Cara Membuat Instagram Shop Langkah Demi Langkah

Jagad.id – Selain menjadi salah satu jejaring sosial terpopuler, Instagram juga menjadi sarana belanja sosial. Ini menyediakan cara membuat Instagram Shop bagi perusahaan untuk terhubung dengan audiens mereka, berinteraksi dengan mereka, dan memperluas strategi pemasaran media sosial mereka.

Instagram Shop memungkinkan merek untuk membuat semacam etalase, di mana pengguna dapat dengan cepat dan mudah mempelajari produk dan layanan yang mereka tawarkan. Tapi bagaimana Anda membuat Instagram Shop?

Apa Itu Instagram Shop?

Instagram Shop memungkinkan Anda untuk menampilkan dan mempromosikan produk secara langsung melalui postingan yang dibuat di jejaring sosial ini. Dengan kata lain, cara membuat Instagram Shop ini memungkinkan Anda untuk mengubah Instagram menjadi semacam katalog untuk menjangkau pelanggan baru.

Postingan ini dapat berada di feed, dalam cerita, dalam reels, dll, sehingga pengguna dapat menjangkaunya dari profil atau dari bagian Explore. Mereka juga dapat diakses dari tab Beli atau Lihat Toko di profil yang telah mengaktifkan opsi ini. Produk juga dapat ditandai di postingan sama seperti Anda akan menandai teman, meskipun dalam hal ini ada batasan lima item.

Beberapa keuntungan menggunakan Instagram Shop adalah orang dapat melihat semua produk tanpa keluar dari aplikasi, melihat harga dengan mengkliknya, dan mencari tahu bagaimana dan di mana membelinya. Selain itu, merek yang berbasis di Amerika Serikat dan memiliki akses ke Instagram Checkout akan dapat menjual produknya langsung dari Instagram, tanpa pengguna harus keluar dari aplikasi.

Cara Membuat Instagram Shop

Cara untuk membuat Instagram Shop cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti untuk melakukannya dengan lancar.

Memiliki Profil Bisnis

Untuk mengatur Instagram Shop Anda, Anda harus memiliki profil bisnis. Selain itu, harus berlokasi di salah satu negara tempat fungsi ini tersedia. Bisnis juga harus mematuhi perjanjian dan kebijakan Instagram. Anda juga perlu memiliki situs web tempat semua produk ini dapat dibeli.

Ubah ke Akun Bisnis atau Profesional

Jika Anda perlu mengubah ke akun bisnis, klik “edit profil” dan pilih opsi “ubah ke akun profesional”. Kemudian Anda harus menambahkan semua informasi yang Anda anggap relevan, seperti sektor milik merek Anda, jam buka, alamat, nomor telepon, tautan ke situs web Anda, deskripsi singkat, dan sebagainya. Cara membuat Instagram Shop ini akan membantu pengguna menemukan Anda dan mengetahui siapa Anda.

Hubungkan ke Halaman Facebook

Profil Instagram Anda dapat dihubungkan ke akun Facebook. Untuk melakukan ini, cukup buka profil Instagram, klik “edit profil” dan, di bagian informasi publik perusahaan, pilih “halaman”. Pada titik ini, yang harus Anda lakukan adalah menunjukkan halaman tempat profil Instagram akan terhubung.

Jika Anda tidak memiliki halaman Facebook, Anda dapat membuatnya dengan memilih “buat halaman Facebook baru”.

Langkah ini tidak esensial dan hanya berguna bagi perusahaan yang juga ingin menggunakan Facebook dalam strategi bisnisnya.

Muat Katalog Produk Anda

Di Instagram Shop, penting untuk memiliki katalog produk. Ini dapat diunggah dengan dua cara berbeda. Salah satunya melalui Facebook Business Manager, dimana produk harus diunggah satu per satu secara manual.

Yang lainnya adalah melalui platform e-niaga, seperti Shopify, yang secara otomatis akan mengunggahnya. Dalam kedua kasus, penting bahwa katalog produk terdiri dari daftar produk dengan harga dan deskripsi.

Kirim Akun untuk Ditinjau

Setelah cara membuat Instagram Shop di atas dilakukan, akun harus dikirim untuk ditinjau. Untuk melakukan ini, cukup buka profil Instagram dan klik ikon “menu” lalu pilih “pengaturan”. Maka perlu mendaftar di “pembelian”, di mana opsi untuk mengirim akun untuk ditinjau akan muncul.

Proses ini mungkin memakan waktu beberapa hari, tetapi Anda dapat memeriksa statusnya di “pembelian” di bawah “pengaturan”. Dalam beberapa kasus, Instagram mungkin meminta informasi lebih lanjut tentang perusahaan, dan perlu memverifikasi domain situs web.

Aktifkan “Shopping”

Setelah Instagram meninjau permintaan dan menyetujuinya, fungsi pembelian dapat diaktifkan. Untuk melakukan ini, klik “menu” dan pergi ke “pengaturan”. Kemudian klik “bisnis dan belanja”, di mana Anda dapat memilih katalog produk yang ditautkan ke akun Anda. Langkah terakhir adalah klik “done” dan Instagram Shop akan muncul secara otomatis.

Cara Berjualan di Instagram Melalui Toko Online Anda

Jika Instagram Shop Anda telah dibuat dengan benar, toko itu akan muncul di profil, di bawah tab “lihat toko” atau “belanja”.

Dari tab tersebut, orang akan dapat melihat produk dalam format katalog. Mereka dapat mengkliknya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan membelinya.

Agar produk ini menjangkau lebih banyak orang, anda dapat ditandai di setiap pos tempat mereka muncul, seperti berita, cerita, reels, dan siaran langsung. Tentu saja, semakin menarik postingan, semakin menarik perhatian pengguna dan akibatnya menjual produk. Ini berarti bahwa strategi konten yang baik harus diterapkan.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang cara membuat Instagram Shop yang bisa anda ketahui. Dengan mengetahui hal ini mudah-mudahan bisnis anda semakin sukses. Semoga dari ulasan diatas dapat bermanfaat dan membantu yah! Terima kasih!

error: This content is protected by DMCA