawarkan di satu tempat dan juga mengeklik untuk melakukan pembelian di situs web Anda.
  • Instant Lookbook – Membantu Anda menceritakan kisah merek sekaligus mengarah pada penjualan, atau dapat menjadi versi digital dari katalog fisik Anda.
  • Instant Customer Acquisition – Untuk mendorong konversi di laman landas seluler atau untuk mendorong tindakan yang diinginkan di situs web atau aplikasi Anda.
  • Instant Storytelling – Pengalaman yang lebih menarik bagi orang-orang untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang merek Anda. Intinya cara agar orang-orang diperkenalkan kepada Anda dan mungkin ingin tahu lebih banyak dengan mengklik.

Pembuat Lalu Lintas Cepat

Jika membuat iklan dengan cepat adalah tujuan Anda, maka iklan gambar adalah jalan yang harus ditempuh. Ini termasuk hanya meningkatkan postingan gambar yang sudah ada. Untuk membangun kesadaran seputar satu produk fisik, iklan gambar juga sangat efektif untuk menyampaikan pesan Anda dengan cepat dan mudah. Salinan yang menarik dan kreatif juga merupakan kunci untuk membangkitkan minat pengguna, tetapi ingat, lebih sedikit lebih baik.

Apa pun kombinasi iklan Facebook yang Anda putuskan, Anda akan mempelajari dan mengembangkan strategi pemasaran seiring berjalannya waktu. Semuanya bermuara pada produk atau layanan apa yang Anda tawarkan dan jenis iklan mana yang paling baik menyampaikan pesan Anda—tidak ada satu solusi yang cocok untuk semua.

Dengan bereksperimen dan menguji berbagai opsi yang telah kami bahas di sini, Anda dapat menemukan iklan mana yang memberikan hasil yang sesuai dengan tujuan pemasaran Facebook Anda.

Akhir Kata

Nah demikian merupakan ulasan tentang bagaimana anda memilih jenis dan format Iklan Facebook yang tepat sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga dari ulasan diatas dapat membantu anda meningkatkan penjulan produk anda atau meningkatkan trafik anda yah! Terima kasih!

error: This content is protected by DMCA