Pengelola Atribusi TikTok: Apa Itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Jagad.id – Fitur Pengelola Atribusi TikTok digunakan untuk mengetahui rute yang diikuti pengguna sebelum melakukan pembelian. Mereka memberi anda wawasan tentang kampanye mana yang memperoleh hasil terbaik, memungkinkan kami untuk menyesuaikan apa yang tidak berfungsi.

Berkat fitur baru Atribusi Tiktok, sekarang anda juga dapat mengakses informasi ini untuk kampanye Iklan TikTok kami. Pelajari bagaimana Anda dapat menggunakan pengelola atribusi TikTok dan cara menerapkannya!

Apa itu Pengelola Atribusi TikTok?

Pengelola Atribusi TikTok memungkinkan Anda membuat jendela atribusi yang disesuaikan dengan kampanye iklan yang dilakukan dalam aplikasi.

Jendela atribusi untuk klik bisa dari 1 hingga 28 hari, sedangkan untuk tampilan bisa hingga 7 hari. Ini akan memungkinkan untuk mendapatkan pengukuran yang cukup fleksibel, disesuaikan dengan setiap jenis kampanye, jenis tindakan yang dilakukan setiap pengguna setelah melihat iklan, dan dalam jangka waktu yang ditentukan. Dengan kata lain, ini akan memungkinkan anda untuk memiliki data yang tepat tentang bagaimana pengguna merespons iklan dan dampaknya terhadap mereka.

Cara Menerapkan Atribusi di Pengelola Iklan TikTok

TikTok Attribution Manager (Pengelola Atribusi TikTok) tersedia untuk merek yang meluncurkan iklan melalui TikTok Pixel atau Events API.

Bergantung pada tujuannya, satu atau beberapa parameter dapat ditentukan, meskipun konfigurasi defaultnya adalah jendela atribusi klik 7 hari dan jendela atribusi tampilan 1 hari. Namun, yang pertama dapat diperpanjang hingga 28 hari dan yang terakhir hingga 7 hari tergantung pada tujuannya.

Mengetahui klik langsung, misalnya, berguna untuk kampanye yang tujuannya adalah untuk menciptakan kesadaran merek atau menghasilkan penjualan langsung. Di sisi lain, untuk produk atau layanan yang pembeliannya biasanya tidak dilakukan secara impulsif, alias siklus penjualan yang lebih panjang, informasi yang lebih relevan akan diperoleh tentang jalur pengguna.

Yang kami maksudkan adalah bahwa untuk menerapkan strategi pemasaran atribusi dengan benar melalui Pengelola Atribusi TikTok, tujuannya harus jelas, karena ini adalah dasar di mana parameter harus ditentukan.

Cara Mengakses Fitur Atribusi Tiktok

Fitur baru ini sedang dalam tahap pengujian dan mungkin tidak tersedia di semua akun. Untuk mengaksesnya ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Akses Pengelola Iklan TikTok atau Perpustakaan Iklan TikTok > Halaman Acara.
  • Kemudian klik Kelola di dalam Halaman Acara itu sendiri.
  • Langkah selanjutnya adalah Buat aplikasi baru sehingga muncul jendela pop-up.
  • Di sini Anda harus menambahkan URL toko aplikasi dan kemudian klik Berikutnya. Pada titik ini, jika perlu, Anda juga dapat menyertakan beberapa parameter, seperti bahasa.
  • Setelah Anda melakukan semua hal di atas, Anda perlu mengatur pengaturan pelacakan. Untuk melakukannya, klik Mitra Pengukuran dan pilih salah satu mitra layanan pengukuran iklan atau Tidak ada layanan pelacakan, dalam hal ini Anda akan dapat memperoleh data lalu lintas tetapi bukan data konversi. URL pelacakan klik dan URL tayangan juga harus ditambahkan.
  • Pengaturan waktu harus diatur, yang dapat 1, 7, 14 atau 28 hari untuk atribusi klik dan 1 atau 7 hari untuk tampilan.
  • Yang tersisa hanyalah mengklik Selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, Anda seharusnya dapat mengakses dan menggunakan fitur Pengelola Atribusi TikTok tanpa masalah.

Cara Kerja Atribusi di TikTok

Setelah konfigurasi, Anda kemudian dapat mengekstrak laporan yang akan menyoroti rute yang diikuti pengguna dari saat mereka melihat iklan hingga mereka memutuskan untuk berinteraksi dan, akhirnya, melakukan tindakan yang diinginkan. Semua informasi ini akan membuat kampanye di Iklan TikTok jauh lebih tepat dan efektif.

Windows Atribusi di TikTok

Ada dua jenis atribusi di TikTok, jendela atribusi klik dan jendela atribusi tayangan. Perhatikan juga bahwa TikTok menggunakan model atribusi klik terakhir, yang mengaitkan keputusan pembelian dengan interaksi terakhir.

Atribusi klik mengacu pada semua waktu ketika pengguna mengklik iklan dan kemudian melakukan tindakan yang diharapkan merek, yang dapat berkisar dari melakukan pembelian hingga mengunduh file.

Atribusi tayangan mengacu pada berapa kali pengguna melihat iklan dan, tanpa mengkliknya, melakukan tindakan yang diinginkan, yang juga dapat berkisar dari pembelian hingga unduhan. Meskipun mereka tidak mengeklik iklan, konversi dikaitkan dengan penayangan.

Mengetahui hal ini, langkah selanjutnya adalah memilih jendela atribusi yang paling sesuai dengan tujuan merek. Jendela atribusi mengacu pada periode waktu di mana konversi ditetapkan ke klik atau tampilan. Artinya, jika jendela konversi adalah 7 hari, berarti pengguna memiliki jangka waktu tersebut untuk menyelesaikan tindakan sejak hari dia melihat atau berinteraksi dengan iklan.

TikTok menawarkan 1, 7, 14 atau 28 hari untuk jendela atribusi klik dan 1 dan 7 hari untuk tampilan. Jenis layanan atau produk yang ditawarkan harus diperhitungkan saat memilih waktu. Atau dengan kata lain, apakah itu pembelian atau tindakan impulsif atau tidak, karena jika tidak, marginnya harus lebih lebar.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang fitur terbaru Pengelola Atribusi TikTok yang bisa anda ketahui dan gunakan untuk beriklan di aplikasi Tiktok dengan mudah. Semoga dari ulasan diatas dapat membantu anda mendapatkan penjualan besar merek anda. Terima kasih!

error: This content is protected by DMCA